Alan Partridge: Alpha Papa (2013/UK)


24 hour party with hostage

24 hour party with hostage

Saya tidak pernah tahu siapa itu Alan Partridge sampai akhirnya menonton film terbarunya yang berjudul Alan Partridge: Alpha Papa. Ternyata karakter Alan Partridge ini adalah karakter fiksi, yaitu seorang penyiar radio senior di Norwich, Inggris, dan sudah ada serial televisinya yang berjalan cukup lama, yaitu dari tahun 1997-2002 di channel BBC. Karakter ini memang diciptakan oleh Steve Coogan, komedian Inggris yang namanya sudah tidak asing lagi, mungkin oleh karena itu, tahun 2013 adalah tahun yang tepat untuk Steve Coogan menghidupkan kembali karakter penyiar radio yang mempunyai kelakuan agak minus dalam menanggapi situasi serius ini.

Stasiun radio kecil di Norwich, bernama Norfolk sudah akan diambil alih oleh korporat media besar yang berencana mengubah Norfolk menjadi stasiun anak muda bernama Shape. Hal tersebut membuat beberapa penyiar kawakan mereka panik, seperti Alan Partridge (Steve Coogan) dan rekan penyiar lainnya, Pat Farrell (Colm Meaney) yang selalu mengisi jadwal siaran malam. Tapi karena ‘kebodohan’ Alan, ketika Norfolk sudah menjadi Shape, Pat dipecat oleh jajaran manajemen, yang berujung pada tindakan brutal Pat untuk menyandera seluruh kru radio Norfolk dan meminta Alan menjadi penghubungnya ke polisi yang berusaha mengamankan situasi penyanderaan terbodoh yang pernah saya lihat.

Komedi british memang selalu to the point dan konyol, tidak terkecuali film ini, dengan durasi yang tergolong singkat saja, 90 menit celotehan Alan Partridge dalam menegosiasikan tindakan brutal Pat dan tindakannya sendiri yang narsis berhasil mengocok perut saya. Banyak sekali dialog ‘one-liner’ Alan yang sukses membuat rahang saya sakit karena tertawa terus menerus, apalagi dengan resep komedi situasi klasik yang melibatkan banyak karakter, Alan Partridge: Alpha Papa ini bisa jadi merupakan komedi british terbaik tahun ini setelah The World’s End yang belum sempat saya tonton mungkin, he-he.

Bahkan sampai ending film ini berakhir, Steve Coogan sepertinya tidak pernah serius dalam menyikapi semua kejadian menegangkan sampai konyol di film ini. Ya, kuncinya memang di Steve Coogan, pertama saya lihat aktingnya di 24 Hour Party People, aktor yang memulai karirnya sebagai stand-up comedian ini memang jarang mendapatkan role major jika bermain di film Hollywood, terakhir mungkin penampilannya yang membekas di otak saya yaitu ketika ia menjadi pengusaha korup di film komedi gila The Other Guys, setelah itu saya lupa dia pernah bermain di film apalagi sampai akhirnya saya menonton Alan Partridge: Alpha Papa ini.

Film yang disutradarai oleh Declan Lowney ini adalah pembuktian bahwa Steve Coogan masih tidak ada matinya dalam urusan membuat orang tertawa. Bahkan This Is the End yang digadang-gadang sebagai komedi Hollywood terbaik tahun ini pun saya pikir masih kalah jauh dengan kegilaan yang dialami Alan di film yang semuanya serba minimalis, dari mulai stasiun radio sederhana, kota Norwich yang sederhana sampai karakter-karakternya yang sederhana tapi super meyakinkan dalam urusan komedi. Komedi british selalu hadir seperti itu, mereka selalu bisa mengubah isu yang sederhana menjadi komoditi guyon yang berskala besar, walau pada akhirnya kita akan dibuat sadar, bahwa isunya tetap sederhana bahkan sepele. Well, kalau anda suka dengan resep klasik komedi british yang banyak bermain di dialog dan situasi serta lagu-lagu ballad klasik seperti Willie Nelson, saya sarankan jangan sampai melewatkan Alan Partridge: Alpha Papa ini. Enjoy!

Rating: 3.75/5

One thought on “Alan Partridge: Alpha Papa (2013/UK)

  1. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2013 (And Not So Favorite Too) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s