Fruitvale Station (2013/US)


Sometimes, life isn't always peachy

Sometimes, life isn’t always peachy

Menggambarkan sebuah tragedi tidaklah mudah, apalagi tragedi tersebut diangkat dari kisah nyata yang belum begitu lama terjadi. Fruitvale Station adalah salah satu contohnya, film debutan sutradara Ryan Coogler ini merupakan jawara Sundance Film Festival tahun lalu, diganjar dua penghargaan sekaligus, Audience Award dan Grand Jury Prize, film berdurasi kurang dari 90 menit ini membuktikan bahwa dengan teknik minimalis layaknya film-film indie, isu yang diangkat akan makin terasa nyata dan tragedi yang terjadi di Fruitvale Station pada hari terakhir tahun 2008 itu memang ‘pahit’ adanya.

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pria bernama Oscar yang tewas di malam tahun baru, tepatnya di pagi buta hari pertama tahun 2009 oleh seorang polisi. Lewat film ini, kita akan diajak melihat aktivitas terakhir Oscar (Michael B. Jordan) di hari terakhir tahun 2008 sebelum ajal menjemputnya. Lewat Oscar, kita akan berkenalan dengan kekasihnya, Sophina (Melonie Diaz) dan putrinya yang masih kecil, Tatiana (Ariana Neal). Oscar sendiri merupakan pribadi yang sedang bermasalah dan bertekad untuk berubah di hari terakhir tahun 2008 itu.

Mempunyai latar belakang suram dan pernah mencicipi rasanya tinggal di penjara membuat Oscar sadar bahwa dirinya sudah seharusnya berubah, apalagi tuntutan dari orang-orang di sekelilingnya makin besar. Seperti kekasihnya dan putrinya yang ia cintai serta ibunya, Wanda (Octavia Spencer) yang sangat peduli pada kehidupan anaknya. Ya, lewat film ini, kita akan diajak untuk mengenal pribadi Oscar yang sebenarnya bukanlah pribadi yang sempurna, diantara semua problematika dan keputusannya untuk berubah menjadi pribadi lebih baik, takdir malah mengatakan sebaliknya.

Opening film ini bahkan dibuka dengan rekaman asli kejadian di malam tahun baru tersebut yang berhasil direkam oleh puluhan saksi mata yang berada di dalam kereta menyaksikan ‘penyiksaan’ tak beralasan dari para polisi kepada Oscar dan teman-temannya. Berkat Fruitvale Station saya jadi tahu bahwa kasus kematian Oscar di stasiun kereta tersebut merupakan salah satu kasus kontroversial di Amerika sana karena ternyata kasus kematian Oscar sempat ditutup-tutupi sehingga menimbulkan gelombang protes yang besar dari masyarakat.

Ryan Coogler sebagai sineas muda yang baru menangani film panjang pertamanya ini melakukan tugas yang cukup baik, membawa penonton sedekat mungkin dan serealistis mungkin—diluar dramatisasinya—untuk mengenal Oscar dan melihat aktivitasnya sebelum ia menghembuskan nafas terakhir. Berjalan dengan cukup lambat dari awal tapi perlahan-lahan hubungan emosional antara Oscar dan orang-orang di sekelilingnya mulai terlihat dan terasa. Saya melihat Oscar tidak ubahnya seperti anak muda kebanyakan yang sedang berusaha untuk mencari jati diri, menjadi lebih baik walau beberapa keputusannya diambil tanpa pikir panjang, di satu sisi saya prihatin tapi di sisi lain saya pun geram karena emosinya yang meluap-luap.

Seperti yang kita tahu, jawara di Sundance bukan berarti ‘Oscar-worthy’, tapi Fruitvale Station memang pantas menang di Sundance karena keapikan Ryan Coogler mengangkat film ini dari kisah nyata di dukung balutan nuansa minimalis yang biasanya senada dengan tone film-film di Sundance. Penampilan apik Michael B. Jordan pun cukup meyakinkan dan berhasil membuat saya simpatik terhadap pria bernama lengkap Oscar Grant ini. Sama halnya dengan Octavia Spencer yang cukup menampilkan sisi emosional di film ini serta penampilan sekilas dari Kevin Durand sebagai polisi yang ‘agak’ brutal. So, Fruitvale Station merupakan langkah tepat yang dipilih oleh Ryan Coogler untuk menghormati tragedi pahit yang terjadi empat tahun lalu. Mungkin saat itu hanya peron kosong stasiun Fruitvale yang jadi saksi tewasnya Oscar, tapi sekarang setidaknya separuh dunia tahu. Rest in peace, Oscar.

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s