Jackass Presents: Bad Grandpa (2013/US)


The sick one is back, now with his evil kid!

The sick one is back, now with his evil kid!

Kalau kemarin saya berbicara mengenai film terakhir Spike Jonze yang unik dan manis, sekarang saya ingin membahas apa yang dilakukan Spike Jonze diluar proyek-proyek seriusnya. Jackass Presents: Bad Grandpa adalah jawabannya, walau film trolling ini murni ide gila Johnny Knoxville yang gemar menyamar menjadi kakek tua berumur 80 tahunan bernama Irving Zisman, tapi proses kreatif film ini melibatkan juga Spike Jonze serta sang sutradara Jeff Tremaine yang sudah malang melintang men-direct kegilaan geng Jackass sedari dulu. Bahkan Spike Jonze pun ikut menyamar menjadi nenek tua bernama Gloria di film ini, tapi sayang, adegan yang melibatkan tandem sang kakek itu tidak sampai masuk final cut film ini.

Well, setelah Jackass lama tak terdengar, apalagi pasca meninggalnya Ryan Dunn karena kecelakaan mobil, saya pikir mereka berhenti untuk beraksi gila lagi, tapi nyatanya, lewat Bad Grandpa, Johnny Knoxville tahu bahwa dirinya memang terlahir untuk tetap menjahili orang-orang disekitarnya. Kali ini Irving Zisman mempunyai plot tersendiri, setelah kematian istrinya, Ellie (yang konyolnya diperankan Catherine Keener), Irving mendapat tugas berat, yaitu mengantarkan cucunya yang bernama Billy (Jackson Nicoll) kepada sang ayah yang berandalan. Seperti yang kita tahu, karakter Irving, Billy, Ellie sampai ayah dan ibu Billy sekalipun adalah settingan, tapi yang gila adalah perjalanan mereka berdua sampai ke tempat tujuanlah yang melibatkan khalayak umum yang tidak tahu bahwa sebenarnya mereka semua sedang direkam kamera.

Anggap saja Bad Grandpa ini adalah film panjang Irving Zisman yang selalu kita tonton segmennya di setiap seri Jackass. Tapi kali ini dengan alur cerita yang jelas, tidak tiba-tiba membuat kekacauan di tengah jalan raya. Ya, tidak ada yang baru sebenarnya dalam prank-prank yang dilakukan Johnny dkk, tapi keunikannya adalah sejauh mana mereka setia pada plot cerita untuk menghadirkan suasana chaos yang nyata. Beberapa adegan gila seperti ketika Irving menghantam kaca toko dan menunjukan testisnya yang menjulur panjang dari celana dalamnya di sebuah klub striptease pria memang kurang ajar dan sukses membuat saya tertawa, tetapi yang patut diacungi jempol adalah akting meyakinkan Billy yang diperankan Jackson Nicoll dengan sangat apik, kecik-kecil tapi kurang ajar, itu merupakan nilai plus dari film trolling berdurasi kurang dari dua jam ini.

Ditutup dengan adegan yang mungkin terinspirasi dari adegan klimaks di film Little Miss Sunshine, tapi dengan porsi lebih keterlaluan, Bad Grandpa cocok untuk jadi hiburan di kala anda sedang frustasi. Saya jamin anda setidaknya akan tersenyum lebar menyaksikan aksi tolol Irving dan Billy secara simultan di setiap situasi yang mereka hadapi, dan jangan lupa juga saksikan closing creditnya yang memperlihatkan reaksi orang-orang yang menjadi korban trolling Johnny Knoxville dkk, tidak kalah kocak. Overall, Bad Grandpa lumayan menghibur, tapi saya akan lebih terhibur lagi kalau Johnny Knoxville membawa kembali geng gilanya dalam installment Jackass 4, ha-ha. Who knows!

Rating: 3/5

2 thoughts on “Jackass Presents: Bad Grandpa (2013/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s