Best Man Down (2012/US)


He wasn't your best friend, he was your oldest friend, there's a difference

He wasn’t your best friend, he was your oldest friend, there’s a difference

Best Man Down mungkin salah satu film drama komedi paling underrated tahun kemarin. Secara mengejutkan, film debutan sutradara Ted Koland ini merupakan film drama komedi yang mempunyai ide cerita yang fresh dan sangat menyentuh. Ya, Best Man Down mungkin bukan drama komedi terbaik tahun kemarin, tapi sangat sayang kalau sampai anda lewatkan. Film ini menceritakan sepasang pengantin baru bernama Scott (Justin Long) dan Kristin (Jess Weixler) yang harus membatalkan rencana bulan madunya karena pria pendamping Scott di pelaminan, yaitu sahabatnya sedari kecil—Lumpy (Tyler Labine), meninggal di malam pernikahan mereka.

Meninggalnya Lumpy membuat perasaan Scott lumayan tertekan, karena secara tidak langsung, diluar kegilaan dan keabsurdan tingkah laku sahabatnya, Lumpy juga yang turut serta mewujudkan pernikahan idaman Scott dengan Kristin. Maka demi nama persahabatan, Scott dan Kristin berupaya untuk melaksanakan pemakaman yang layak bagi Lumpy. Tapi sebelum pemakaman Lumpy dilaksanakan, Scott dan Kristin harus memberi tahu kerabat dan orang-orang terdekat Lumpy tentang kematiannya yang mendadak itu, sampai akhirnya Scott dan Kristin bersinggungan dengan perempuan berusia 15 tahun bernama Ramsey (Addison Timlin) yang mengaku sedang mengandung anak Lumpy.

Film berdurasi 90 menit ini benar-benar tidak terduga, saya pikir film ini akan total menampilkan tingkah laku konyol Tyler Labine dan juga Justin Long yang selalu tampil apa adanya di film-film komedi tipikal mereka, tapi nyatanya, Best Man Down menceritakan sebuah drama tentang persahabatan sejati yang mungkin unsur komedinya hanya menjadi pemanis semata agar penonton tidak terlalu larut dalam kesedihan. Tapi percayalah, di endingnya yang klimaks ini, saya hampir meneteskan air mata, karena sedari awal, film ini mempunyai dua plot cerita yang berbeda, plot cerita Scott dan Kristin dan plot cerita Ramsey yang pada satu titik akhirnya bertemu dan membuat konklusi yang cukup menyentuh, bahwa sedekat-dekatnya kita dengan seseorang, belum tentu kita mengenal orang tersebut dengan sangat baik.

Hadir dengan gaya film drama berbujet kecil ala film-film drama komedi Amerika kebanyakan, penampilan aktor dan aktrisnya cukup kuat. Seperti Tyler Labine yang sudah saya kagumi penampilan konyolnya di serial televisi Reaper. Aktor berbadan gemuk itu menyuguhkan penampilan yang hangat dan selalu positif, saya sampai dibuat lupa bahwa karakternya sudah tewas ketika film baru saja dimulai, tapi semangatnya selalu terasa sepanjang film ini berjalan. Sama halnya dengan duet Justin Long dan Jess Weixler, hadir sebagai pengantin baru, terlihat sekali bagaimana susahnya mereka menyatukan persepsi tentang kematian Lumpy yang mendadak tersebut, ego masih ada dimana-mana. Dan tentunya penampilan prima Addison Timlin yang cukup meyakinkan, menjadi remaja yang mempunyai latar belakang ‘broken home’, aura depresif terlihat jelas dari ekspresi wajahnya yang selalu dingin sampai akhirnya ia bertemu dengan Lumpy yang hangat dan bersemangat.

Sekali lagi, Best Man Down membuktikan bahwa sebenarnya industri film Hollywood masih memiliki banyak potensi untuk membuat film-film drama komedi yang fresh dan tidak kacangan. Sayang sekali film ini luput dari pengamatan banyak orang, padahal diluar kesederhanaan alur ceritanya, film ini tergolong film minimalis yang manis dan lumayan berdampak maksimal bagi para penontonnya. Dengan storyline yang rapih, sedikit ironi, dan lelucon yang tidak berlebihan serta dukungan maksimal dari jajaran cast-nya, harus saya akui, sebagai sutradara debutan, Ted Koland sukses membungkus semua elemen tersebut menjadi satu sajian yang tidak mengecewakan, well done!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “Best Man Down (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s