Man of Tai Chi (2013/China)


Flying kick in action!

Flying kick in action!

Saya tidak mengerti kenapa dulu banyak yang mengutuk film debutan Keanu Reeves sebagai sutradara yang berjudul Man of Tai Chi ini? Padahal kalau mau menilai secara objektif, there’s nothing wrong with this movie. Man of Tai Chi was simply a modern martial arts movie, lewat film ini nampaknya Keanu Reeves ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada sang “man of tai chi”, yaitu Tiger Chen yang pernah bekerja sama dengan dirinya dalam film The Matrix. Yes, Tiger Chen sebagai protagonist di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini mungkin pernah anda lihat sekilas ketika Neo sedang baku hantam dengan beberapa penjahat di sebuah lobby dalam film The Matrix yang entah keberapa, jadi tidak aneh kalau Keanu Reeves mendapuk Tiger Chen sebagai peran utama di film yang menampilkan juga Iko Uwais (walau hanya selewat, ha-ha).

So, Tiger Chen sendiri merupakan tipikal seorang pemuda yang berprofesi biasa-biasa saja tapi mempunyai kemampuan beladiri yang luar biasa. Setelah menjadi murid seorang master tai chi bernama Yang (Hai Yu), Tiger sering mengikuti kompetisi beladiri demi menyebarkan teknik beladiri tai chi yang memperlihatkan kelembutan dalam setiap gerakannya. Meanwhile, Donaka Mark (Keanu Reeves), seorang pengusaha di bidang security gemar melihat orang bertarung sampai mati di turnamen beladiri underground-nya, hingga suatu saat ia kehabisan jagoan baru, ia pun tak sengaja melihat skill menakjubkan Tiger lewat televisi. Long story short, Donaka berhasil merayu Tiger untuk bermain di turnamen beladiri ilegalnya sampai akhirnya Tiger sadar bahwa uang bukanlah segalanya, halah!

Oke, diluar keklisean alur ceritanya yang linear dan simple, saya harus tetap mengakui bahwa film ini tetap menghibur, dan Keanu Reeves—walau terasa canggung di beberapa bagian, saya tetap enjoy menyaksikannya sebagai seorang antagonis yang ternyata mempunyai skill beladiri tidak kalah keren dari seorang Tiger Chen. Walau secara keseluruhan film ini adalah film produksi China, tapi kualitasnya tidak kalah bagus dengan film-film martial arts negara lain, apalagi Hollywood yang entah kenapa sudah jarang memproduksi film action bare knuckle seperti ini, yang ada mereka hanya ingin me-remake film-film laga jempolan seperti The Raid yang kita bangga-banggakan, meh!

But anyway, intinya Man of Tai Chi merupakan film yang tetap menghibur, jangan lihat penampilan Tiger Chen yang mungkin kalah tampan dari Keanu Reeves, tapi lihat skill bertarung di dalam tubuh mediokernya itu, paras bukan masalah bagi saya selama ia bisa menyuguhkan penampilan terbaiknya. So, mungkin film ini merugi, tidak untung besar atau apapun itu, tapi effort seorang Keanu Reeves yang memang sudah jarang tampil di depan layar kaca sebagai jagoan harus saya apresiasi karena berhasil men-direct sebuah film laga dengan lumayan dan melibatkan banyak petarung-petarung keren di dalamnya. Well, jika anda butuh hiburan ringan tapi tidak murahan, Man of Tai Chi bisa menjadi pilihan yang tepat, enjoy!

Rating: 3/5

One thought on “Man of Tai Chi (2013/China)

  1. Pingback: John Wick (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s