The To Do List (2013/US)


The importance of being virgin

The importance of being virgin

Virginitas selalu menjadi tema yang menarik jika diangkat ke dalam suatu film, dengan catatan, filmnya bukan film porno (ya iyalah), salah satunya yang terkenal tentu saja American Pie, tapi kalau anda ingin tahu lebih jauh soal virginitas dari sisi wanita, maka film The To Do List lah jawabannya. Selain menyajikan sudut pandang menggelitik tentang keperawanan, film yang dibintangi aktris-spesialis-film-drama-indie Aubrey Plaza ini juga ditangani oleh sineas wanita, Maggie Carey, jadi tidak aneh kalau target penonton film ini sepertinya lebih untuk para wanita. But, sebagai film drama komedi remaja yang menceritakan soal keperawanan dan tetek bengek lainnya, The To Do List cukup menghibur juga lho bagi para pria, termasuk saya, ha-ha.

Film ini dibuka dengan setting generasi emas para penonton berusia 25 tahun-an saat ini, yaitu tahun 1993, dimana ada seorang remaja wanita bernama Brandy (Aubrey Plaza) yang baru saja lulus dari SMA. Sebagai catatan, Brandy adalah salah satu remaja putri terpintar di sekolahnya, sehingga banyak yang berasumsi bahwa Brandy merupakan seorang yang terlalu serius sehingga belum pernah merasakan apa itu namanya hubungan seksual. Jangan salah, masa puber Brandy baru saja dimulai, tepatnya ketika ia bertemu remaja kuliahan tampan bernama Rusty (Scott Porter) di kolam renang tempat ia bekerja. Pasca bertemu Rusty, Brandy bertekad untuk melepas keperawanannya, tapi dengan cara melakukan hal-hal ‘softcore’ dahulu sebelum masuk ke tahap ‘hardcore’. Sampai di satu titik, niat menuju masa pecah telor ini diketahui kerabat, keluarga hingga teman laki-lakinya, Cameron (Johnny Simmons), yang sudah menjadi korban friendzone Brandy dari SMA.

The To Do List memang sebuah film drama komedi remaja medioker yang tidak terlalu istimewa tapi cukup untuk memberikan alternatif lain bagi penonton yang sudah bosan dengan komedi seksual yang terlalu eksplisit dan selalu dilihat dari sudut pandang para remaja pria. Di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini kita akan terjun ke era 90-an dimana Andy Samberg berusaha menjadi seperti Kurt Cobain yang kawin silang dengan Eddie Vedder dan Bill Hader yang sudah menerapkan motto Y.O.L.O sebelum motto tersebut menjadi mainstream. Ya, detail dan dedikasi sang filmmaker untuk menghadirkan kembali generasi emas yang dihiasi kaset, poster dan binder warna warni ini memang harus saya apresiasi, apalagi opening title-nya yang unik dan penuh warna, membuat saya seperti berada dalam dunia yang tidak butuh smartphone maupun laptop canggih sebagai aksesori dalam sebuah film hanya dalam satu jam setengah saja.

Alur ceritanya pun predictable, tapi mungkin bukan hanya masalah keperawanan yang ingin disampaikan oleh sang sineas lewat film yang dibintangi juga oleh sang Agent Coulson alias Clark Gregg ini. Maggie Carey lebih menekankan kepada masalah ‘perasaan’ karena wanita itu memang perasa, bukan? No offense, he-he. Ya, seks itu adalah faktor kesekian setelah perasaan dalam berhubungan intim, apakah partner kita nantinya itu adalah partner yang ‘mengerti’ kita atau tidak. Kurang lebih seperti itulah, tapi yang jelas, Aubrey Plaza sebagai pentolan satu-satunya di film ini tampil cukup meyakinkan dan membuat saya cukup bergairah (loh!). Sebagai aktris yang memiliki kulit sawo matang dan bodi tipis serta perangai yang jutek, Aubrey terlihat cukup sangat ‘nerd’ sehingga bisa meyakinkan saya sebagai penonton kalau ia sedang memerankan karakter yang masih perawan (kritisi macam apa itu?!) ha-ha.

Not bad for a starter, jarang sekali menonton film-film drama komedi remaja yang bersettingkan tahun 90-an, setelah The Perks of Being a Wallflower, mungkin The To Do List adalah salah satu film remaja bersetting 90-an yang baru saya tonton lagi. So, if you want a nostalgic time and experiencing a different approach about virginity, The To Do List is a movie that you must put in your list. Enjoy!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s