The Monuments Men (2014/US)


Well, Ocean's Eleven goes wrong maybe

Well, Ocean’s Eleven goes wrong maybe

The Monuments Men ini merupakan tipikal film yang didukung jajaran aktor aktris papan atas tapi dengan hasil yang “Oh, oke”. Sebelum saya bilang bahwa film ini semi-flop, perlu saya ingatkan lagi bahwa setidaknya ada lima aktor kelas Academy Awards yang bermain di film yang diangkat dari kisah nyata ketika Perang Dunia II berlangsung. Kali ini George Clooney kembali lagi ke bangku sutradara setelah membidani film terakhirnya, The Ides of March tahun 2011 silam, dengan bekal pengetahuan dan sedikit cita rasa seni, at least ada sedikit nilai positif yang bisa diambil ketika menonton film drama perang yang mempunyai lelucon ‘hit and miss’ ini, yaitu pelajaran sejarah dan seni rupa.

Alkisah sebelum Perang Dunia II berakhir, ada sebuah regu penyelamat barang-barang seni yang bernama The Monuments Men, sejarahnya sendiri regu Monuments Men ini berjumlah ratusan, tapi lewat film ini kita akan melihat aksi tujuh anggota Monuments Men yang sebenarnya sudah tidak capable untuk terjun ke medan perang. Dimulai dari sang inisiator, Frank Stokes (George Clooney), kemudian pengamat seni, James Granger (Matt Damon), lalu ada Richard (Bill Murray), Walter (John Goodman), Jean Claude Clermont (Jean Dujardin), Preston (Bob Balaban) dan Donald Jeffries (Hugh Bonneville). Rata-rata mereka berasal dari Amerika dan berniat untuk terjun ke Eropa dimulai dari Belgia, Paris hingga Jerman untuk menyelamatkan beberapa karya seni bersejarah disana. Lewat penghubung kurator museum bernama Claire Simone (Cate Blanchett), mereka berusaha mengumpulkan dan mengembalikan karya seni yang hilang dicuri Adolf Hitler dkk.

Entah kenapa, saya hanya bisa menikmati film ini apa adanya, easy come and easy go, bukan film terbaik George Clooney kalau boleh saya bilang. Walaupun film ini sebenarnya didesain lebih ke arah komedi yang ringan, tapi saya tetap tidak bisa menikmati lelucon-lelucon awkward-nya disini, padahal sudah ada Bill Murray disitu, yang selalu berhasil menghibur saya lewat karakter awkward-nya di film-film Wes Anderson. Bahkan kehadiran Matt Damon yang sebenarnya kalau dilihat di poster, posisinya berada disamping George Clooney, tapi entah kenapa selama film ini berjalan, James Granger hanya menjadi aksesori semata dan hanya tampil meyakinkan ketika menginjak ranjau darat.

Saya tidak tahu apa yang sebenarnya kurang dari film ini, tapi yang jelas The Monuments Men bisa menjadi bahan bullying kalau sampai masuk Academy Award kemarin. Setting yang menjanjikan, jajaran cast yang mumpuni, tapi story yang kurang kuat, seperti kisah James Granger dan Claire Simone yang menurut saya pribadi romantis ‘tanggung’, entah mau dibuat manis atau tidak, yang jelas porsi Cate Blanchett dan Matt Damon disini terasa hambar. Mungkin hanya duet Jean Dujardin dan John Goodman saja yang bisa membuat saya ‘tersenyum’ kecil, sisanya saya seperti menyaksikan acara National Geographic yang melibatkan unsur perang yang berusaha keras untuk tampil menghibur.

Tapi nilai positifnya mungkin anda bisa sedikit mengenal karya-karya seni bersejarah disana, ada beberapa lukisan dan pahatan dari beberapa seniman ternama pada masanya dan juga sedikit footage asli dari regu Monuments Men sebenarnya pada saat itu. Selain itu, film ini sangat-sangat-sangat standar bagi saya, apalagi film ini dibuat oleh orang yang sudah berpengalaman bermain dalam film dengan formula ensemble cast beberapa tahun silam, did you not learn anything? So, kalau anda mau menonton film ini di rumah juga tidak masalah, tidak usah harus pergi ke bioskop untuk menyaksikan cerita heroik para tentara yang entah aslinya ini sebenarnya punya sense of humor yang bagus atau tidak, tapi yang jelas, kematian Jean Claude Clermont di film ini cukup ikonik dan menyebalkan, he-he. Well, not a bad movie, but still, far from an entertaining movie.

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s