Grudge Match (2013/US)


The eldest of boxing movies

The eldest of boxing movies

Tidak diduga,ternyata film drama komedi keluarga berjudul Grudge Match ini cukup ‘renyah’ juga untuk dikonsumsi, malahan bagus untuk dikonsumsi di waktu senggang anda. Dibintangi dua aktor senior Hollywood papan atas, Sylvester Stallone dan Robert De Niro, Grudge Match menceritakan tentang persaingan dua mantan petinju 30 tahun setelah pertandingan terakhir mereka di dalam ring. Bagi anda penggemar dua aktor tersebut pasti sudah hafal kalau mereka berdua adalah ikonnya film tinju Amerika beberapa puluh tahun yang lalu, Sly dengan Rocky-nya dan Robert De Niro dengan Raging Bull-nya. Makanya, ketika Peter Segal membuat film ini, terdengar seperti aji mumpung, menjual kejayaan masa lalu mereka, tapi ternyata tidak juga, Grudge Match merupakan sajian drama komedi keluarga hangat yang sederhana dan tetap menyentuh.

Ceritanya sendiri dimulai ketika karir Henry “Razor” Sharp (Sylvester Stallone) dan Billy “The Kid” McDonnen (Robert De Niro) sudah meredup paska pertandingan emosional terakhir mereka di dalam ring tinju 30 tahun silam. Razor menjalani hidup pensiunnya seperti orang yang tidak pernah jadi juara saja, bertolak belakang dengan The Kid yang punya usaha dan bisnis dimana-mana. Hingga suatu saat seorang promotor bernama Dante (Kevin Hart) meminta Razor dan The Kid untuk beraksi di sebuah video game tinju, yang ada malahan dendam kesumat dan baku hantam antara mantan petinju yang sudah udzur. Tapi Dante melihat hal tersebut sebagai peluang emas dan meyakini masyarakat bahwa pertandingan ulang bisa saja terjadi antara Razor dan The Kid. Ya, pertandingan ulang setelah 30 tahun lamanya, masalahnya ada alasan tersendiri bagi Razor dan The Kid untuk kembali ke dalam ring tinju setelah sekian lamanya, dan kembalinya mereka berdua juga turut membuka mata keluarga dan kerabat terdekat dari dua jagoan tinju jaman dulu itu.

Kehadiran Sly dan Robert De Niro di film ini memang menjadi daya tarik utama. Hal tersebut makin terbukti, karena akting kedua aktor ini menjadi nilai plus yang membawa Grudge Match menjadi sebuah tontonan yang enak ditonton sampai habis. Aroma persaingan antara kedua aktor gaek ini tergolong kocak sekaligus serius. Makanya saya bilang di awal tidak diduga kalau Sly sekarang lebih bermain aman di film-filmnya, tidak seperti Arnie yang tancap gas terus dengan jajaran film-film action terbarunya. Grudge Match juga membuktikan bahwa dua aktor gaek ini masih mempunyai aura juara seperti ketika Rocky dan Raging Bull rilis. Saya tidak melihat dua orang tua konyol yang bertanding di dalam ring tinju, tapi saya seperti melihat dua mantan petinju sungguhan yang masih capable melesatkan jab-jab kerasnya. Salut untuk mereka berdua!

Jalinan cerita film berdurasi kurang lebih dua jam inipun memang tergolong standar, dan sudah biasa dipakai di film-film drama keluarga Hollywood pada umumnya, yaitu persaingan yang akhirnya malah saling mendekatkan, entah itu mendekatakan kepada sang rival ataupun kepada keluarga dan kerabat yang sudah lama terpisah jauh, klise, bukan? Tapi percayalah, jika didukung aktor dan aktris berkualitas seperti di film ini, Peter Segal tidak akan kesusahan men-direct Grudge Match menjadi sebuah tontonan mengasyikkan. Belum lagi kehadiran aktor pendukungnya yang sama-sama mencuri perhatian, dari mulai Kim Basinger yang masih terlihat cantik, Jon Bernthal yang kekar, sampai Alan Arkin yang seperti biasa ‘tua-tua keladi’. Ya, Alan Arkin sekali lagi harus diacungi jempol, selalu membuat film-film setipe ini menjadi lebih hidup dan lebih kocak dengan sumpah serapah yang keluar dari mulutnya, apalagi ketika Alan Arkin beradu argumen dengan Kevin Hart, priceless!

Grudge Match, mau tak mau, cheesy tak cheesy, klise tak klise, yang jelas film ini tetap menghibur saya. Alur ceritanya yang mengalir, akting aktor dan aktrisnya yang pas dan tak berlebihan, adegan di kandang UFC-nya yang super konyol, dan juga hidden scene setelah closing credit-nya yang bisa membuat anda tersenyum. Yeah, butuh tontonan ringan untuk sekeluarga, Grudge Match adalah jawabannya. Enjoy!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s