Hell Baby (2013/US)


Hell Baby

The most pointless comedy that I’ve ever seen

Kalau anda sedang mencari film komedi yang cukup lucu tapi total pointless, anda harus mencoba menonton Hell Baby, satu-satunya film komedi ter-pointless yang pernah saya tonton tapi tetap sukses menghadirkan beberapa momen-momen tololnya. Film ini digarap oleh Robert Ben Garant dan Thomas Lennon yang juga menjadi karakter utama disini, dan harus diakui, mereka memang nekat membuat film komedi horor ini just for fun, terlihat dari settingannya yang sangat low budget tapi tetap niat untuk terlihat keren (entah bodoh?).

Ceritanya berawal dari Jack (Rob Corddry) dan Vanessa (Leslie Bibb) yang baru saja pindah rumah ke lingkungan yang tak bersahabat. Rumah baru mereka terlihat seperti rumah bekas ritual pembunuhan Charles Manson, tapi mereka tetap memutuskan tinggal disana sambil menanti kelahiran anak kembar yang dikandung Vanessa. Sejak kepindahan Jack dan Vanessa, banyak terjadi hal-hal aneh, aneh disini bisa berarti aneh yang gaib dan aneh yang tolol, seperti kehadiran tetangganya yang bernama F’resnel (Keegan-Michael Key) yang selalu numpang di rumah mereka. Sampai suatu saat, Jack menyadari ada sesuatu yang merasuki Vanessa, dan berpengaruh pada bayi yang dikandungnya. Maka Jack meminta bantuan dua polisi lokal yang super absurd dan dua pendeta dari Vatikan bernama Sebastian (Robert Ben Garant) dan Padrigo (Thomas Lennon) yang sedang mengemban misi memburu iblis yang diduga merasuki tubuh Vanessa.

Low budget dan pointless, tapi itu justru yang menjadi nilai tambah dari film komedi seadanya Robert Ben Garant dan Thomas Lennon ini. Diawal-awal sampai pertengahan film saya cukup puas tertawa, apalagi ada komedian kulit hitam Keegan-Michael Key yang total absurd dan scene-scene pointless di restoran sandwich yang didramatisir kebodohannya serta adegan nudity yang bisa membuat mata anda terbuka sedikit ketika sedang bosan-bosannya dengan plot yang ditawarkan film berdurasi kurang lebih 90 menit ini. Tapi di akhir-akhir, Hell Baby ini seperti ‘terjun bebas’, karena menurut pengakuan sang sineas, di adegan terkahir mereka memang berimprovisasi, entah jenius entah tolol. Tapi sudahlah, memang tujuannya dibuat Hell Baby ini untuk hura-hura semata, at least harus diakui kalau ada beberapa scene ikonik bodoh di film ini, dari mulai pengenalan Sebastian dan Rodrigo, pendeta yang berlari di dalam gereja (mengingatkan pada film Angels & Demons), scene restoran dan setiap adegan yang melibatkan nenek tua berperawakan monster telanjang naik sepeda.

Namanya juga film komedi, ada yang lucunya pintar, ada yang lucunya bodoh dan ada yang lucunya pointless. Hell Baby ini masuk ke golongan terakhir, lucunya yang pointless, tapi bukan berarti lucunya mereka tidak bisa membuat anda tertawa, siapa tahu justru anda lebih terpuaskan ketawanya ketika menonton film komedi horor yang mungkin banyak menyomot elemen-elemen film horor pada umumnya itu. Well, just enjoy it if you want to.

Rating: 2.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s