New World (2013/South Korea)


New WorldFilm ini tidak kalah bagusnya dengan A Dirty Carnival. Film yang Korea “banget” sebab menangkap esensi kegelisahan rakyat Korea Selatan dan efek samping masyarakat yang sudah maju. Bagi penyuka film gangster negeri ginseng, film ini layak ditonton.

Ja-sung (Lee Jung-jae) adalah seorang polisi yang menyusup ke organisasi mafia Goldmoon, hanya sedikit orang yang tahu keberadaannya, salah satunya adalah Chief Kang (Choi Min-sik). Ja-sung sudah terlalu lama berada di dalam organisasi mafia itu, menyaksikan berbagai macam kelicikan dan kekejaman.

Lambat laun Ja-sung stres harus menyusup, apalagi di dalam Goldmoon banyak intrik internal untuk merebut kekuasaan semenjak atasan utama meninggal secara tiba-tiba. Sementara itu Ja-sung sendiri harus diam saja disuruh ini itu oleh Kang. Sama seperti kebanyakan film Korea lainnya, kekerasan tidak malu-malu di sini.

Tanpa koreografi perkelahian lebay, film berjudul asli Sinsegye ini memiliki beberapa adegan yang mampu membuat rasa ngilu. Selain itu, setengah jam terakhir penuh dengan Nolan twist yang sama sekali tidak terduga. Intinya, semua orang punya batasnya, dan kalau sudah lewat, bisa melakukan hal-hal mengerikan.

New WorldSepintas premis film yang disutradarai Park Hoon-jeong ini “mirip” dengan Infernal Affairs, namun sebenarnya tidak, karena jauh berbeda. Salah kaprah jika menganggap film-film bertemakan gangster sebagai film yang mengagungkan kekerasan, namun lebih kepada pengamatan sosial dan karakter manusia yang abu-abu.

Karena film ini laris manis di Korea Selatan maka Sony berencana membuat versi remake untuk penonton di Amerika Serikat. Saya bingung kenapa senang sekali membuat remake film Korea Selatan, apa karena rakyat ‘murica malas membaca subtitle?

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s