Locke (2014/UK)


Locke“The difference between once and never is everything”

Ivan Locke (Tom Hardy) sendirian di dalam mobil, tetapi pikirannya sibuk. Ia meninggalkan tempat konstruksi menuju sebuah tempat. Selama perjalanan itu ia harus mengambil banyak keputusan penting hanya lewat telepon.

Locke sendiri adalah seorang mandor konstruksi, ia harus mensupervisi pengecoran beton gedung terbesar di London (dan Eropa) namun memutuskan untuk tidak berada di tempat. Kenapa dan mengapa? Maka drama dibangun lewat dialog Locke dengan atasan, bawahan, istri, anak dan seorang wanita nun jauh di sana.

Locke adalah Tom Hardy show, ya, layaknya Buried dengan Ryan Reynolds dan Phone Booth (walau Phone Booth lebih “ramai” dan tidak sendirian), Locke hanya mengandalkan Tom Hardy selama 85 menit dan berseting penuh di mobil BMW Locke dan Tom Hardy membuktikan bahwa dia memang bisa berakting, baik dalam film populer seperti The Dark Knight Rises (2012) atau yang ini.

Film ini tidak membosankan. Kala sebagian besar film lebih mengandalkan adaptasi dan pre sold ideas untuk merangsang penonton, Locke menghadirkan cerita sederhana yang mampu menyentuh emosi tanpa terlalu berlebihan.

Walau drama hanya dibangun dari suara dan reaksi Tom Hardy di dalam mobil, namun cerita sangat menarik dan perlahan-lahan karakter dan kehidupan Locke terkuak.

Locke hanya seorang pria biasa, dia bukan Jack Bauer yang harus menyelamatkan negara secara real time, atau seorang mata-mata. Ia adalah pria biasa yang punya salah namun hendak membetulkan kesalahan yang ia perbuat.

Dua kejadian dalam film ini, personal dan profesional, sebenarnya terkait satu sama lain. Intinya, pondasi dalam hidup haruslah bagus agar tumbuh kembang terjamin (nasihat ala-ala posyandu). Perjalanan Locke pun bisa diibaratkan sebagai sebuah perjalanan hidup yang dijalani sendirian.

“Papa, papa pulang saja, kita nonton lagi rekaman pertandingan tadi, terus kita pura pura seru-seruan lagi seperti dulu,” ungkap anak Locke di telepon sambil terisak. Right in the feels.

Berikut fitur di balik layar Locke.

2 thoughts on “Locke (2014/UK)

  1. Pingback: Inilah Jajaran Cast Resmi untuk Film Suicide Squad | zerosumo

  2. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s