Saving Mr. Banks (2013/US)


Saving Mr. Banks

Private Ryan has been saved, now let’s save Mr. Banks!

Sebenarnya saya tidak tahu banyak tentang buku dan film Mary Poppins, tapi berkat film berjudul Saving Mr. Banks ini saya jadi tahu tentang karakter Mary Poppins karya P.L. Travers yang ternyata melibatkan seorang Walt Disney untuk mempopulerkan buku yang sempat hits tahun 60-an tersebut. Film garapan John Lee Hancock ini mengupas seluk beluk kehidupan si pengarang buku Mary Poppins yang sangat berhati dingin untuk diajak kerjasama sampai akhirnya Walt Disney tahu betul cerita sebenarnya dibalik buku yang laris di kalangan anak-anak pada masa itu. And I must say, I touched with her background story to write the book. Ya, dibalik sosok dingin P.L. Travers, ternyata ada cerita manis yang juga penuh ironi dibelakangnya.

Film ini mempunyai dua plot berbeda, dimana plot pertama memperlihatkan karakter P.L. Travers yang masih gadis cilik (Annie Rose Buckley), dan plot selanjutnya memperlihatkan karakter penulis buku Mary Poppins tersebut yang sudah cukup tua dan cukup galak (Emma Thompson) bagi orang di sekelilingnya termasuk Walt Disney (Tom Hanks) yang berusaha keras merayu P.L. Travers untuk membuat film Mary Poppins dari bukunya. Ya, keinginan Walt Disney melobi P.L. Travers memfilmkan Mary Poppins berbuah hasil, tapi sayang, sang nyonya tua tidak cukup senang dengan situasi dan cerita bukunya yang entah akan dibawa kemana di filmnya nanti oleh para tim kreatif Walt Disney dari mulai Don (Bradley Whitford) sang scriptwriter dan Sherman Brothers (B.J. Novak & Jason Schwartzman) sebagai komposer untuk musik-musik di film Mary Poppins nanti.

Perbedaan paham tersebut pada awalnya sulit diatasi oleh Walt Disney dan P.L. Travers yang nampaknya lebih membuka diri pada supir pribadinya selama di Amerika, yaitu Ralph (Paul Giamatti). Tapi ternyata hari demi hari Walt Disney sadar bahwa ada kisah pribadi yang tersirat di karakter Mary Poppins, kisah pribadi yang melibatkan P.L. Travers kecil yang hidup bersama keluarganya dahulu, termasuk ayahnya, Travers Goff (Colin Farrell) yang sangat ia cintai. Maka tidak heran film ini cukup menarik untuk ditonton, memperlihatkan dua sisi P.L. Travers yang awalnya sedingin es sampai akhirnya meleleh oleh pengertian Walt Disney dan tim kreatifnya yang percaya bahwa yang namanya ‘magical moment’ juga tidak hanya terjadi di buku atau film saja.

Saving Mr. BanksMenarik menonton film berdurasi dua jam ini, karakter P.L. Travers diperankan dengan sangat sempurna oleh Emma Thompson yang memang sangat british sekali. Apalagi ketika berduet dengan Tom Hanks yang cukup oke juga untuk memerankan sang legenda Walt Disney yang percaya bahwa ia berusaha untuk membawa keajaiban bagi anak-anak di seluruh dunia lewat Mickey Mouse-nya, bukan hanya mengeruk keuntungan semata dengan Disneyland-nya. Tapi yang tidak kalah menariknya juga adalah hubungan P.L. Travers kecil dengan ayahnya Travers Goff yang benar-benar menyentuh hati kecil saya ini, hubungan ayah anak yang mungkin termasuk paling manis yang pernah saya tonton. Penampilan Colin Farrell menawan disini, sosoknya sebagai ‘the-best-father-in-the-world-who-not-always-perfect’ ini terasa sekali, demi keluarga dan anak, Travers Goff melakukan apapun, bahkan dalam keadaan sekarat sekalipun ia tidak pernah berhenti membuat anak-anaknya berharap akan keajaiban.

Saving Mr. BanksOverall, sebagai sebuah film drama yang diadaptasi dari kisah nyata yang seperti memperlihatkan cerita film di dalam film, Saving Mr. Banks really saves my day. Jajaran casting yang tepat serta alur cerita yang mengalir dari awal sampai akhir menjadi nilai lebih film yang mungkin bisa membuat anda termehek-mehek di endingnya. Jangan lupakan juga musik-musiknya yang menyenangkan hati, apalagi salah satu karakter Sherman Brothers diperankan oleh Jason Schwartzman, sepertinya jarang saya melihat Jason main di film selain filmnya Wes Anderson, he-he. Kalau anda tahu Mary Poppins atau minimal pernah membaca bukunya, saya sarankan untuk menonton film ini, toh saya yang tidak pernah mengenal Mary Poppins pun bisa menikmati film ini seutuhnya. Enjoy!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s