RoboCop (2014/Remake/US)


Where is my face?!

Where is my face?!

Sebenarnya telat saya baru menonton film RoboCop versi terbaru ini. Ternyata film remake dari film orisinilnya yang rilis tahun 1987 itu cukup keren juga. Walau kekurangannya bagi saya pribadi adalah RoboCop yang kini ditukangi oleh sineas Brazil yang sukses membesut Elite Squad—José Padilha itu kurang brutal dan kurang gore. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa RoboCop tahun 2014 ini kurang brutal, padahal katanya José Padilha sudah mempunyai ide-ide liar agar sang polisi robot ini lebih gahar, tapi ternyata pihak studio banyak menolak ide brutal José Padilha, tujuannya agar RoboCop versi lebih langsing ini masuk rating PG-13 yang tentu saja bisa ditonton oleh semua orang termasuk para remaja muda yang tidak tahu getirnya kebrutalan RoboCop jaman dulu.

RobocopOkelah RoboCop tahun 2014 ini menjadi lebih ‘kalem’, tapi jalan ceritanya tetap menarik dan tidak jauh-jauh dari cerita film RoboCop pendahulunya. Alkisah seorang detektif jagoan kita yang bernama Alex Murphy (Joel Kinnaman) terluka parah setelah di-troll oleh car bomb para mafia yang membenci penyelidikian Alex Murphy tentang senjata ilegal. Di saat yang bersamaan, sebuah perusahaan produsen robot bersenjata bernama Omnicorp yang diketuai Raymond Sellars (Michael Keaton) sedang mencari jalan agar pemerintah menyetujui robot-robot pelindungnya untuk dioperasikan di tanah Amerika. Cara satu-satunya adalah memasukan manusia ke dalam robot sehingga sang robot punya akal pikiran. Hal inilah yang membuat Alex Murphy menjadi seorang Robocop, walau pada awalnya sang Dokter Dennett Norton (Gary Oldman) kurang setuju dengan rencana Sellars yang bisa membahayakan jiwa Alex Murphy. Tapi nasi sudah menjadi bubur, Alex Murphy pun menjadi RoboCop dengan setelan serba hitam yang siap beroperasi kapanpun sampai akhirnya sang Alex Murphy versi robot bisa menggunakan akalnya dengan jernih dan menyelidiki kasus percobaan pembunuhan pada dirinya dahulu.

RoboCop tahun 2014 ini masih asyik, walau armornya menjadi hitam dan pergerakannya bagaikan ninja yang lumayan lincah, tapi jangan khawatir anda tetap bisa menikmati aksinya tanpa merasa aneh sekalipun. Lagipula armor legendarisnya yang berwarna silver dan hitam akan tetap ada di akhir film, mungkin sebagai pemancing untuk sekuel berikutnya yang siapa tahu bisa lebih bombastis dan lebih brutal.

Joel Kinnaman yang tergolong aktor baru di dunia film layar lebar pun nampaknya tidak kesulitan untuk memerankan manusia setengah robot ini. Toh porsinya menjadi seorang manusia seutuhnya hanya ada di paruh awal film, sisanya kita akan melihat dia di balik balutan armor robotnya yang super keren dan matanya akan lebih sering tertutup visor yang lebih elegan dan lebih tipis.

Selain Joel Kinnaman, masih banyak aktor kawakan yang meramaikan film yang awalnya akan disutradarai oleh Darren Aronofsky ini. Masih ada sang Batman klasik, Michael Keaton dan sang Jim Gordon modern, Gary Oldman serta sang Nick Fury, Samuel L. Jackson yang tampil hanya sebagai seorang newscaster yang intimidatif. Jangan lupakan juga sang Rorscharch dari Watchmen, Jackie Earle Haley yang menjadi lawan RoboCop yang lumayan songong. Intinya, film RoboCop versi modern ini dihuni oleh para aktor-aktor kawakan yang pernah terlibat di film superhero, jadi kurang heroik apalagi coba film RoboCop tahun 2014 ini?

Ya sudahlah, kalau anda kangen dengan film manusia robot ini, apalagi anda generasi yang tumbuh kembang besar dengan RoboCop versi Paul Verhoeven. Mungkin tidak terlalu brutal, tapi tetap mengusung semangat RoboCop jadul. Well, just enjoy!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “RoboCop (2014/Remake/US)

  1. Pingback: Gary Oldman Mempunyai Aksen yang Mengganggu? | zerosumo

  2. Pingback: Chappie (2015/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s