Edge of Tomorrow (2014/US)


Edge of Tomorrow

All you need is you beside me *mellow

Dua bulan kebelakang ini adalah bulan-bulannya film penuh aksi yang berbau fantasy sampai sci-fi. Terakhir ada Edge of Tomorrow yang sudah ‘meledak’ di bioskop-bioskop tanah air, film action sci-fi ini menjadi film favorit kesekian bagi saya di tahun 2014. Diangkat dari manga dan novel karya Hiroshi Sakurazaka yang berjudul All You Need is Kill, Edge of Tomorrow ternyata cukup seru, lucu dan asyik untuk ditonton. Apalagi kalau anda suka dengan film sci-fi yang melibatkan unsur ‘time looping’ di dalamnya seperti Groundhog Day ataupun Source Code. Bayangkan saja Edge of Tomorrow ini adalah gabungan kedua film itu dengan porsi aksi yang lebih hektik.

Cerita film ini bermula dari seorang tentara bernama Cage (Tom Cruise) yang mau tak mau harus berperang di garda terdepan melawan para alien super lincah yang menginvasi bumi. Masalahnya Cage bukanlah tentara betulan, dia hanyalah seorang public relation militer Amerika yang dijerumuskan ke medan perang oleh General Brigham (Brendan Gleeson) di Inggris. Hopeless tanpa bantuan siapapun, Cage berusaha mati-matian melawan para alien yang disebut mimic oleh para tentara berpakaian exo-suit keren ala film Elysium itu. Naas, Cage tewas di hari pertamanya oleh seekor mimic berwarna biru, dan anehnya Cage bangun kembali di hari sebelum ia pergi perang. Ya, setiap kali Cage tewas, ia bangun di hari sebelumnya dan mengalami pengalaman yang sama berulang-ulang, sampai akhirnya ia bertemu dengan Rita Vritaski (Emily Blunt), tentara paling jago dalam membantai alien mimic saat itu yang ternyata pernah memiliki kemampuan time looping seperti Cage.

Well, kalau boleh jujur, Edge of Tomorrow mempunyai jalan cerita yang menarik dan menghibur, peristiwa berulang-ulang yang dialami Cage mempunyai banyak versi, dari mulai versi heroik, versi lawak sampai versi desperate. Hari berulang-ulang yang dialami Cage memberi pelajaran berharga pada dirinya untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam melawan alien mimic, sekaligus meyakinkan Rita Vritaski bahwa manusia masih bisa menang melawan para alien tersebut.

Konsepnya memang tidak baru, tapi cara Doug Liman—selaku sutradara, mengemas Edge of Tomorrow menjadi sebuah tontonan aksi asyik di pertengahan tahun yang panas ini patut diacungi jempol. Edge of Tomorrow memang lebih ‘crunchy’ daripada film sci-fi terakhir Tom Cruise yang berjudul Oblivion. Tapi kalau boleh berpendapat, justru malah Emily Blunt yang menjadi scene stealer di film ini, karakter femme fatalenya menyatu sempurna dengan ekspresi beringasnya yang sering menenteng golok panjang ke medan perang. Sebaliknya, Tom Cruise is fine, tampil apa adanya layaknya bintang action Hollywood.

Mau suka atau tidak suka, Edge of Tomorrow merupakan tontonan alternatif bagi anda yang kangen dengan pertempuran antara manusia dan para alien di bumi. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah wujud para alien mimic yang cukup keren dan mematikan, sangat memperlihatkan betapa powerless-nya umat manusia ketika mereka harus melawan para alien mimic yang ternyata bisa memanipulasi waktu. Hal itu juga yang membuat saya suka dengan film ini, karena konsep time looping-nya terasa sangat ‘real’ jika dihubungkan dengan teknologi alien. Walau endingnya sangat bernuansa rom-com banget, at least Edge of Tomorrow berhasil membuat mata saya terbelalak dari awal sampai akhir menyaksikan hari yang berulang-ulang tanpa ada rasa bosan sedikitpun. Well, tunggu apalagi? Edge of Tomorrow will keep you awake in the edge of your seat, sci-fi lovers!

Rating: 4/5

NB: The making of Edge of Tomorrow. Enjoy.

2 thoughts on “Edge of Tomorrow (2014/US)

  1. Pingback: Salmon Fishing in the Yemen (2011/UK) | zerosumo

  2. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s