A Separation/Jodaeiye Nader az Simin (2011/Iran)


A SeparationA Separation adalah sebuah bukti bahwa film yang berkualitas tidak hanya mampu dicetak oleh sutradara asal Amerika Serikat atau Eropa saja. Ya, beberapa kali sineas asal Asia seperti dari Jepang atau Cina juga pernah meraih keberhasilan, tapi Iran? Bahkan menonton filmnya setahun sekali pun mungkin tidak.

Best Foreign Language Film yang diraihnya, bukan hanya pada ajang Academy Award tapi juga Golden Globe, lalu Best Film juga sukses mengawinkan Best Actor dan Actress pada ajang Berlin Film Festival merupakan sebagian penghargaan prestisius yang diberikan pada film arahan sutradara Asghar Farhadi ini.

Itu semua membuat saya penasaran untuk menonton filmnya. Terus terang secara sinematografi tidak ada yang spesial dari film ini. Tapi drama kehidupan yang disuguhkan selama 123 menit itu sanggup membuat, bukan hanya saya tapi juga segenap penikmat film di dunia, mengakui kehebatannya. Dan itu sudah dimulai sejak menit pertama.

Dari awal, A Separation sudah menyuguhkan sebuah percakapan sengit antara dua tokoh yang membuat kita menahan nafas. Tokoh yang diperankan oleh Leila Hatami dan Peyman Moaadi ini memiliki karakter yang kuat dan begitu memikat, sehingga seolah membuat kita tercebur ke dalam sebuah pusaran persoalan kehidupan keseharian yang membuat kita tidak bisa melarikan diri.

Dari satu masalah kemudian menjalar ke masalah lain. Mengalir sederhana dan tidak pernah bisa diduga. Bagaimana perceraian yang dialami kedua tokoh tersebut berakibat ke persoalan pengurusan, bagaimana pembantu rumah tangga mendapat kecelakaan dan meminta pertanggung jawaban, bagaimana harus menghadapi anak, dan seterusnya.

A SeparationKepelikan yang sedemikian rupa terjadi itu terus menarik kita untuk masuk ke inti persoalan. Selubung demi selubung persoalan terbuka dan terkadang dapat menciptakan sebuah tensi ketegangan. Diantara setiap adegan semua cerita berjalan begitu natural, begitu juga karakter-karakter yang dimainkan dengan brilian.

Pada akhirnya kebenaran memang terungkap, sekalipun dengan susah payah kita harus menjalaninya. Dan terkadang tidak semua berjalan seperti yang kita inginkan. A Separation adalah sebuah drama kelas dunia dan kesempatan untuk menikmati sinema Iran yang sangat langka adalah alasan lain mengapa film ini penting untuk ditonton.

Sebuah tema yang universal, hal itulah yang berhasil disuguhkan oleh Farhadi, sebuah cermin kehidupan dari cerita keseharian yang sederhana. Meskipun jarang sekali kita melirik Iran sebagai tempat lahirnya film-film kelas dunia, tapi untuk kali ini lewat A Separation hal tersebut tidak terbantahkan lagi.

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s