Salmon Fishing in the Yemen (2011/UK)


SALMON FISHING IN THE YEMENTerlepas dari judulnya yang aneh film ini sebenarnya cocok untuk anda yang sedang mencari tontonan yang ringan dan santai. Selagi nonton film ini anda tidak perlu mikir, mengernyitkan dahi, atau waspada akan kejutan. Walaupun begitu film drama komedi romantis ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski ceritanya mengalir tenang dan sederhana, Salmon Fishing in the Yemen bukanlah sebuah film murahan biasa.

Ringan dan santai seperti Minggu pagi. Tidak ada pesan besar yang dibawanya, bukan juga sebuah film yang penuh dengan inspirasi. Salmon Fishing in the Yemen adalah sebuah feel good movie yang menghibur. Terlebih di film ini siapapun akan jatuh hati pada Emily Blunt yang penampilannya menawan dan memesona. Lalu lawan mainnya, Ewan McGregor, seorang aktor berkelas yang setiap perannya tidak pernah ada cacatnya di mata saya. Dari jaman Trainspotting sampai sekarang dia selalu berhasil menghidupkan peran-perannya, sekecil apapun itu. Begitu juga dalam film ini dia tampil menarik seperti biasanya.

Tidak berhenti sampai disitu, Salmon Fishing in the Yemen ini disutradarai oleh Lasse Halstrom yang sebelumnya dikenal dunia lewat film-film seperti Chocolat, The Cider House Rules, Dear John, What’s Eating Gilbert Grape, dan seterusnya. Dan lagi film yang berasal dari novel berjudul sama ini diangkat dan ditulis kembali oleh Simon Beaufoy yang sebelumnya sangat sukses menggarap screenplay untuk Slumdog Millionaire dan 127 Hours.

Tapi lupakan semua nama besar dalam dunia sinema itu dan mari kita bicarakan filmnya sendiri. Karena terkadang nama-nama dan prestasi itu bisa juga mengecewakan. Garis besar film ini bercerita mengenai seorang ahli ikan yang diperankan oleh McGregor. Tokoh yang agak geek ini kemudian terlibat dalam sebuah misi untuk membudidayakan ikan salmon di Yaman yang tandus. Hal ini adalah permintaan khusus seorang Sultan yang dibawa oleh seorang agen yang diperankan oleh Emily Blunt.

Salmon Fishing in the YemenMau tidak mau McGregor harus melakukannya karena keberhasilan proyek ini akan berdampak pada hubungan kedua negara, baik secara ekonomi maupun politik. Padahal McGregor bukan agen Mission Impossible, dia hanya seorang ahli ikan. Lalu seperti apakah usaha yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut? Bagaimana juga hubungan antara Mcgregor yang cupu dan Blunt yang cantik (tapi garang di Edge of Tomorrow)? Akankah mereka bisa bersama?

Tenang, tidak usah terlalu berspekulasi. Tapi jangan yakin juga dengan dugaan anda. Karena meskipun film ini film yang santai, tapi semuanya tidak mudah ditebak juga. Karena menurut saya dalam Salmon Fishing in the Yemen nama-nama besar itu sama sekali tidak mengecewakan. Mereka berhasil menyuguhkan tontonan yang berkelas sekaligus menghibur.

4 thoughts on “Salmon Fishing in the Yemen (2011/UK)

    • Feel good movie yg menghibur banyak bangets sih. Eummm apa yah, susah juga nih kalo kasih rekomendasi. Ini yg kepikiran aja yah, cobain City Island rilis taun 2009 dibintangin sama Andy Garcia.

      Like

    • Wih kalo romcom ringan banyak bgt yang keren, apalagi kalo gak pake unsur romance, rata2 favorit sih film keluaran inggris dan sekitarnya, terakhir baru aja nonton The Bachelor Weekend, itu recommended banget, reviewnya keluar lusa, tunggu ajah😉

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s