The Grand Budapest Hotel (2014/US)


The Grand Budapest HotelZerosumo.net – Bagi para hipster di luar sana, saatnya orgasme berjamaah dengan Wes Anderson. Layaknya semua film Wes Anderson (Moonrise Kingdom misalnya), ada hal-hal unik, unyu dan absurd yang khas. Entah dari production value sampai warna-warna pastel yang mendominasi bahkan tema utama yang selalu diulang-ulang Wes tetapi bisa dihadirkan dengan bungkus yang baru.

Saya senang bahwa Wes tidak menjebak dirinya sendiri dengan tema mengasihani diri sendiri lalu malah hanya bisa membuat rom-com. Wes bisa membuat kisah keluarga disfungsional dan orang-orang aneh menjadi lucu sekaligus miris.

Semua film Wes tidak susah untuk diikuti. Ini bukan film sok art atau filosofis tetapi kisah keluarga dan pertemanan yang unik. Saya kagum bukan pada filmnya tetapi pada fakta bahwa Wes yang unik ini ada yang mau bayarin untuk membikin film. Pasti susah menjual ide absurd sendiri lalu selain dapat uang, malah aktor/aktris ternama mau berbondong-bondong main di film-filmnya Wes. Bujet film-filmnya sendiri tidak pernah sampai USD 50 juta, namun mampu menggaet aktor/aktris ternama.

The Grand Budapest HotelThe Grand Budapest Hotel tidak terletak di Hungaria, namun negara fiktif bernama Zubrowska. Ceritanya sendiri berlapis-lapis. Seorang penulis tua (Tom Wilkinson) bercerita bahwa pada tahun 1968 dirinya yang muda (Jude Law) bertemu Mr. Moustafa (F. Murray Abraham) di The Grand Budapest Hotel.

Nah Mr. Moustafa ini menceritakan ketika pertama kali ia kenal dengan M. Gustave (Ralph Fiennes) tahun 1932 di hotel yang sama. Moustafa waktu itu adalah seorang lobby boy saja. M. Gustave sendiri adalah seorang pria hedon pecinta puisi serta senang memangsa janda yang terlalu tua. Janda tua butuh kasih sayang adalah mangsa Gustave. Namun di sini muncul masalah ketika salah satu janda tua meninggal dan ada perebutan harta waris.

The Grand Budapest HotelLelucon yang ada masih tetap lucu dan aneh. Kisahnya juga berlapis-lapis, namun intinya mengenai kebutuhan seorang manusia untuk berada di suatu tempat yang membuatnya merasa nyaman. Selain itu, persahabatan Gustave dan sang lobby boy menarik untuk dicermati. Ada perubahan dari sekadar atasan bawahan menjadi sahabat dekat. Hal lain termasuk bagaimana humor digunakan untuk melawan tirani dan keadaan sekitar yang kejam menjadi ciri film ini.

Fans atau bukan, Anda akan menikmati suguhan kisah yang berbeda namun penuh rasa. Indomie rasa Wes Anderson.

Sutradara: Wes Anderson
Pemain: Ralph Fiennes, Tony Revolori, F. Murray Abraham, Mathieu Amalric, Adrien Brody, Willem Dafoe

7 thoughts on “The Grand Budapest Hotel (2014/US)

  1. Pingback: Inilah Para Pemenang Golden Globe Awards Tahun 2015 | zerosumo

  2. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

  3. Pingback: Inilah Film-Film yang Masuk Nominasi Academy Award Tahun 2015 | zerosumo

  4. Pingback: Birdman (2014/US) | zerosumo

  5. Pingback: Inilah Para Pemenang Ajang Academy Award ke-87 | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s