Rust and Bone (2012/France)


Rust and BoneTahan nafas sejenak karena apa yang akan anda alami ini adalah dunia Jacques Audiard. Sebuah penggambaran realita yang menunjukan kegigihan lewat bahasa visual yang apik dan intim. Sebuah tontonan tentang tokoh-tokoh yang berusaha mempertahankan kehidupannya, sambil kemudian berkembang untuk menemukan dan terus menemukan dirinya sendiri.

Sebuah drama yang ketika usai dipertontonkan untuk pertama kalinya dalam Festival Film Cannes 2012 orang-orang di dalam bioskop kemudian berdiri dari tempat duduknya selama sepuluh menit hanya untuk bertepuk tangan melakukan penghormatan. Hal yang demikian tentu saja tidak mungkin terjadi apabila Rust and Bone hanya deretan gambar yang bergerak, tidak, ia memiliki jiwa yang bertutur begitu jujur dan tulus. Menggapai, mengusik, membuai lewat cerita.

Rust and Bone tidak dimaksudkan untuk menghibur atau sebaliknya membuat kita berpikir keras, ia hanya menampilkan sinema ke dalam performa terbaiknya. Sebagai sebuah cermin kehidupan yang sedemikian rupa merasuk. Lalu kemudian meninggalkan jejak kesan yang mendalam.

Itulah dunia sinema Jacques Audiard yang ditampilkan lewat Rust and Bone dan diperankan secara luar biasa menawan oleh Marion Cotillard serta Matthias Schoenaerts sebagai tokoh sentral. Mereka berdua berhasil menghidupkan kedua tokoh itu dengan begitu natural. Sekalipun andaikata anda mematikan terjemahan teksnya anda akan tetap dapat memahami peran mereka dan pergulatan batin yang mereka alami. Sebagus itulah saya kira penokohan yang mereka lakukan.

Rust and BoneDalam Rust and Bone, Cottilard berperan sebagai seorang pelatih pertunjukan paus yang mendapat kecelakaan. Sementara Schoenaerts berperan sebagai seorang pengangguran yang memiliki seorang anak dan memiliki hasrat untuk menjadi seorang petarung. Di luar sebuah klub malam mereka bertemu. Lalu cerita pun berkembang di seputar kehidupan mereka berdua.

Bagaimana keduanya bertahan dari kehidupan yang seolah terus melemparkan mereka? Bagaimana tanpa bahasa mereka berusaha mengungkapkan persamaan tersebut? Kemudian bagaimana pula mereka kemudian dapat berkolaborasi untuk saling menguatkan? Semua itu digambarkan dalam tahapan kisah yang mengalir dengan jernihnya. Lalu pada akhirnya, kemenangan seperti apa yang mereka dapatkan bersama? Bagaimana pada akhirnya mereka dapat masing-masing menemukan diri mereka kembali?

Setiap kali saya mengingat berbagai adegan yang ada di dalam film ini nafas saya tetap tertahan sejenak. Ini adalah dunia Jacques Audiard, dan mungkin di akhir film ini anda tidak akan berdiri selama sepuluh menit untuk bertepuk tangan. Tapi percayalah, setidaknya film ini akan meninggalkan jejak, kesan yang dalam. Rust and Bone adalah sebuah film drama yang menggambarkan kisah kehidupan dengan cara yang brilian. Must a see movie!

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s