Cosmos: A Spacetime Odyssey (2014/TV Series/US)


CosmosZerosumo.net – Bukan merk penanak nasi, namun Cosmos: A Spacetime Odyssey bisa jadi sama pentingnya dengan nasi untuk hidup kita. Ini bukan serial TV sembarangan namun sebuah serial sepanjang 13 episode dari National Geographic Channel yang membahas asal muasal semesta, atom, fisika, gravitasi, evolusi, sejarah ilmu dan perubahan iklim dunia.

Tayang hanya satu musim saja, ini adalah semacam re-boot seri dokumenter berjudul sama yang pernah dibawakan Carl Sagan pada tahun 80-an yang sempat sukses. Setidaknya sukses di Amerika Serikat, entah di Indonesia yang umumnya tidak suka serial dokumenter.

Dibawakan dengan apik oleh astrofisikawan Neil DeGrasse Tyson, murid dari Carl Sagan, membuka lapisan demi lapisan rahasia alam dan sekitar kita. Tyson yang juga direktur Planetarium Hayden bertutur dengan renyah. Pada episode perdana ia menceritakan kalender kosmik. Dalam kalender yang membentang selama 12 bulan itu, dikisahkan 14 miliar tahun perjalanan semesta dari big bang sampai saat ini.

Neil DeGrasse TysonKalender ini membuat kita sebagai manusia rendah hati, sebab peradaban manusia saat ini seperti hanya baru muncul di tanggal 31 Desember dalam dua menit terakhir menuju pergantian tahun. Episode lainnya semakin dalam mengupas alam semesta, menceritakan kisah eksplorasi dan peneliti dari berbagai zaman dalam mengungkap rahasia semesta.

Diiringi musik oleh Alan Silvestri dan special effect yang sangat bagus, Anda akan dibawa ke “kapal imajinasi” untuk mengarungi semesta, bumi, planet dan atom. Kapal imajinasi ini memudahkan penonton memahami pembahasan. Beberapa tema yang rumit bahkan bisa diceritakan dengan menarik.

Seri dokumenter yang tayang luas di Amerika Serikat ini bukan untuk Anda yang otaknya lemot atau pemalas dalam mencerna kerumitan ilmu, tetapi juga tidak terlalu rumit bagi Anda yang mau berpikir. Yang jelas, sesudah menonton 13 episode Cosmos: A Spacetime Odyssey ini Anda akan tercerahkan serta semakin rendah hati dalam memandang diri di semesta.

One thought on “Cosmos: A Spacetime Odyssey (2014/TV Series/US)

  1. Pingback: Interstellar (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s