22 Jump Street (2014/US)


22 Jump Street22 Jump Street ini sebenarnya sebuah self-mocking movie yang ditujukan untuk film itu sendiri dan juga segerombolan film sekuel yang diproduksi Hollywood demi meraup untung semata. Menonton sekuel dari 21 Jump Street—yang jujur saja film yang cukup lucu tahun kemarin, saya merasakan aura The Hangover 2 di sekuel gila Channing Tatum dan Jonah Hill ini. Dengan template yang sama persis, mereka mengulang kebodohan di film pertamanya dengan jalan cerita yang dikembangkan ke arah yang makin tolol. Sesuai dengan ending film pertamanya, kali ini Jenko (Channing Tatum) dan Schmidt (Jonah Hill) menyamar menjadi dua orang mahasiswa di salah satu universitas yang di dalamnya beredar narkoba jenis baru yang terbuat dari bahan-bahan absurd.

Masuk ke universitas baru, Jenko dan Schmidt sudah tampak sangat pede, sayangnya keberuntungan dan keberpihakan mereka sekali lagi mulai tergoyahkan karena sekarang giliran Jenko yang lebih populer dibandingkan Schmidt ketika di SMA dahulu. Jenko masuk tim football dan bersahabat dengan Zook (Wyatt Russell), salah satu mahasiswa keren yang rajin berolahraga, sementara Schmidt menjadi seorang loner yang akhirnya diselamatkan oleh seorang mahasiswi cantik jurusan seni, yaitu Maya (Amber Stevens). Bagi anda yang sudah menonton 21 Jump Street, anda pasti akan dengan mudah mencerna kegilaan mereka di sekuelnya ini, seperti yang saya bilang sebelumnya, templatenya masih sama, bahkan adegan teler Jenko dan Schmidt pun masih hadir dengan dosis yang sayangnya kurang nendang seperti film pendahulunya.

Oleh karena itu saya bilang 22 Jump Street ini adalah penganut aliran The Hangover 2, jadi sebenarnya tidak ada yang baru di film berdurasi kurang lebih dua jam ini. Masih ditangani oleh orang yang sama, Phil Lord dan Christopher Miller, 22 Jump Street punya momen-momen lawaknya sendiri, walau di paruh akhir nampaknya Jenko dan Schmidt mulai kehabisan bahan lawakan karena mereka tidak benar-benar ingin ‘keluar’ dari template film pertamanya mungkin. Tapi semuanya tertolong oleh closing credit film ini yang seperti ingin menegaskan kalau film sekuel itu jika ingin dibuat-buat ya bisa dibuat sampai 100 sekuel sekalipun selama masih ada uang, bahkan beberapa cameo muncul di closing credit yang meneruskan 22 Jump Street sampai 2121 Jump Street, dari mulai Seth Rogen, Bill Hader sampai Anna Faris ikut meramaikan ketololan dalam sebuah film sekuel secara kompak. Sampai akhirnya anda disuguhi extra scene yang super useless tapi agak kocak juga sih di penghujung closing creditnya, kembali ke pilihan anda jika memang mau menanti sampai layar bioskop benar-benar dimatikan atau tidak.

22 Jump StreetIntinya, sebagai film self-mocking, 22 Jump Street punya momen-momen kocaknya tersendiri. Apalagi ketika scene yang melibatkan Schmidt dan Captain Dickson (Ice Cube) yang total konyol. Dan jangan lupakan juga duet Channing Tatum dan anaknya Kurt Russell—Wyatt, yang mungkin agak sedikit menyimpang dari tema “bromance” dan menjadi meta-jokes buat film-film gay, yang jelas, setiap adegan Jenko dan Zook beraktivitas bersama, saya merasa geli dan kadang ingin muntah sambil ketawa. Well, sebagai sebuah sekuel yang entah serius atau memang sengaja dibuat becanda, 22 Jump Street masih okelah ditonton untuk hiburan semata, tapi kalau anda mengharapkan lebih dari pendahulunya, jangan terlalu berharap banyak yah. Just enjoy it!

Rating: 3/5

NB: Sedikit intermezo dari Jenko dan Schmidt tentang World Cup 2014 yang diadakan dua bulan ini. Selamat menyaksikan!

And like always, the stupidity of Jenko and Schmidt behind the camera.

One thought on “22 Jump Street (2014/US)

  1. Pingback: The Lego Movie (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s