Side by Side (2012/US)


Side by SideZerosumo.net – Satu film dokumenter menarik yang baru saja saya tonton, judulnya Side by Side. Sebuah film dokumenter garapan Christopher Kenneally yang menceritakan tentang proses pita film yang sekarang hampir digeser oleh kehadiran teknologi digital yang sangat memudahkan para sineas untuk membuat sebuah film. Side by Side ini sangat menarik, apalagi bagi anda yang memang suka dengan yang namanya produksi film, baik itu amatir maupun profesional, anda wajib menonton film dokumenter yang dibawaakan oleh Keanu Reeves ini sebagai sang interviewernya.

Banyak sutradara dan DoP ternama yang turut menyuarakan pendapat mereka tentang kemajuan teknologi digital dan pengaruhnya pada pita film yang setidaknya sampai awal milenium masih menjadi format favorit para filmmaker di seluruh dunia. Dari mulai James Cameron, David Fincher, Steven Soderbergh, Christopher Nolan, Robert Rodriguez dan masih banyak filmmaker ternama lain turut beropini di film dokumenter yang runut menceritakan asal muasal pembuatan film dengan menggunakan pita film sampai akhirnya sudah serba digital seperti sekarang.

Lewat Side by Side pun saya jadi mengetahui lebih banyak tentang proses paska produksi yang ternyata jaman dulu itu lebih ribet daripada sekarang. Bayangkan saja dulu itu kalau para filmmaker ingin membuat film mereka tidak bisa langsung melihat hasilnya di hari mereka syut adegan tersebut, mereka harus menunggu dulu sampai esok hari untuk melihat apakah adegan yang disyut mereka kemarin itu sudah sempurna atau belum. Proses tersebut dinamakan dailies dan harus saya acungi jempol untuk para filmmaker yang setia menggunakan pita film sebagai media pembuatan filmnya karena mereka harus menunggu hasilnya esok hari yang menandakan mereka harus sempurna ketika pengambilan adegan hari itu juga.

Side by SideTapi teknologi digital yang berkembang sekarang pun bukan merupakan momok menakutkan bagi beberapa filmmaker walau secara gamblang David Lynch mengatakan bahwa era film sudah berakhir. Masih ada Wally Pfister dan Christopher Nolan yang setia mensyut filmnya menggunakan pita film dan juga beberapa filmmaker lain. Lucu saja melihat reaksi para sineas yang ternyata banyak yang kagum terhadap teknologi digital yang berkembang pesat dan pengaruhnya pada proses paska produksi nantinya entah itu editing atau color grading yang kalau jaman dulu itu super ribet tapi sekarang sudah sangat dimudahkan.

Selain para filmmaker dan para DoP, banyak produser ternama serta para pelaku usaha teknologi kamera digital yang turut sumbang suara di film dokumenter ini. Intinya, Side by Side memberikan wawasan yang sangat bagus apalagi kalau anda memang sangat tertarik dengan dunia perfilman dan produksi film. Side by Side bagi saya pribadi memang seperti ingin memberikan pesan tersirat bahwa dua teknologi beda jaman ini masih bisa berjalan berdampingan untuk waktu yang masih panjang kedepannya walau kenyataannya teknologi digital hampir mengambil alih segalanya sekarang.

Well, this documentary is totally recommended. Absoultely is a MUST SEE!

Rating: 5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s