The Lego Movie (2014/US)


The Lego MovieZerosumo.net – Saya memang telat menonton The Lego Movie ini, tapi ya sudahlah, ketika butuh hiburan instan, saya tiba-tiba berpikir untuk menonton film animasi ini. The Lego Movie sendiri adalah buah karya Phil Lord dan Christopher Miller yang sebelumnya memang spesialis membesut film-film komedi dan animasi, contohnya saja 22 Jump Street yang sama-sama rilis tahun ini juga. Cerita film The Lego Movie ini memang cukup terlihat niat dibuat. Mengisahkan seorang tukang bangunan di lego land bernama Emmet (Chris Pratt) yang tak sengaja menemukan sebuah bongkahan lego yang diyakini merupakan “the piece of resistance” yang katanya siapapun pemegang bongkahan tersebut bisa mengalahkan Lord Business (Will Ferrell) yang selama ini selalu mengatur kehidupan rakyat lego land sesuai dengan keinginannya.

Emmet pun bertemu dengan Wyldstyle (Elizabeth Banks) yang ternyata punya misi untuk menghancurkan Lord Business. Wyldstyle serta Emmet pun akhirnya bertemu dengan para sesepuh Master Builder—istilah tukang konstruksi paling hebat di lego land, seperti Batman (Will Arnett), Vitruvius (Morgan Freeman), Unikitty (Alison Brie) dan karakter-karakter minifigure lego lainnya seperti Green Lantern (Jonah Hill), Wonder Woman (Cobie Smulders), Abraham Lincoln (Will Forte), para karakter Star Wars, sampai pemain basket Shaquille O’Neal dan masih banyak lagi. Mereka semua bersatu untuk mengalahkan dominasi Lord Business yang menginginkan lego land itu ‘kaku’ dan kurang kreativitas sampai akhirnya diakhiri dengan ending yang cukup konyol dan twist.

Sebagai sebuah film animasi yang bergaya stop motion dan katanya menggunakan balok-balok lego betulan yang disyut secara langsung sebagian, The Lego Movie ini cukup menghibur dan cukup absurd, apalagi untuk penonton awam seperti saya yang memang hanya menyukai figur lego saja tapi tidak pernah sekalipun memainkannya. Tapi sebagai sebuah parodi dan berkumpulnya banyak karakter ikonik, The Lego Movie cukup konyol dan bisa membuat saya tertawa kecil.

The Lego MovieVisualisasinya pun cukup ‘eye-catching’ dan membuat saya jadi penasaran ingin memainkan balok lego yang sebenarnya. Juga jangan lupa dengan para pengisi suaranya yang didominasi oleh banyak aktor tenar papan atas Hollywood, lumayan memberikan nuansa tersendiri yang cukup unik, apalagi bagi Morgan Freeman yang perama kali mengisi suara untuk film animasi, penampilannya cukup menghibur dan cukup konyol, setara dengan Will Ferrell yang tidak usah ditanya lagi keabsurdannya seperti apa.

The Lego MovieTapi menariknya adalah The Lego Movie sendiri seperti sebuah tontonan yang menyiratkan pesan menyentil untuk para penggemar lego yang sudah terlalu fanatik. Menyentil karena pada dasarnya balok-balok lego ini adalah mainan untuk anak-anak yang bisa dikreasikan sebebas mungkin, bukan sebuah mainan yang harus disusun secara sempurna dan didiamkan begitu saja ketika hasilnya sudah jadi. Bagi saya, pesan film ini cukup berbobot untuk sebuah plot konyol yang diakhiri dengan twist yang sama-sama konyol tapi cukup cerdas itu (The Man Upstairs? Ha-ha, didn’t see that coming).

Akhir kata, The Lego Movie merupakan treatment yang unik untuk para penggemar lego di manapun di seluruh dunia ini dan berapapun usianya. Tapi bagi saya pribadi yang hanya bisa mengagumi lego tanpa pernah memainkannya, The Lego Movie tetap menjadi tontonan yang lumayan menghibur untuk mengisi waktu luang. Well, just enjoy it.

Rating: 3/5

2 thoughts on “The Lego Movie (2014/US)

  1. Setuju dengan review film ini. Film ini memang punya pesan tersirat. Kreativitas memang tak ada batas.. Btw, boleh tukeran link? Saya sudah pasang link web ini di blogroll website saya.. Thanks before🙂

    Cinejour.com

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s