The Art of the Steal (2013/Canada)


The Art of StealZerosumo.net – Kalau anda sedang mencari film crime heist yang cukup menyenangkan, saya sarankan untuk menonton film berjudul The Art of the Steal. Film ini tidak terdengar gaungnya karena mungkin memang diproduksi secara indie. Ditangani dan ditulis oleh sutradara asal Kanada—Jonathan Sobol, The Art of the Steal ternyata merupakan film crime heist yang lumayan asyik untuk ditonton.

Cerita film The Art of the Steal ini dibuka dengan perampokan lukisan terakhir yang gagal dilakukan oleh geng pencuri ulung yang beranggotakan Crunchy (Kurt Russell), Nicky (Matt Dillon), Paddy (Kenneth Welsh) dan Guy (Chris Diamantopoulos). Aksi perampokan mereka berakhir naas dan menyebabkan Crunchy dibui selama kurang lebih 5 tahun. Bebas dari penjara, Crunchy kembali menjalani aktivitas mediokernya sebagai stuntman motorcross yang suka mencelakai diri sendiri, itupun karena desakan sang istri, Lola (Katheryn Winnick) dan rekan baru Crunchy yang masih muda, Francie (Jay Baruchel).

Mengingat aksi stunt motorcrossnya makin berbahaya dan penghasilan yang didapat makin sedikit, tanpa sengaja takdir mempertemukan Crunchy dengan gengnya terdahulu. Mereka pun sepakat untuk melakukan perampokan barang seni terakhir yang nilainya berjumlah jutaan dollar. Maka mau tak mau Crunchy dkk pun kembali beraksi, tapi apakah kali ini motif Crunchy hanya ingin mengisi rekening banknya yang mulai kosong atau ada rencana tersembunyi lain?

The Art of StealMengingat film ini sebenarnya penuh kejutan, jadi saya akan membiarkan imajinasi anda berkembang dengan sendirinya sampai waktunya anda menonton film crime heist yang disajikan dengan sederhana tapi tetap menghibur ini. Jajaran cast-nya pun terbilang cukup oke, dari mulai Kurt Russell, Matt Dillon sampai komedian Jay Baruchel sudah cukup membuat film berdurasi 90 menit ini menjadi lebih hidup dan lebih asyik untuk ditonton.

Catatan khusus mungkin datang dari Jay Baruchel yang berhasil meningkatkan unsur humor di The Art of the Steal ke level yang lebih absurd dan tolol dengan beragam dialog improvisasinya. Beberapa celetukan aktor muda yang masih satu geng dengan Seth Rogen dkk itu cukup mengocok perut saya selama film ini berjalan apalagi ketika Jay Baruchel entah darimana sempat-sempatnya menggunakan referensi film Predator 2 di film crime heist komedi seperti ini, brilian!

The Art of StealThe rest of the cast did good. Kurt Russell tampak lebih muda dan lebih segar disini, sama halnya dengan Matt Dillon yang sudah cukup lama saya tidak lihat kehadirannya di film-film mainstream. Alur ceritanya pun tidak membosankan dan menyimpan banyak kejutan kecil disana sini yang mungkin memang sangat predictable tapi sudah lama tidak saya saksikan kejutan-kejutan di film crime heist layaknya trilogi Ocean’s Eleven dahulu kala.

Well, sebagai film yang tidak terlalu terdengar gaungnya, The Art of the Steal wajib menjadi tontonan anda kalau memang anda sedang mencari hiburan instan yang cukup berkualitas di waktu senggang. Aksi dan strategi perampokannya menarik, jajaran cast-nya bermain cukup apik dan alur ceritanya cukup menggelitik. Well, tunggu apalagi? Tonton saja sendiri. Enjoy!

Rating: 3.5/5

One thought on “The Art of the Steal (2013/Canada)

  1. Pingback: Bad Asses (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s