Bad Asses (2014/US)


Bad AssesZerosumo.net – Tanpa sengaja saya menonton sebuah film berjudul Bad Asses yang dibintangi oleh Danny Trejo dan Danny Glover beberapa hari yang lalu itung-itung sambil menunggu waktu sahur (ya, saya begadang). Sekuel dari film berjudul Bad Ass yang masih dibintangi sang aktor mantan napi ini sebenarnya film aksi instan yang sangat konyol dan cheesy, bahkan 15 menit pertama film ini berjalan saya sudah bisa menebak keseluruhan plot film yang ditangani oleh sutradara Craig Moss tersebut. Hebatnya lagi, ketika saya sedang mencari-cari info tentang film ini di internet, Bad Ass 3 sudah dalam tahap post production yang akan dirilis tahun depan, ha-ha, cepat sekali bukan?

Sebenarnya saya juga tidak pernah menonton film pertamanya, tapi entah kenapa saya mau menonton Bad Asses ini gara-gara saya sedang kangen dengan Danny Glover yang sudah jarang tampil di layar kaca dengan aksi-aksi heroiknya. Apalagi setelah menonton film The Art of the Steal beberapa hari yang lalu yang menyinggung soal film Predator 2 yang dibintangi aktor yang berumur 68 tahun itu, makin membuat saya kangen saja dengan aksi-aksinya.

Intinya, cerita film Bad Asses ini sangat tipikal film kelas B yang super duper menghibur tapi tidak terlalu bodoh juga. Ada seorang veteran pengelola sasana tinju bernama Frank Vega (Danny Trejo) yang mendapati salah satu muridnya tewas karena berurusan dengan bandar narkoba. Demi menumpas sang bandar narkoba, Vega dapat bantuan dari seorang penjaga minimarket yang sudah lansia tapi ternyata jago menghajar orang dengan stik hockey-nya, yaitu Bernie (Danny Glover). Maka dua orang kakek-kakek brutal ini mulai menginfiltrasi sarang narkoba demi membalas kematian murid Vega dan juga menumpas kejahatan di muka bumi dengan setelan super konyol dan tas pinggang legendarisnya.

Bad AssesFilm seperti ini memang cocok dinikmati untuk membunuh waktu kosong anda seperti yang saya lakukan kemarin. Lagipula, walau jalan ceritanya super klise dan super standar, setidaknya chemistry dua aktor gaek ini masih bisa mengundang tawa bagi saya pribadi. Apalagi ketika aktor berdarah latin beradu argumen dengan aktor kulit hitam, pasti selentingan-selentingan yang keluar dari mulut mereka bisa ‘beyond absurd’. Setidaknya, dialog-dialog cheesy dan bodoh yang keluar dari mulut Danny Trejo dan Danny Glover masih bisa menggelitik saya.

Bicara soal aksi, film yang bujetnya entah hanya alakadarnya ini juga tidak begitu banyak berbicara. Beberapa aksi diantaranya malah sangat terlihat ‘fake’ dan konyolnya, tapi ya peduli setan, toh anda tidak mungkin mengharapkan aksi spektakuler ala Man of Steel di film yang berbujet mungkin tidak melebihi bujet satu sekuen CGI-nya film-film Michael Bay seperti Transformers dkk ini. Asal ada adegan Danny Trejo dan Danny Glover menghajar musuh-musuhnya dengan tangan kosong sampai berdarah-darah sudah cukup untuk menggolkan tujuan awal film seperti ini dibuat.

Akhir kata, Bad Asses adalah film yang hanya bisa ditonton oleh anda yang suka dengan kebodohan dan aksi-aksi pointless dari para aktor gaek yang sudah meredup namanya. Saya pribadi masih menikmati film berdurasi 90 menitan ini, selain karena durasinya yang tidak seperti durasi pertandingan sepak bola babak 16 besar kemarin di Piala Dunia 2014, kapan lagi melihat aksi Danny Trejo sebagai tokoh utama selain di film Machete dan film-film minor dia lainnya (Dead in Tombstone contohnya), apalagi ketika diduetkan dengan Danny Glover juga. Tinggal tonton saja sendiri, enjoy!

Rating: 3/5

What's your opinion?

