Bad Words (2014/US)


Bad WordsZerosumo.net – Saya tidak pernah tahu kalau kontes mengeja kata di ‘Murica sana merupakan sesuatu yang dianggap serius. Setidaknya itulah yang saya lihat dari film Bad Words, film yang mempunyai premis tentang seorang pria berusia 40 tahun yang mengikuti kontes mengeja kata yang diperuntukkan bagi anak sekolah dasar. Film Bad Words merupakan film debutan Jason Bateman sebagai sutradara film panjang, disini juga aktor yang sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood itu menjadi tokoh utamanya, yaitu Guy Trilby, seorang pria 40 tahun yang entah kenapa nampaknya penuh dengan amarah terpendam ketika mengikuti kontes mengejanya.

Alhasil, cerita film Bad Words dimulai dengan aksi Guy memenangkan kontes mengeja regional yang mengantarkan dirinya ke kontes tingkat nasional bernama Golden Quill. Guy tidak sendirian, ia ditemani seorang reporter yang menjadi sponsor tindakan gilanya, yaitu Jenny (Kathryn Hahn). Jenny penasaran mensponsori Guy karena ingin menulis berita tentang Guy yang bertingkah agak ‘delusional’, masalahnya adalah Jenny tidak tahu apa motif sebenarnya Guy mengikuti kontes mengeja tingkat anak sekolah dasar ini selain mengacau dan bersumpah serapah di hadapan para orang tua murid.

Tapi kehebatan Guy dalam mengeja terancam oleh kehadiran seorang bocah berdarah India bernama Chaitanya Chopra (Rohan Chand) yang ternyata jenius juga dalam masalah mengeja. Masalahnya Chaitanya merupakan bocah polos yang melihat guy dari perspektif yang berbeda, ia menganggap Guy adalah seorang pria yang menyenangkan, bukan seorang pria yang sering bertutur kata kasar, walau pada kenyataannya memang seperti itu. Tapi apa motif sebenarnya Guy ikut berkompetisi di Golden Quill ini?

Bad WordsBad Words merupakan salah satu film komedi Jason Bateman yang sebenarnya agak kelam dan agak brutal, sudah terlihat dari tone warna sephianya yang seakan mempertegas bahwa karakter Guy Trilby ini adalah orang yang suram. Tapi itu dia daya tarik film berdurasi 90 menit ini, mengangkat topik yang memang sangat unusual sekali (kontes mengeja kata?) menjadi sebuah cerita yang penuh dialog brutal nan mengundang tawa.

Bad WordsMungkin Bad Words bukan film komedi untuk semua orang, but surely, this movie fits me a lot. Jason Bateman sebagai sutradara pun tahu betul cara mengeksploitasi karakternya lebih dalam dan memperlihatkan ‘love-hate relationship’ dengan Chaitanya yang diperankan sangat apik dan super polos oleh Rohan Chand. Selain itu, anda belajar banyak vocabulary baru dalam bahasa Inggris atau bahasa ‘Murica setidaknya lewat film ini, bahkan saya hampir tidak percaya ada satu kata yang panjangnya minta ampun dan kata tersebut memang mempunyai arti, ha-ha.

Setidaknya sebelum sekuel Horrible Bosses rilis, anda sudah bisa melihat penampilan gila Jason Bateman lebih cepat di film ini. Bad Words merupakan sebuah drama komedi yang dikemas sangat ‘indie’ sekali dan memperlihatkan kebolehan seorang Jason Bateman dalam meracik plot ceritanya hingga enak ditonton, apalagi beberapa soundtrack untuk film ‘awkward buddy comedy’ ini mengundang rasa nostalgia. Ya, lagu Snail dari Smashing Pumpkins di penghujung film memang menjadi lagu penutup yang manis untuk akhir perjalanan Guy Trilby. Enjoy!

Rating: 3.5/5

NB: Sedikit celotehan dari sang sutradara dan juga sang Rohan Chand.

One thought on “Bad Words (2014/US)

  1. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s