The Fifth Estate (2013/US)


The Fifth EstateZerosumo.netThe Fifth Estate merupakan film pertama yang saya tonton paska Lebaran. Oiya, sebelumnya saya mengucapkan mohon maaf lahir batin dulu kepada teman-teman diluar sana yang merayakan. Mohon maaf juga jika tidak ada review film-film Lebaran karena ketika Lebaran bawaannya saya hanya ingin makan (lah?!). Bicara soal The Fifth Estate, film garapan Bill Condon ini ternyata lumayan bagus lho, memang tidak mendekati level ketegangan ala The Social Network-nya David Fincher walau sama-sama menceritakan awal mula sebuah brand digital raksasa, tapi lewat film ini saya jadi lumayan mengerti bagaimana awal mulanya WikiLeaks berdiri.

Seperti yang kita tahu, Julian Assange adalah orang yang bertanggung jawab dibalik kebebasan jurnalisme yang ekstrim ala WikiLeaks. Tapi lewat film yang diangkat dari buku yang ditulis oleh co-foundernya sendiri—Inside WikiLeaks: My Time with Julian Assange and the Worlds Most Dangerous Website dan WikiLeaks: Inside Julian Assanges War on Secrecy, justru kita akan dibawa untuk mengenal sosok Assange dari pandangan Daniel Berg yang ikut membangun WikiLeaks dari tahun 2007 silam.

Secara detail tidak pernah dijelaskan asal mula Julian Assange, tapi yang jelas Daniel Berg (Daniel Brühl) bertatap muka dengan Assange (Benedict Cumberbatch) di sebuah acara gathering para geek dan nerd di Jerman. Perkenalan mereka pun berlanjut kepada pertemanan dan kepercayaan ketika Assange membuktikan kepada Daniel bahwa info rahasia yang diterima dari seorang whistleblower dan dipublish di WikiLeaks lewat proses editing yang dilakukan Daniel bisa berdampak besar pada hajat orang banyak.

The Fifth EstateDari situ, kita akan terus melihat perkembangan WikiLeaks yang perlahan-lahan mulai menarik perhatian media mainstream seperti The Guardian sampai Time. Klimaksnya terjadi ketika Assange mendapatkan info rahasia yang menyangkut tentang ‘kejahatan’ perang yang dilakukan ‘Murica di Timur Tengah. Alih-alih melindungi identitas sang whistleblower, Assange bersikeras untuk tetap mempublish info tersebut yang kontradiktif dengan keyakinan Daniel bahwa tujuan awal WikiLeaks adalah untuk melindungi identitas whistleblower dibalik kebebasan informasi untuk khalayak umum ini.

The Fifth EstateKadang freedom of speech tidak dibarengi dengan the real freedom. The Fifth Estate ini memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana dampaknya jurnalisme warga pada perubahan tatanan sosial secara global. Seperti judulnya, The Fifth Estate mempunyai makna jurnalisme lapis kelima yang dibuat oleh orang biasa lewat berbagai macam platform, blog dll. WikiLeaks disini bertindak sebagai platform tersebut, tapi lewat film ini, Daniel Berg memperlihatkan bahwa bukan hanya rahasia saja yang ingin diekspos Assange, ada ego tersendiri yang membuat fondasi WikiLeaks mulai tercerai berai.

The Fifth EstateTapi yang namanya film ‘Murica, saya juga tidak tahu apa isi film ini ada unsur ‘disetir’-nya atau tidak, yang jelas seolah-olah di akhir selalu saja pihak ‘Murica yang terlihat seperti pahlawan dengan efek dramatisnya tersebut. Tapi sebagai film secara keseluruhan, Bill Condon yang pernah menangani film vampir ter-cheesy sepanjang masa—Twilight, cukup berhasil menyajikan sebuah drama thriller yang dibantu dengan visual-visual cantik soal analogi platform WikiLeaks dan sebagainya. Alur cerita lumayan dijaga dari awal sampai akhir dan porsi penceritaan pun cukup berimbang dan lebih ke Daniel-Assange sentris ketimbang karakter-karakter lainnya.

Akting Benedict Cumberbatch pun cukup meyakinkan walau rambut putih ala Assange-nya cukup terlihat konyol di mata saya, bagi saya sangat tidak cocok dengan bentuk mukanya yang panjang, ha-ha. Sama halnya dengan Daniel Brühl yang memberikan penampilan apiknya sebagai karakter pendukung di film berbahasa Inggris-nya ini yang entah sudah keberapa kalinya. Tapi kalau saja film ini menggunakan bahasa native setting tempat mereka berada, mengingat ‘the rise of WikiLeaks’ banyak terjadi di Eropa, saya yakin film ini akan makin asyik dan intense untuk diikuti. Well, sebuah film drama thriller tentang jatuh bangunnya WikiLeaks dari tangan sineas Twilight? Not bad, Bill!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “The Fifth Estate (2013/US)

  1. Pingback: The Fifth Estate (2013/US) | Tinseltown Times

  2. Pingback: Jadwal Rilis Film-Film Marvel Phase 3 Terkuak! | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s