Ping Pong Summer (2014/US)


Ping Pong SummerZerosumo.net – Kalau anda sedang mencari referensi bergaya ala tahun 80-an, film Ping Pong Summer ini bisa menjadi pilihan tepat. Ping Pong Summer merupakan satu film indie garapan Michael Tully yang menceritakan tentang tindak tanduk seorang remaja canggung yang mengalami banyak peristiwa di liburan musim panasnya. Sebenarnya Ping Pong Summer ini merupakan film drama komedi remaja yang sangat generik sekali, istimewanya mungkin hanya karena settingnya yang lumayan memperlihatkan situasi otentik betapa grainy-nya tahun 80-an tersebut.

Ping Pong Summer mengawali cerita dengan memperlihatkan betapa awkwardnya kehidupan Rad Miracle (Marcello Conte) di masa puber yang sangat terobsesi dengan musik hip hop, break dance nanggung dan ping pong. Tapi semua berubah ketika Rad dan keluarganya pergi liburan musim panas. Ketika liburan, Rad bertemu dan berteman dengan Teddy (Myles Massey), selain itu ia mulai naksir gadis paling cantik di kota yaitu Stacy (Emmi Shockley) tapi harus berhadapan dengan seorang bully sekaligus pacar Stacy bernama Lyle (Joseph McCaughtry). Jangan lupakan tetangga Rad yang menyeramkan, Randi (Susan Sarandon) yang akhirnya menjadi mentor Rad untuk menghadapi Lyle di pertandingan ping pong nantinya.

Dari segi cerita, Ping Pong Summer ini adalah film yang menggunakan template cerita bagi anda yang ingin membuat film drama komedi remaja yang mempunyai tema umum, seorang loser yang jatuh cinta dengan wanita cantik tapi harus menghadapi seorang bully. Betapa klise bukan? Bahkan anda bisa langsung menebak film ini akan berakhir seperti apa. Saking generiknya film berdurasi 90 menit ini, saya bisa saja men-skip sebentar untuk masak mie rebus dulu dan kembali lagi menonton film ini tanpa khawatir akan ketinggalan banyak momen dan poin penting di dalamnya.

Ping Pong SummerTapi untuk semangatnya membawa kembali nuansa tahun 1985 dengan cukup otentik saya harus salut pada sang sineas. Apalagi dari segi visualnya pun yang seperti dibuat sengaja grainy gambarnya cukup memberikan aura nostalgia tersendiri bahwa film ini memang didedikasikan untuk para anak muda yang ingin tahu bagaimana rasanya bersenang-senang di tahun itu sambil memakai sneaker dan jaket parasut buatan Nike yang super keren.

Ping Pong SummerDari segi akting pun semua karakter yang ada di dalamnya berakting apa adanya, tidak ada yang terlalu menonjol yang membuat saya berpikir bahwa sebenarnya tidak ada satupun karakter memorable di dalam film ini. Sekalipun sekelas Susan Sarandon sebagai salah satu nama besar di film kecil ini, tetap saja kehadirannya terlihat biasa-biasa saja. Hanya ada beberapa momen yang bisa membuat saya tersenyum kecil, seperti tingkah laku Rad yang hobi menari break dance nanggung itu, sisanya sudah sangat predictable.

Ping Pong SummerWell, sebagai film selingan untuk mengisi waktu luang anda, Ping Pong Summer bolehlah menjadi tontonan santai, walau ping pong-nya sendiri menurut saya kurang sekali dieksposnya dan hanya sebagai aksesori semata saja di film yang sebenarnya lebih memperlihatkan lika liku kehidupan sosial yang awkward sang tokoh utama Rad Miracle. Tapi nuansa eightiesnya bolehlah diacungi jempol, production value-nya rapih dan fashionnya sangat ‘nendang’ walau bagi saya terkesan terlalu ‘rapih’ dan terlalu ‘bersih’, he-he. Well, want to get back in time to 80s? Just try this one, enjoy.

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s