The Bachelor Weekend/The Stag (2013/Ireland)


The Bachelor WeekendZerosumo.net – Anda mencari tontonan komedi yang bisa mengocok perut? The Bachelor Weekend adalah jawabannya. Setidaknya sebelum tahun 2014 berakhir saya sudah bisa tertawa puas menonton film komedi low budget dari Irlandia yang super kocak ini. Ya, lupakan komedi generik ala negeri paman sam, mulailah mencari sumber tawa lain di tanah Inggris, kalau belum puas, negara kelahiran pesepak bola Roy Keane ini adalah alternatif lain sumber tawa yang dijamin akan membuat anda tertawa dan menangis dalam waktu berdekatan.

The Bachelor Weekend yang berjudul asli The Stag ini sebenarnya merupakan film komedi yang menggunakan resep ala The Hangover. Dari judulnya saja anda sudah bisa menebak bukan bahwa kejadian konyol akan banyak terjadi di saat pesta bujang sang pengantin pria yang sebenarnya sama sekali tidak mirip pesta bujang manapun. Film berdurasi 90 menit ini adalah buah karya debutan John Butler yang lebih sering menangani film-film televisi. Maka tidak aneh jika visualnya pun sangat minimalis dan rada sinetron-ish, tapi jangan salah, naskah cerita yang ditulis oleh John Butler serta Peter McDonald yang ambil peran di film ini berhasil mengocok perut saya dan mengembalikan rasa rindu saya pada komedi-komedi British yang unik.

Alkisah seorang pria bernama Fionnan (Hugh O’Conor) akan melangsungkan pernikahannya sebentar lagi, tapi sang calon istri, Ruth (Amy Huberman) merasa khawatir melihat tingkah Fionnan yang terlalu jauh mengurus tetek bengek pernikahan yang sebenarnya bukan urusan Fionnan. Maka Ruth meminta bantuan sahabat Fionnan yang bernama Davin (Andrew Scott) untuk mengajak Fionnan ‘berlibur’ agar bisa melupakan masalah pernikahan sesaat. Davin pun turut mengajak para sahabat karib Fionnan, dari mulai Simon (Brian Gleeson) sampai Little Kevin (Michael Legge) dan pasangan gay-nya, Big Kevin (Andrew Bennett). Tapi petaka datang ketika saudara kandung Ruth yang mempunyai julukan The Machine (Peter McDonald) (terkenal karena perilaku urakannya) turut serta ke acara liburan Fionnan dkk.

The Bachelor WeekendDengan premis sederhana, The Bachelor Weekend sukses membuktikan bahwa film komedi yang ditulis dari hati tidak harus selalu nyeleneh, vulgar apalagi brutal. Menyatukan enam orang dewasa untuk bertindak tolol selama perjalanan mereka mengarungi alam liar bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi John Butler sebagai orang yang bertanggung jawab dibalik kursi sutradara berhasil membungkus petualangan gila enam orang dewasa ini menjadi sebuah perjalanan penuh canda tapi tanpa melupakan nilai-nilai positif tentang pentingnya pertemanan dan keluarga dalam hidup.

The Bachelor WeekendItulah yang membuat The Bachelor Weekend spesial, tidak hanya tawa yang menjadi jualan utama film ini, tapi pesan moral yang menyentuh juga tidak ketinggalan diselipkan diantara referensi-referensi komedi konyol tentang betapa pentingnya U2 dan Bono dalam kehidupan The Machine dan juga ejekan-ejekan ala programmer yang entah kenapa selalu tepat sasaran. Ya, The Machine yang diperankan oleh Peter McDonald memang membuat The Bachelor Weekend menjadi makin gila, tapi penampilan apik juga ditunjukan oleh Andrew Scott yang mungkin wajahnya sangat familiar bagi anda yang menggemari serial Sherlock di BBC.

The Bachelor WeekendKehadiran Andrew Scott menjadi ‘hati’ dari film yang tidak sedikit memperlihatkan kekonyolan dan nudity yang dilakukan segerombolan pria normal dan gay ini. Keseimbangan antara drama dan komedi menjadi senjata ampuh yang dijamin bisa membuat anda terharu ketika lagu One milik U2 berkumandang di akhir film walau dinyanyikan oleh Peter McDonald yang luar biasa tidak mungkin sebagus itu suaranya, ha-ha. Sekali lagi, The Bachelor Weekend adalah sajian sempurna bagi anda yang merindukan komedi seru ala orang-orang di dekat Inggris raya sana, seperti Irlandia contohnya. Ceritanya solid, leluconnya tepat sasaran, bromance antar karakternya sangat terasa dan jajaran cast-nya menyuguhkan penampilan terbaiknya. Tunggu apalagi, film komedi underrated yang wajib anda lirik. Enjoy The Stag!

Rating: 4/5

NB: Salah satu adegan klasik super tolol di The Bachelor Weekend.

2 thoughts on “The Bachelor Weekend/The Stag (2013/Ireland)

  1. Pingback: The Bachelor Weekend/The Stag (2013/Ireland) | Tinseltown Times

  2. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s