Guardians of the Galaxy (2014/US)


Guardians of the GalaxyZerosumo.netGuardians of the Galaxy merupakan senjata teranyar Marvel Studios untuk mengekspansi kejayaan comic book movie-nya di tahun ini sekaligus film terakhir yang baru saja saya tonton midnight kemarin di bioskop. Tergolong terlambat memang untuk jadwal rilisnya di Indonesia, tapi penantian itu berbuah manis juga. Secara keseluruhan, Guardians of the Galaxy merupakan salah satu film superhero terbaik dan terseru tahun ini. Kalau boleh berpendapat, film yang karakternya sama sekali saya tidak tahu menahu ini layak bersanding dengan X-Men: Days of Future Past sebagai salah satu film superhero terbaik tahun 2014.

Dengan pengetahuan yang nihil soal para jagoan di Guardians of the Galaxy, film ini dimulai dengan cerita tentang seorang bocah bumi yang diculik oleh kapal alien tahun 1988 silam. Berpuluh tahun berselang, sang bocah bernama Peter Quill (Chris Pratt) itu menjelma menjadi seorang pencuri intergalaktik dibawah didikan Yondu (Michael Rooker), kaum ravager yang dulu menculiknya. Sampai suatu saat, secara tak sengaja Peter alias Star-Lord mencuri sebuah batu misterius yang ternyata sedang dicari oleh Ronan The Accuser (Lee Pace) dan juga Thanos (Josh Brolin).

Thanos yang muncul di post closing credit scene The Avengers itu? Anda benar! Selamat datang di Marvel Cinematic Universe! Tapi lupakan dulu Thanos sejenak, karena di Guardians of the Galaxy, Peter tanpa sengaja malah berpartner dengan Rocket (Bradley Cooper), Groot (Vin Diesel), Drax The Destroyer (Dave Bautista) dan Gamora (Zoe Saldana) untuk menjauhkan batu misterius itu dari tangan Ronan The Accuser maupun Thanos. Apakah mereka akan bertemu dengan Iron Man dkk? Nanti dulu, karena film berdurasi kurang lebih dua jam ini memang mengenalkan dunia baru para jagoan Marvel yang jauh dari dunianya Tony Stark dkk tapi masih tetap satu universe.

Guardians of the GalaxySebelumnya ada yang bilang bahwa Guardians of the Galaxy adalah Star Wars-nya Marvel Studios, hal tersebut sah-sah saja, karena Marvel berani mengambil langkah besar untuk membuat film dari jagoan di komik yang kurang familiar di para penggemarnya bahkan orang awam sekalipun. Tapi langkah yang mereka lakukan dapat dikatakan sukses apalagi setelah menunjuk James Gunn, sang sutradara ‘indie’ untuk menangani film berbujet ratusan juta dollar ini. Sentuhan humor, aksi dan dramanya menyatu dengan sempurna tanpa melupakan pengembangan karakter tiap jagoannya yang berimbang. Bahkan Groot yang secara literal hanya bisa ngomong “I am Groot” pun punya momen memorable tersendiri di film ini.

Guardians of the GalaxyKalau melihat lebih jauh, plot cerita Guardians of the Galaxy ini pun hampir mirip dengan Star Trek-nya J.J. Abrams beberapa tahun silam. Ada seorang jagoan dari planet bumi yang tingkahnya urakan, tapi akhirnya harus memimpin sekelompok grup untuk menyelamatkan tempat tinggalnya dari kehancuran, dan si jagoan tersebut sempat-sempatnya flirting dengan wanita alien, bahkan Zoe Saldana pun turut ambil peran di Star Trek dan Guardians of the Galaxy! Lucu, bukan?

Guardians of the GalaxyApapun kebetulan tersebut, yang jelas Guardians of the Galaxy merupakan salah satu film yang sangat menghibur tahun ini. Ciri khas Marvel dalam menyuguhkan film superhero yang ringan dan penuh humor terasa sekali lewat Guardians of the Galaxy, apalagi ditambah dengan ke-niche-an soundtrack tahun 80-an yang dipilih oleh James Gunn berhasil menambah suasana asyik ketika saya menonton film ini di dalam ruang bioskop yang dilengkapi dengan sound system yang mumpuni. Kapan lagi coba bisa mendengar lagu-lagu pop jadul dengan setting suara surround sound yang nendang? Ha-ha.

Guardians of the GalaxyWalau sangat minim benang merahnya dengan film-film Marvel terdahulu (kecuali Thanos, The Collector, Chitauri, Dark Elf, The Infinity Stones dll) Guardians of the Galaxy sanggup menghadirkan petualangan baru para jagoan baru kepada penonton awam seperti saya tanpa membuat bingung sama sekali. So, mau anda penggemar Marvel atau bukan sekalipun, saya pikir film Guardians of the Galaxy akan memuaskan dahaga anda yang suka dengan film-film petualangan aksi berbau sci-fi plus kental sekali unsur pop culture yang jadi referensi filmnya. Sit back and enjoy the adventure of Star-Lord and his comrades, and don’t forget to watch two post closing credit scene after the movie is over. And yes, Guardians of the Galaxy will return. Enjoy!

Rating: 4/5

Soundtrack film ini memang soundtrack ter-catchy dari semua film Marvel mungkin. Buktikan saja sendiri DISINI.

Kangen dengan adegan Baby Groot yang berdansa?

Seperti biasa, film-film Marvel menyimpan banyak easter egg, tidak terkecuali Guardians of the Galaxy, mau tahu apa saja easter egg yang ada di film ini?

3 thoughts on “Guardians of the Galaxy (2014/US)

  1. Pingback: Jadwal Rilis Film-Film Marvel Phase 3 Terkuak! | zerosumo

  2. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

  3. Pingback: Jupiter Ascending (2015/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s