The Expendables 3 (2014/US)


The Expendables 3Zerosumo.net The Expendables 3 a.k.a “Sylvester Stallone without goatee” ini merupakan film Expendables teranyar yang saya tonton kemarinan. Masih menggunakan formula klasik ala Sly yang mempersatukan para bad-ass tahun 80-an untuk menghajar penjahat yang juga bad-ass tahun 80-an. Tapi percaya atau tidak, installment ketiga ini disutradarai oleh Patrick Hughes, yang saya kenal lewat karya film pendeknya yang super romantis dan sempat menjadi pembicaraan para kaum hipster belakangan ini, yaitu Signs.

Cerita film The Expendables 3 ini tidak jauh-jauh dari The Expendables 2 dan The Expendables pertama, masih tentang misi Barney (Sylvester Stallone) dan kawan-kawan yang sedang memburu orang jahat. Tapi masalahnya orang jahat yang sedang diburu Barney sekarang adalah Conrad Stonebanks (Mel Gibson) yang tak lain dan tak bukan adalah kawan Barney ketika generasi pertama The Expendables terbentuk. Maka kisah ‘manhunt’ Barney dkk pun berubah menjadi makin personal apalagi ketika Stonebanks bisa mencederai Caesar (Terry Crews) dengan mudahnya.

Di film ketiga ini Barney mendapat bala bantuan dari generasi tua-tua keladi sampai generasi muda fresh from the oven! Dari generasi tua ada perwakilan wajah baru yang diplot untuk bertingkah seperti orang gila betulan dan orang gila karena keadaan. Ada Wesley Snipes yang ceritanya hampir gila karena dipenjara selama delapan tahun, kemudian ada Antonio Banderas yang ceritanya jago parkour dan tidak bisa berhenti bicara selama menjalankan misi dan juga Harrison Ford yang diplot menggantikan posisi karakter yang dimainkan Bruce Willis di dua film sebelumnya.

The Expendables 3Sementara dari generasi muda ada empat wajah baru yang tidak langsung mati on-screen seperti karakter yang diperankan Liam Hemsworth di The Expendables 2. Ada Glenn Powell, Victor Ortiz, Kellan Lutz dan Rounda Rousey beraksi bahu membahu bersama para kakek-kakek brutal sampai akhir film. Jadi kalau ditotal hampir 10 orang jagoan menggila di film ketiga ini, bahkan Jet Li pun sempat meramaikan suasana walau hanya tampil sekitar lima menit dan juga the king of one liner Arnold Schwarzenegger yang mengulang dialog saktinya di film Commando dan Predator terdahulu, get to the chopper!

The Expendables 3 The Expendables 3 The Expendables 3 The Expendables 3 The Expendables 3So, apakah The Expendables 3 ini menyenangkan? Tentu saja! Walau film ketiga ini mempunyai durasi lebih panjang dari dua film terdahulu, tapi panjangnya durasi cukup beralasan walau memang klise sekali. but heck! The Expendables 3 tetap membuktikan bahwa Sly tidak akan berhenti di installment ketiganya saja, apalagi dengan plot yang menyatukan generasi muda dan tua, siapa tau jika ada sekuelnya nanti plot ceritanya bakal lebih berwarna dan berimbang antar para karakternya.

The Expendables 3 The Expendables 3 The Expendables 3 The Expendables 3Lagipula, The Expendables 3 bagi saya pribadi lebih memperlihatkan bagaimana Patrick Hughes—yang akan menjadi sutradara The Raid remake nanti—menyatukan semangat dua film terdahulunya ke film ketiga ini. Aksi, humor serta ciri khas action 80-an dibuat cukup nge-blend, apalagi dengan adanya dua karakter jagoan baru seperti Doc dan Galgo terutama yang membuat saya tertawa terus sepanjang film ini berjalan. Ya, kombinasi Wesley Snipes gila dan Antonio Banderas sinting tidak akan pernah anda bisa saksikan lagi di film action manapun, apalagi ketika mereka harus menghadapi penjahat yang diperankan Mel Gibson, ikon film action yang memang katanya banyak punya masalah di kehidupan nyatanya. Bahkan sebenarnya kalau jadi, Mel Gibson itu tadinya ingin diplot jadi sutradara film The Expendables 3, kurang epik apalagi coba?

The Expendables 3Akhir kata, bagi anda yang ingin mencari kesenangan dalam menonton film aksi, The Expendables 3 masih menjadi obat yang manjur, apalagi kalau anda tidak berekspektasi muluk-muluk bak para kritikus dan para meta reviewer yang terlalu serius diluaran sana. Anda ke bioskop dan melihat poster The Expendables 3 yang memperlihatkan para jagoannya berbaris sambil berpose ketawa itu sudah menjadi tanda kalau anda akan menonton sebuah film aksi yang bisa membuat anda tertawa juga. Why so serious guys? Just fuckin sit back, relax and have a nice day with The Expendables!

Rating: 3.5/5

NB: Penasaran dengan film pendek Patrick Hughes yang super romantis itu? Selamat menonton!

One thought on “The Expendables 3 (2014/US)

  1. Pingback: Homefront (2013/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s