The Strange Little Cat (2013/Germany)


Das merkwürdige KätzchenZerosumo.net – Menginjak hari terakhir German Cinema Film Festival, saya menonton tiga film berbeda yang mempunyai daya tariknya sendiri. Film pertama yang saya tonton berjudul Das merkwürdige Kätzchen atau dalam bahasa Inggrisnya adalah The Strange Little Cat. Film ini merupakan karya eksperimental yang naskahnya ditulis dan disutradarai oleh Ramon Zürcher. Seaneh judulnya, bagi anda yang tidak terbiasa dengan film-film arthouse Eropa yang ‘unik’ jangan harap bisa menikmati The Strange Little Cat ini, tapi bagi saya pribadi, film ini memberikan pengalaman sinematik yang tak terlupakan selama saya mengikuti perhelatan German Cinema Film Festival 2014.

The Strange Little Cat sendiri tidak menceritakan tentang kucing yang berkelakuan aneh, tapi menceritakan tentang aktivitas sebuah keluarga kecil di akhir pekan yang mempunyai rencana kumpul bersama sanak saudara di malam harinya. Menariknya film ini disajikan dengan tidak memakai pakem standar orang membuat film pada umumnya, tidak ada pakem ‘tiga babak’ di film berdurasi 72 menit ini, semua yang saya saksikan di layar bioskop benar-benar murni menceritakan aktivitas normal sebuah keluarga pada umumnya yang tidak ada klimaksnya sama sekali, semua berjalan layaknya kehidupan nyata, atau dengan kata lain film ini mengadopsi gaya ‘slice of life’.

Das merkwürdige KätzchenTapi Ramon Zürcher tahu bahwa kejadian sehari-hari bisa menjadi sebuah tontonan menarik lewat penyampaiannya yang minimalis dan banyak menggunakan angle statis untuk memperkuat penokohan para karakter-karakternya yang mempunyai ciri khasnya tersendiri. Dengan kata lain, saya sebagai penonton seperti diajak menjadi orang yang bertamu ke kediaman keluarga kecil berjumlah lima orang tersebut, ditambah dua saudara yang masing-masing membawa satu anaknya plus satu nenek mereka dan anak tetangga serta kucing dan anjing yang dipelihara keluarga kecil tersebut.

Das merkwürdige KätzchenTidak heran The Strange Little Cat menjadi sebuah pengalaman sinematik tak terlupakan di German Cinema Film Festival kemarin. Bagi saya pribadi, jarang-jarang lho bisa menonton film ‘unik’ tentang sebuah keluarga yang sedang beraktivitas seperti keluarga di kehidupan nyata pada umumnya. Film ini makin menarik karena saya merasa semua karakter yang berperan di dalamnya seperti ‘keluarga’ sungguhan, chemistry antar karakternya sangat terasa dan berjalan mengalir sehingga tidak sedikit tingkah pola laku mereka kadang membuat saya tersenyum sampai tertawa lebar walau pada akhirnya selalu ada karakter yang menonjol sedari awal seperti sang ibu yang diperankan dengan sangat apik oleh Jenny Schily. Entah kenapa, melihat ekspresi si ibu dari pagi sampai malam membuat saya seperti ingin menyapanya jika karakter si ibu memang eksis di kehidupan nyata.

Das merkwürdige KätzchenFilm debutan Ramon Zürcher ini membuktikan bahwa sinema Jerman benar-benar menyimpan banyak kejutan dan tidak selamanya film-film eksperimental itu harus selalu menyimpan pesan tersirat lewat simbolisasi-simbolisasi di dalamnya. Lewat The Strange Little Cat, Ramon Zürcher juga membuktikan konsep minimalis dengan setting tempat yang tidak banyak dan tata cahaya serta visualisasi yang sempurna bisa membuat film ini bercerita dengan sendirinya. Salah satu film terbaik di German Cinema Film Festival 2014. Sehr gut!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “The Strange Little Cat (2013/Germany)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s