The Class of 92 (2013/UK)


The Class of 92Zerosumo.net – Sampai detik terakhir tulisan ini dibuat, Manchester United sudah mendatangkan Falcao, Blind dan Di Maria ke Old Trafford. Reaksi cepat dari serentetan pertandingan pembuka Premier League musim ini yang tidak berbuah manis, apalagi setelah Louis van Gaal, sang arsitek dibalik ketajaman Belanda di Piala Dunia kemarin ternyata belum cukup menunjukan sihirnya untuk mengangkat Manchester United dari keterpurukan awal musim 2014/2015.

Kalau bicara lebih jauh soal Manchester United musim ini biarkan waktu saja yang menjawab, karena saya sendiri beberapa tahun belakangan ini lebih suka mendukung tim tetangga yang sering dijuluki The Noisy Neighbours daripada The Red Devils. Tapi tidak ada salahnya bukan kalau sekarang saya membahas sedikit tentang film dokumenter terbaru soal para mantan pemain Manchester United yang berjudul The Class of 92?

Seperti judulnya, The Class of 92 menceritakan tentang enam orang pemain Manchester United yang sudah pernah menorehkan sejarah hebat bagi klub yang mempunyai fan base terbesar di muka bumi ini. Kalau anda penggemar sejati The Red Devils pasti tahu kan siapa saja enam orang tersebut? Ada Nicky Butt, Ryan Giggs, Phil dan Gary Neville, Paul Scholes dan tentunya sang maestro dan selebriti dunia olah raga masa kini, David Beckham.

The Class of 92The Class of 92 menceritakan bagaimana momen bersejarah yang terjadi di tahun 1999 dari sudut pandang keenam sahabat yang sudah bermain bola semenjak mereka masuk tim remaja Manchester United di tahun 1992. Pada saat Manchester United meraih gelar treble yang membuat nama klub ini makin bersinar seantero jagat, mereka berenam baru saja berusia sekitar 24-25 tahun dan sudah ikut andil dalam memberikan gelar Piala Liga, Piala FA dan Piala Champions sekaligus saat itu.

The Class of 92Manchester United adalah sedikit dari klub bola di muka bumi ini yang mempunyai sejarah gemilang diluar pencapaian-pencapaiannya yang luar biasa. Lewat Nicky Butt, Ryan Giggs, Phil dan Gary Neville, Paul Scholes serta David Beckham, kita akan disuguhi cerita-cerita unik tentang bagaimana mereka bertransformasi dari seorang remaja menjadi seorang pemain bola profesional yang diantaranya bahkan terus bermain di Manchester United setidaknya sampai musim kemarin (baca: Ryan Giggs).

The Class of 92Selain keenam ex pemain Manchester United yang berceloteh, kita juga akan mendengar langsung apa kata para ‘legenda’ soal keenam pemain muda yang mengubah dunia pada saat itu. Kita akan mendengar apa kata sang maestro Zinédine Zidane, sang ex perdana menteri Inggris Tony Blair, sang sutradara jenius Danny Boyle, dan tentunya sang legenda Manchester United itu sendiri, Eric “The King” Cantona as the poetic French man.

The Class of 92Film dokumenter garapan Benjamin dan Gabe Turner ini memang lebih menyorot secara personal pandangan keenam ex pemain Manchester United yang sudah mengubah wajah persepakbolaan saat itu, sekaligus menunjukan betapa hebatnya sistem pembinaan pemain muda Manchester United pada era keemasannya yang mungkin banyak yang terkikis nilai-nilainya saat ini. Tapi diluar itu saya justru terhibur dengan bagaimana para legenda hidup ini saling berinteraksi dan saling memberikan opininya masing-masing tentang para rekannya yang sudah tumbuh besar bersama di lapangan sepakbola itu.

Lewat The Class of 92 saya seperti sedang ikut reuni kecil keenam legenda hidup ini dan asyik mendengarkan mereka ngobrol berceloteh tentang siapa yang paling hebat, siapa yang paling jail dan siapa yang paling berwibawa dan seterusnya selama mereka bersama. Tapi yang terpenting dari itu, mereka semua tidak pernah berubah, apalagi David Beckham yang sudah menyandang status selebriti-sepanjang-masa-yang-tidak-mungkin-orang-tidak-kenal-dia (segmen Tony Blair menjelaskannya dengan cukup jenaka) semua tetap kembali seperti dulu kalau sudah membicarakan sepakbola.

The Class of 92Banyak momen lucu dan kejadian-kejadian menarik yang diceritakan keenam orang ini, dan kejadian-kejadian tersebut benar-benar menjadi cerita keren dan cukup inspiratif yang mungkin harus dicontoh oleh para pemain muda saat ini. Lupakan sejenak soal ‘panic buying’ yang dilakukan Manchester United semalam, setidaknya dengan The Class of 92, para penggemar maupun non penggemar Manchester United bisa sedikit bernostalgia dengan masa-masa kejayaan klub ini selama hampir dua dekade yang lalu. A must see documentary about inspirational and legendary stories about six men who grown up together and be a kings in 98/99. Epic!

Rating: 4/5

2 thoughts on “The Class of 92 (2013/UK)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s