Roaring Currents (2014/South Korea)


Zerosumo.net – Roaring Currents mencetak sejarah. Setelah menendang Avatar (2009) sebagai film terlaris di negeri Korama, film yang mengisahkan pertarungan angkatan laut Korea dan Jepang di abad 16 ini menjadi film terlaris sepanjang sejarah dengan 16 juta penonton dan torehan pemasukan US$100 juta.

Roaring Currents

Roaring Currents

Choi Min-sik menjadi laksamana Yi Sun-shin. Yi awalnya disiksa dan dibuang dinasti Joseon sebab dikira mata-mata Jepang. Namun karena perang menghancurkan angkatan laut Joseon, maka dia diampuni dan diminta untuk kembali menjadi laksamana. Memang ada konteks sejarah dalam hal ini dan bagi mereka yang tidak tahu sejarah Korea, akan bingung dengan elemen sejarah yang ada.

Yi dengan 12 kapal laut harus bersiap melawan invasi Jepang dengan 300-an kapal. Tak hanya keterbatasan kapal, dia harus menghadapi moral pasukannya yang merosot dan pengkhianatan. Namun Yi tidak hilang akal, dia mengetahui bahwa arus di selat yang akan dilewati armada Jepang sangat berbahaya. Akankah arus yang mengaum itu merubah kondisi perang?

Roaring CurrentsBagi penikmat aksi, film ini tidak mengecewakan sebab 60% dari film ini soal aksi dan kecerdikan strategi Yi menghadapi armada Jepang. Namun bagi yang terbiasa menonton film art maka film ini terasa terlalu cepat dalam pengenalan karakter. Hal ini wajar saja sebab ini memang bukan film festival yang menekankan pada karakter, melainkan menjual aksi. Aksi yang ada begitu epik dan menegangkan, dengan bumbu-bumbu kebetulan ala Hollywood yang lumrah.

Akting Choi Min-sik sangat membantu di sini. Sebagai Yi dia menunjukkan bahwa menjadi pemimpin harus memberi contoh, menginspirasi dan kalau bisa… Duluan membacok lawan.

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s