Chef (2014/US)


ChefZerosumo.net – Anda lapar? Sudah waktunya Anda menonton film terbaru arahan Jon Favreau yang berjudul Chef. Chef merupakan film teranyar dari sutradara yang sudah terbiasa menangani film-film keren berbujet keren, contoh paling gampang tentunya Iron Man dan Iron Man 2. Tapi lewat Chef, Jon Favreau seperti ‘terlahir’ kembali, sama halnya dengan karakter yang ia mainkan di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini. Seorang chef ternama di restoran terkenal yang ternyata menemukan kepuasan lebih dalam karirnya ketika ia memasak di pinggir jalan.

Cerita film Chef dimulai ketika Carl Casper (Jon Favreau), seorang chef ternama di restoran elit milik Riva (Dustin Hoffman) beringas karena masakannya dikritik habis-habisan oleh seorang kritikus makanan bernama Ramsey (Oliver Platt). Setelah melewati beberapa kesalahpahaman dalam merespon kritik Ramsey lewat social media, Carl Casper pun dipecat dari restoran milik Riva. Tapi tak lama setelah jobless, berkat dorongan sang mantan istri, Inez (Sofía Vergara) Carl Casper berusaha bangkit dengan cara mulai memasak jajanan sederhana di jalanan lewat food truck-nya. Dibantu rekan setianya, Martin (John Leguizamo) dan juga sang anak yang masih berusia 10 tahun, Percy (Emjay Anthony), Carl Casper justru menemukan jati dirinya sebagai chef sejati dan juga menemukan kembali kedekatan bersama anak dan mantan istrinya yang telah lama ia lupakan.

ChefSelain berbagai jenis hidangan lezat dan varian sandwich yang luar biasa nikmat, lewat Chef, kita juga akan disuguhi banyak pengalaman menarik dan menyentuh dari seorang Chef Carl Casper yang akhirnya menemukan tujuan hidup dalam perjalanannya dari seorang chef ternama sampai menjadi seorang juragan food truck yang menyediakan jajanan pinggir jalan yang nikmat. Kadang kala passion adalah pedang bermata dua untuk dijalani dalam hidup, setidaknya film yang juga melibatkan ‘Tony Stark’ dan ‘Black Widow’ ini mengajarkan untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar passion kita, karena yang namanya pekerjaan jika tidak diiringi dengan minat sangatlah tidak nyaman untuk dijalani.

ChefFilm ini seperti curhatan ‘halus’ seorang Jon Favreau yang lebih nyaman membuat film-film drama minimalis alias ‘feel good movie’ ini daripada film-film superhero keren berbujet fantastis. Seperti yang dialami oleh Carl Casper di Chef yang akhirnya menemukan jati diri ketika menjadi seorang juru masak di food truck miliknya, mungkinkah Jon Favreau juga menemukan kembali kepuasan batinnya ketika membuat film-film sederhana seperti ini? Entahlah, yang jelas Chef merupakan sebuah sajian hangat yang sangat pas untuk disantap kapanpun.

Komposisi drama dan humornya menyatu dengan sempurna, bahkan fenomena social media yang menjadi salah satu sorotan utama film ini pun ditampilkan dengan visual yang cukup jenaka dan makin melengkapi alur cerita dari perjalanan hidup Carl Casper dalam sedang merajut kembali kehidupan pribadi dan keluarganya. Intinya, Chef adalah sajian lengkap yang bisa memotivasi Anda untuk kembali mengejar apa yang sebenarnya selama ini Anda idam-idamkan. Well, what are you waiting for? Sit back, and enjoy the dish from Chef Carl Casper!

Rating: 3.5/5

3 thoughts on “Chef (2014/US)

  1. barusan nonton, menurut saya pesan moralnya, hati2 juga menjadi food blogger (“hahaha, blogger lah pokoknya”) dalam mengkritik hasil keahlian seseorang. Alasannya pengkritik tidak tahu proses jatuh bangunnya seseorang itu membangun passion keahliannya. Adegan epic saya di film itu ya itu pas Carl Casper marah-marah ke Riva…

    Like

    • Yoi, tapi yang namanya kritikus sih emang sah-sah aja ngeritik kalo argumennya kuat, tapi mungkin masih dalam batas wajar… Jadi udah siap komenin restorannya Chef Juna? Hahaha😛

      Like

  2. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s