A Million Ways to Die in the West (2014/US)


A Million Ways to Die in the WestZerosumo.net – Sebenarnya saya tidak mau memberi rating lebih dari dua setengah untuk film terbaru Seth MacFarlane yang berjudul A Million Ways to Die in the West ini. Karena kalau boleh jujur, film komedi terbaru dari komedian yang berhasil membuat boneka teddy bear menjadi ‘sesuatu’ yang hanya bisa ditonton oleh orang dewasa itu tidak begitu sefenomenal filmnya terdahulu. Tapi karena ada beberapa referensi yang cukup menggelitik saya, jadi saya akan sedikit berbelas kasihan untuk film komedi brutal yang satu ini.

Seperti judulnya, cerita film A Million Ways to Die in the West ini menceritakan seorang pria bernama Albert (Seth MacFarlane) yang sudah jenuh tinggal di jaman koboy karena yang ia lihat hanyalah kematian yang konyol. Apalagi setelah Albert diputuskan oleh sang pacar, Louise (Amanda Seyfried), dirinya makin nelangsa dan berusaha untuk pergi dari tempat terkutuk tersebut. Tak lama kemudian datang seorang wanita cantik bernama Anna (Charlize Theron) yang lumayan mengubah sedikit hidup Albert yang susah ‘move on’, hanya saja Albert tidak tahu bahwa Anna adalah istri dari seorang perampok terkenal dan penembak tercepat pada masanya, Clinch Leatherwood (Liam Neeson). Apakah kali ini giliran Albert yang akan menyaksikan kematian konyolnya sendiri?

A Million Ways to Die in the WestMungkin jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ‘iya’, karena lewat film ini saya sendiri seperti orang mati yang tak bersuara ketika menonton film koboy nyeleneh Seth MacFarlane. Sang kreator Family Guy itu memang sudah terkenal dengan lelucon-lelucon kasar, rasis dan vulgarnya, tapi menurut saya pribadi lelucon Seth MacFarlane di sebuah film itu ‘hit and miss’, kadang ada yang benar-benar lucu tapi kadang ada yang terlihat seperti sangat dipaksakan.

A Million Ways to Die in the WestSama halnya dengan A Million Ways to Die in the West, Seth MacFarlane trying to hard menjadi ‘Ted’ versi koboy yang bosan dengan ke-klisean hidup di jaman koboy dan berusaha untuk mengkritik semua hal yang selalu terjadi atau biasa terjadi di film-film koboy yang beberapa diantaranya cukup konyol tapi beberapa diantaranya juga membuat saya terdiam karena bingung letak lucunya dimana. Apalagi kalau anda yang tidak terbiasa dengan film-film komedi Seth MacFarlane, jangan sampai anda naik pitam mendengar lelucon-lelucon rasisnya yang menyerempet semua aspek kehidupan, karena memang begitulah amunisi lelucon versi Seth MacFarlane dalam film-filmnya.

A Million Ways to Die in the WestYa, susah untuk memberi rating lebih dari dua setengah terhadap film ini, tapi dikarenakan Seth MacFarlane cukup pintar dengan pilihan castnya, saya jadi berbelas kasih sedikit. Ada Neil Patrick Harris yang luar biasa menarik perhatian, karena pada dasarnya disini ia berperan sebagai Barney ala How I Met Your Mother tapi versi koboy. Kemudian banyak tribute semi-klasik yang cukup menggelitik saya seperti tribute untuk Back to the Future dan juga Django Unchained. Siapa coba yang tidak naik pitam melihat lelucon rasis tentang target menembak yang dinamai ‘runaway black slave’ di film ini? He-he.

A Million Ways to Die in the WestSelain itu, masih banyak cameo konyol lain yang cukup ‘menyelamatkan’ film ini dari rating dua setengah yang akan saya berikan. Kalau saja A Million Ways to Die in the West hanya mengandalkan lelucon Albert dalam menanggapi kehidupan jaman koboy yang sangat konyol, saya mungkin sudah tidak akan melanjutkan lagi menonton film berdurasi hampir dua jam ini. Bahkan durasi filmnya pun terlalu panjang menurut saya pribadi. Tapi ya sudahlah, diluar semua lelucon kasar, vulgar, brutal dan rasis yang terus bermunculan disini, A Million Ways to Die in the West masih tertolong karena saya suka Neil Patrick Harris dan tribute Back to the Future-nya yang membuat saya tersenyum lebar. Selebihnya, A Million Ways to Die in the West mungkin hanya film medioker seorang Seth MacFarlane, kita lihat saja apa dia bisa menebus kegaringannya di Ted 2 nanti? We’ll see.

Rating: 2.75/5

One thought on “A Million Ways to Die in the West (2014/US)

  1. Pingback: A Million Ways to Die in the West (2014/US) | Tinseltown Times

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s