A Walk Among the Tombstones (2014/US)


A Walk Among the TombstonesZerosumo.net – Liam Neeson. Mendengar namanya anda pasti akan langsung ingat dengan segudang film-film actionnya yang makin marak beberapa tahun belakangan ini. Setelah beberapa anggota keluarganya diculik sampai aksinya melawan para teroris di pesawat terbang, Liam Neeson hadir lagi sebagai jagoan tapi kali ini, aktor yang pernah masuk nominasi Best Actor di ajang penghargaan Oscar tahun 1993 tersebut menjadi jagoan yang lebih realistis. A Walk Among the Tombstones adalah judul film terbaru yang dibintangi Liam Neeson versi lebih realistis itu. Jauh dari embel-embel Luc Besson, A Walk Among the Tombstones ini diadaptasi dari novel crime karya Lawrence Block yang menceritakan tentang seorang detektif yang menyelidiki kasus penculikan yang berakhir tragis.

Cerita film A Walk Among the Tombstones dimulai ketika Matt Scudder (Liam Neeson), seorang polisi yang sudah menjadi seorang detektif swasta dimintai tolong oleh Kenny (Dan Stevens), seorang bandar narkoba yang baru saja kehilangan istrinya karena diculik oleh dua orang psikopat. Masalahnya adalah, walaupun Kenny sudah membayar tebusan, istrinya tetap dibunuh dengan cara dimutilasi. Oleh karena itu, Matt Scudder mulai menyelidiki kasus penculikan kejam ini sembari menjalani masa tuanya yang masih menyimpan masa lalu kelam. Selain itu, selama penyelidikan pun Matt Scudder mendapat bantuan intel dari seorang bocah pintar bernama TJ (Brian ‘Astro’ Bradley) yang membuat sisi lone ranger-nya agak ‘melunak’ sesaat. Hidup kalau sendiri itu susah, huh?

A Walk Among the TombstonesFilm garapan Scott Frank ini cukup menarik bagi saya, diantaranya adalah ia berhasil membuat imej Liam Neeson terlihat kembali tangguh lagi di A Walk Among the Tombstones. Okelah, saya juga suka dengan Taken, Taken 2, Unknown sampai Non-Stop, tapi imej Liam Neeson sebagai jagoan yang lebih realistis dan tidak terlalu heroik lebih mengena di A Walk Among the Tombstones. Walau dibuka dengan opening baku tembak hektik, tapi ternyata film berdurasi kurang lebih dua jam ini lebih bermain di sisi drama misteri daripada sekedar action instan semata. Lebih menyorot Matt Scudder dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang detektif daripada baku tembak di jalanan terbuka, kemudian tidak lupa sedikit sisi humanis lebih diperlihatkan lewat karakter TJ yang membuat film ini agak ada ‘drama’-nya sedikit.

A Walk Among the TombstonesA Walk Among the Tombstones mungkin tidak menyimpan misteri sebesar film-film penculikan lainnya, tapi yang jelas, film ini memperlihatkan evolusi seorang Liam Neeson yang menjadi daya jual utamanya. Karakter yang ia perankan—walau memang masih setipe dengan film-film actionnya belakangan ini—terlihat lebih realistis dan lebih membumi dan juga lebih pas saja menurut saya pribadi, pensiunan polisi yang bermasalah dengan alkohol dan menjadi seorang detektif swasta yang menyelidiki kasus penculikan yang menimpa bandar narkoba. Sebuah proses character building yang cukup menarik untuk ditonton, bukan?

A Walk Among the TombstonesA Walk Among the Tombstones, walau mempunyai pace yang lambat dan mungkin agak draggy di tengah-tengah, film ini tetap memberikan hiburan yang cukup oke kalau anda penggemar film-film crime yang berbalut misteri. Scoringnya saja sudah cukup misterius banget apalagi dengan settingnya yang sangat 90-an sekali dimana ada orang masih lebih sering mengucapkan Yahoo ketimbang Google. Ya, untuk memperingati film-film yang dibintangi Liam Neeson, saya rekomendasikan A Walk Among the Tombstones bagi anda yang setidaknya ingin cari pendekatan lain yang lebih segar untuk karakter jagoan yang selalu diperankan oleh aktor berdarah British tersebut. Lama-lama Liam Neeson bisa jadi ‘the new’ Jason Statham versi saya, ha-ha. Tidak masalah, selama ia selalu bermain film-film yang bisa menghibur, why not?

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “A Walk Among the Tombstones (2014/US)

  1. Pingback: The Equalizer (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: John Wick (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s