Biaya ke Planet Mars di India Lebih Murah dari Modal Film Gravity


Mangalyaan

Mangalyaan berangkat menuju Mars pada tanggal 5 November 2013

Zerosumo.net – Pasti anda masih ingat dengan film Gravity yang akhir tahun kemarin cukup membuat mulut saya menganga lebar tak karuan karena kagum dengan visual indah luar angkasa yang dipersembahkan oleh Alfonso Cuarón dkk. Membuat film Gravity menjadi sebuah pengalaman sinematik yang mungkin mendekati kenyataan dalam aspek suguhan environment luar angkasanya bukanlah perkara murah meriah. Tercatat Gravity dibuat dengan modal sekitar 100 juta dollar dan tentunya dibarengi keuntungan yang berlipat-lipat setelah filmnya rilis.

Tapi yang menarik adalah Selasa malam kemarin, India, negara yang terkenal dengan industri film Bollywood itu bisa membuat pesawat luar angkasanya mengorbit di planet Mars dengan modal hanya sekitar 75 juta dollar. Ya, pesawat luar angkasa yang bernama Mangalyaan yang dalam bahasa India-nya berarti “Kapal Mars” itu berhasil mengorbit di planet Mars, menyusul ‘Murica, Rusia dan Cina tentunya yang sudah mejeng duluan di orbit planet yang pernah jadi latar belakang film sci-fi Disney berjudul John Carter itu.

Jadi, kata siapa misi mengirim pesawat luar angkasa ke planet lain itu mahal? Setidaknya India membuktikan hal tersebut dan mencatatkan Mangalyaan sebagai misi luar angkasa tersukses dan termurah jika dibandingkan negara-negara lain yang sudah pernah kesana. Tapi yang membuat misi ini murah adalah India tidak menyertakan George Clooney dan Sandra Bullock di dalamnya mungkin, he-he. Mau tahu perbandingan seberapa murahnya misi luar angkasa India dibanding dengan negara lain dan juga film Gravity? Simak saja tabelnya dibawah ini.

Mangalyaan

Lebih murah mana?

2 thoughts on “Biaya ke Planet Mars di India Lebih Murah dari Modal Film Gravity

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s