The Equalizer (2014/US)


The EqualizerZerosumo.net – Welcome back Antoine Fuqua! Kalau bicara film aksi berkualitas dari Hollywood, sineas yang satu ini merupakan salah satu spesies langka. Bagaimana tidak, dengan film terbarunya yang berjudul The Equalizer, Antoine Fuqua menunjukan kembali skillnya dalam membuat film aksi eksplosif yang mungkin akan mengingatkan kita pada trilogi Jason Bourne yang epik itu. Membawa kembali aktor andalannya sejak Training Day—Denzel Washington, yang di masa tuanya malah bertransformasi menjadi bad-ass paling mengerikan bulan ini di bioskop-bioskop kesayangan anda.

Cerita film The Equalizer akan mengenalkan kita pada sosok pria pendiam, sopan dan baik hati yang bernama Robert McCall (Denzel Washington). Dibalik rutinitas monotonnya sebagai karyawan hypermarket, McCall menjalin pertemanan dengan gadis muda bernama Teri (Chloë Grace Moretz) yang mempunyai profesi sebagai wanita malam. Sayangnya, tanpa sengaja McCall melihat Teri berada dalam bahaya ketika sang germo yang merupakan anggota geng Rusia menyiksa gadis cantik itu tanpa ampun. Malang bagi sang germo, McCall yang mempunyai masa lalu misterius datang menghabisi semua kawanan geng tersebut sampai dirinya menjadi incaran Teddy (Marton Csokas), kaki tangan geng Rusia yang tak kenal ampun.

The EqualizerThe Equalizer ini memang mempunyai judul yang mirip dengan salah satu acara televisi jadul di ‘Murica, walau mempunyai judul sama, tapi jalan ceritanya agak berbeda dan memang bukan adaptasi langsung dari serial televisi tersebut. Yang keren adalah, walau memakai formula ‘jagoan-yang-sudah-pensiun-tapi-kembali-beraksi-lagi’ layaknya film-film Liam Neeson yang mungkin anda sudah bosan menontonnya, The Equalizer hadir dengan gaya Antoine Fuqua yang sangat eksplosif dan jor-jor-an kalau bicara film aksi. Sutradara yang menangani Olympus Has Fallen itu tetap memberikan suguhan aksi keras dan brutal yang membuat film-film serupa di ‘Murica sana tampak seperti film yang diberi rating PG-13.

The EqualizerMengawali cerita dengan cukup lambat, justru pace film ini disimpan sampai setidaknya pertengahan film. Setelah itu, intensitasnya makin memuncak dan makin asyik ketika karakter antagonis baru muncul, yaitu Teddy yang diperankan dengan sangat meyakinkan kejamnya oleh Marton Csokas. Aksinya menghajar bos geng Irlandia sampai tangannya berlumuran darah cukup membuat ‘WTF moment’ tersendiri bagi saya pribadi yang waktu itu menonton film ini dibalik selimut tipis bioskop velvet Blitzmegaplex Paris Van Java Bandung, ha-ha.

The EqualizerTapi percayalah, Denzel Washington tetap mempunyai kelas, hanya sedikit film-film yang membuat ia tampak se-bad-ass ini, salah satunya film Man on Fire yang rilis tahun 2004 silam. Lucunya, Man on Fire pun mempunyai premis yang kurang lebih mirip dengan The Equalizer, yaitu ketika seorang jagoan berusaha menyelamatkan seorang gadis yang diculik oleh sekelompok geng super keji. Walau mempunyai premis yang serupa tapi tak sama, saya tetap jamin The Equalizer bisa memberikan anda suguhan aksi yang memuaskan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Intinya, The Equalizer menjadi salah satu film aksi terbaik tahun ini yang datang dari ranah Hollywood. Antoine Fuqua menjalankan kewajibannya dengan sangat baik untuk mengeksekusi film aksi berkelas yang tidak hanya mengandalkan ledakan-ledakan dan baku tembak semata, sekaligus menunjukan bahwa karakter ‘old but deadly’ itu bukanlah milik Liam Neeson semata. Denzel is back and now with another killing spree. A must see!

Rating: 4/5

5 thoughts on “The Equalizer (2014/US)

  1. Pingback: John Wick (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: Blue Ruin (2013/US) | zerosumo

  3. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s