Begin Again (2013/US)


Begin AgainZerosumo.net – Kalau anda familiar dengan film berjudul Once, anda harus menonton film Begin Again. Selain disutradarai dan ditulis oleh orang yang telah membesut Once—yaitu John Carney, film ini juga dibintangi oleh Mark Ruffalo dan Keira Knightley yang kurang lebih ‘mewakili’ karakter Glen Hansard dan Marketa Irglova di film yang banyak dipuji kritikus tahun 2006 silam itu. Kenapa Begin Again sangat mirip dengan Once? Karena film yang ber-soundtrack super catchy ini mempunyai template yang mirip-mirip. Dimana ada dua orang berlatar belakang berbeda dan mempunyai masalah dalam hubungan asmara dipertemukan dan dipersatukan lagi oleh musik.

Begin AgainCerita film Begin Again dimulai ketika Dan (Mark Ruffalo) seorang pemilik label rekaman baru saja dipecat dari label rekamannya sendiri, hal tersebut makin melengkapi penderitaan hidup Dan yang sudah lama single paska cerai dengan istrinya (Catherine Keener). Di lain pihak, ada Gretta (Keira Knightley), seorang songwriter yang baru saja putus dari pacarnya yang juga seorang songwriter—yaitu Dave (Adam Levine). Akhirnya Dan tanpa sengaja bertemu Gretta dan ia melihat bahwa Gretta mempunyai potensi untuk menjadi seorang musisi wanita berkualitas, maka tidak ambil pusing Dan mengajak Gretta untuk merekam lagu-lagu ciptaannya dengan bujet seadanya di sekitaran New York. Proses rekaman pun berjalan seiring dengan proses pendewasaan pada masing-masing karakter yang telah belajar banyak dari masa lalu.

Begin AgainTidak bisa dipungkiri, Begin Again memang merupakan ‘Once’ versi Hollywood yang lebih ‘pop’ dan lebih berwarna. Dua karakter utamanya sama-sama mempunyai latar belakang ‘bad romance’ tapi mereka tak bisa bersatu, beruntung masih ada musik yang menyatukan hati mereka dalam membuat karya yang jujur. So, tidak aneh jika John Carney membuat Begin Again menjadi lebih ‘pop-ish’, menggaet vokalis Maroon 5 untuk menambah daya jual, dan juga beberapa musisi seperti Cee-Lo dan Mos Def yang makin meramaikan drama romantis musikal modern berdurasi kurang dari dua jam ini.

Begin AgainLagu-lagunya tentu menjadi jualan utama di film Begin Again. Beda dengan Once yang mayoritas menyuguhkan lagu-lagu romantis bernada mellow, Begin Again mempunyai amunisi lagu-lagu pop upbeat yang melengkapi perjalanan Dan dan Gretta menjadi lebih berwarna. Bahkan lagu “Lost Stars” yang menjadi single andalan film ini dinyanyikan tidak kalah enak oleh Keira Knightley daripada Adam Levine. Tapi yang menjadi lagu favorit saya tentunya lagu “Tell Me If You Wanna Go Home” yang berduet dengan Hailee Steinfeld a.k.a pemeran Violet. Sesi mereka jamming membawakan lagu ini di rooftop gedung yang menghadap ke gedung Empire State termasuk scene terbaik dan ter-emosional bagi saya. He-he.

Begin AgainSo, apakah Begin Again memuaskan saya layaknya film Once? Tentu saja, walau dengan tone yang lebih modern, lebih ramai, lebih berwarna, John Carney tetap memperlihatkan sentuhan magisnya dalam menulis dan mendirect sebuah cerita romantis yang mempunyai unsur musikal yang kuat dan menjadi jualan utama selain akting para aktor dan aktrisnya. Bagi anda yang suka sekali mendengarkan musik dan menonton film, Begin Again adalah sajian komplit yang saya jamin akan memuaskan dahaga anda, apalagi kalau sebelumnya anda sudah pernah menonton Once, film ini sudah sangat wajib hukumnya untuk ditonton. Enjoy!

Rating: 4/5

NB: If you want to singing along, please!

One thought on “Begin Again (2013/US)

  1. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s