Coherence (2013/US)


CoherenceZerosumo.netCoherence merupakan salah satu contoh kalau film sci-fi itu tidak harus selalu berbujet fantastis. Film garapan James Ward Byrkit ini memang mengusung semangat indie ala film-filmnya Shane Carruth yang pernah membuat orang pusing tujuh keliling dengan konsep time travel ngjelimetnya di Primer. Tapi tenang saja, Coherence tidak akan membuat dahi anda berkerut, film berdurasi kurang dari 90 menit ini justru bakal mengajak anda untuk masuk ke dalam ‘wahana bermain’ yang penuh dengan kemungkinan-kemungkinan alternate realities.

Awal mulanya Coherence akan mengajak kita untuk mengenal lebih dekat dengan delapan karakter utama (semuanya berpasangan) yang sedang mengadakan acara makan malam bersama. Tapi nampakanya acara makan malam mereka agak terganggu ketika listrik di rumah si yang punya acara tiba-tiba mati. Kemudian salah satu dari mereka mulai berceloteh bahwa kejadian mati listrik tersebut gara-gara ada komet yang melintasi bumi malam itu dan menyebabkan terjadinya anomali-anomali aneh. Tapi ternyata bukan mati listrik saja yang mereka alami, tapi juga kehadiran ‘tamu asing’ yang ternyata tamu tersebut adalah diri mereka sendiri dari alternate realities yang lain.

CoherenceCerita seperti inilah yang membuat saya terus terpaku di depan layar monitor, pada awalnya, film yang sangat low bujet ini (syuting hanya lima hari saja dengan bujet dibawah 50 ribu dollar) tampil cukup membingungkan, setidaknya itulah yang saya rasakan ketika menyaksikan camera movement-nya yang terasa sangat ‘kasar’ sekali. Tapi lambat laun saya mengerti, mungkin si filmmaker ingin membuat Coherence ini serealistis mungkin sehingga tone warna filmnya pun mendekati film-film dokumenter yang lebih memperlihatkan tone warna yang seadanya.

Kemudian percakapan antar delapan orang ini pun terasa seperti percakapan standar yang biasa terjadi kalau anda sedang reuni dengan teman-teman lama. Tapi disinilah istimewanya, anda tidak akan tahu apa yang terjadi sampai mereka melihat dirinya sendiri. Menariknya film ini adalah, di awal saya sebagai penonton menebak banyak kemungkinan apa yang sebenarnya terjadi, apakah mereka terjebak dalam ‘lorong waktu’ layaknya film Triangle atau mereka memang sedang mengalami yang namanya teori Schrodinger Cat yang membingungkan itu. Lalu perlahan-lahan sampai paruh akhir saya baru sadar bahwa mereka memang sedang menghadapi ‘jutaan’ kemungkinan alternate realities yang terjadi ketika si komet masih berada di atas bumi.

CoherenceIntinya, Coherence merupakan film yang harus anda tonton kalau anda suka sekali dengan teori-teori sci-fi ‘aneh’ ala film-film Donnie Darko, Triangle, Primer, Another Earth dan sebagainya. Dengan bujet terbatas dan teknis yang terbatas, James Ward Byrkit tetap bisa membungkus film panjang perdananya ini dengan baik. Saya menikmati menit demi menit film ini karena saya penasaran alternate realities apalagi yang harus dihadapi kedelapan sekawan ini? Ada berapa banyak diri mereka di malam itu? Dan apa saja kemungkinan yang terjadi jika mereka bertemu dengan diri mereka dari alternate realities yang lain? Sampai ditutup dengan endingnya yang membuat saya bertanya-tanya, apakah sebenarnya alternate realities itu eksis? Dan apakah kita bisa lompat dari satu realita ke realita lain? Perasaan saya seperti menonton finale season satunya Fringe, it’s all about the whole new universe, baby!

Sebagai film indie yang mungkin sebagian dialognya juga hasil improvisasi para aktor dan aktrisnya, Coherence merupakan sebuah film sci-fi yang cukup mumpuni dan cukup ‘berani’ dari James Ward Byrkit. Diluar kejanggalan-kejanggalan plotnya (tiba-tiba saja ada buku yang menjelaskan tentang alternate realities milik salah satu karakternya, what a damn coincidence!) Coherence tetap memberikan pengalaman baru dalam menonton film yang banyak ngobrol tapi tak membosankan karena di malam mereka mengobrol sedang terjadi anomali aneh di alam semesta, ha-ha. To good to be true, but if that’s true I bet you will panic to the death like them! Just watch this movie, enjoy!

Rating: 4/5

2 thoughts on “Coherence (2013/US)

  1. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

  2. iya serasa nonton film dokumenter, semacam paranormal activity juga kaya hampir sama kaya gini ngarahin kameranya.

    itu maksud endingnya gimana ya? mereka jadi ada banyak gitu kah? matematika banget kayaknya sih haha

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s