The Judge (2014/US)


The JudgeZerosumo.net – Mau melihat aksi Tony Stark tapi bukan sebagai Iron Man? Anda harus menonton film terbaru Robert Downey Jr. yang berjudul The Judge. Sayangnya, aktor yang kini sudah berusia hampir 50 tahun itu tetap sulit keluar dari ‘persona’ Tony Stark yang makin melejitkan karirnya beberapa tahun belakangan ini. Tapi dari segi cerita, suprisingly The Judge adalah salah satu film drama terbaik tahun ini menurut saya pribadi. Menceritakan tentang seorang pengacara beken yang sedang berusaha menyelesaikan kasus yang menimpa ayahnya sendiri. Intinya, film ini sangat recommended kalau anda suka dengan film-film drama yang bertema pengadilan dan hukum.

Hank Palmer (Robert Downey Jr.) adalah seorang pengacara tenar yang lumayan congkak, selalu merepresentasikan orang yang bersalah, tapi hal itu bukan masalah besar bagi dirinya. Tapi tiba-tiba datang kabar duka dari ibunya Hank yang baru saja meninggal. Hank pun memutuskan pulang ke kampung halamannya untuk melayat sang ibu dan melihat ayahnya, Joseph Palmer (Robert Duvall) yang masih setia menjadi hakim terhormat di kota kecilnya itu, tapi sayang hubungan Hank dan ayahnya bagaikan air dan minyak, susah akur. Hingga suatu saat, sang ayah menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan, Hank mau tak mau berusaha menyingkap kebenaran yang terjadi dalam kasus ayahnya sembari merajut kembali hubungan dengan keluarga dan kerabatnya yang sudah lama terbengkalai.

The JudgeSeperti yang saya bilang di awal, The Judge merupakan salah satu film drama terbaik tahun ini, tapi sebenarnya bisa berpotensi lebih baik lagi kalau misalkan karakter yang diperankan oleh Robert Downey Jr. bisa lebih ber-‘evolusi’ dari karakter yang biasa ia perankan. Karakter sombong, pintar, tampan, womanizer-nya itu sudah sangat klise sekali, tinggal tambahkan armor baja, jadilah Hank Palmer the next Iron Man, he-he. Tapi ya sudahlah, bukan berarti ke-monotonan karakter Robert Downey Jr. menjadi masalah besar di film yang digarap oleh David Dobkin ini. Justru, The Judge—dengan durasinya yang cukup panjang itu, tetap menjadi tontonan solid yang bisa mengoyak-ngoyak perasaan saya ketika menontonnya.

The JudgeMelihat hubungan tak harmonis antara ayah anak jadi mengingatkan saya pada suatu slogan “seburuk-buruknya orang tuamu, mereka tetaplah orang tuamu yang tahu betul apa yang terbaik buat anaknya”. Setidaknya itulah yang membuat mata saya berkaca-kaca ketika scene dimana Joseph Palmer memberikan kesaksian yang sebenarnya tentang kasus pembunuhan yang sedang ia hadapi dan hubungannya dengan sang anak, Hank Palmer. Siapkan tissue sebanyak-banyaknya kalau anda tidak berhati baja seperti Iron Man. Intinya, momen-momen yang bisa membuat anda menangis seperti anak kecil akan banyak ditemui, apalagi kalau anda relate dengan karakter Hank Palmer, anak kedua dari ketiga bersaudara yang sama sekali bukan anak paling favorit di keluarga, I feel you, bro.

The JudgeJadi, tanpa ekspektasi apapun, saya masuk bioskop dan menonton The Judge apa adanya, hasilnya? Sangat memuaskan! Film yang naskahnya ditulis oleh Nick Schenk dan Bill Dubuque ini mempunyai kontinuitas yang bagus di tiap scenenya, intensitas cerita yang menyorot ke hubungan personal antar Hank dan keluarganya, khususnya sang ayah, dibangun dengan sangat baik dari awal sampai endingnya yang sangat memilukan itu. Terima kasih juga nampaknya harus diberikan kepada Robert Duvall yang menjadi ‘penyeimbang’ peran Robert Downey Jr. sepanjang film ini berjalan. Karakter keras dan tegasnya sejalan dengan kondisi fisik yang ceritanya sudah mulai ringkih tapi tetap berusaha tegar di mata orang lain. Salut untuk pak hakim!

The JudgeAkhir kata, tunggu apalagi? The Judge merupakan film wajib bagi anda yang suka dengan film drama keluarga, apalagi kalau anda mempunyai latar belakang pendidikan hukum seperti dua tokoh utamanya di film yang diproduseri juga oleh Robert Downey Jr. ini. Saya jamin anda akan makin relate dengan karakter-karakter di dalamnya. Must see movie, indeed!

Rating: 4/5

One thought on “The Judge (2014/US)

  1. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s