John Wick (2014/US)


John WickZerosumo.netJohn Wick meramaikan bursa film para badass yang ‘comeback’ di tahun 2014 ini. Setelah kemarin saya dihibur oleh akting menawan Denzel Washington dalam membantai para mafia di The Equalizer, kali ini giliran Keanu Reeves yang unjuk gigi setelah terakhir nongol di 47 Ronin dan Man of Tai Chi. Tidak main-main rupanya, John Wick bisa jadi film action Hollywood terasyik tahun ini versi saya. Bayangkan saja film The Raid ala Gareth Evans tapi kali ini dengan niche Hollywood yang lebih banyak melibatkan pistol dan senjata kaliber berat. Itulah yang membuat John Wick sangat oke di mata saya, film action super tipikal dan super klise ala Hollywood tapi dieksekusi dengan sangat baik dan pas, hasilnya tentu saja sangat memuaskan.

John Wick (Keanu Reeves) adalah nama dari seorang pria yang sedang berkabung karena ditinggal mati sang istri, apalagi setelah pemakaman, almarhum istri meninggalkan seekor anjing lucu untuk menjadi teman pengganti bagi hidup John Wick yang sudah sebatang kara. Tapi sayangnya, hidup damai John Wick terusik oleh berandalan gangster Rusia yang mencuri mobil mustang kesayangannya dan membunuh anjing pemberian sang istri. Berandalan yang ternyata anak seorang bos gangster Rusia bernama Viggo (Michael Nyqvist) itu nampaknya tidak sadar bahwa mobil yang dicuri dan anjing yang dibunuh merupakan milik John Wick, seorang pembunuh bayaran terhebat yang sudah pensiun cukup lama dari dunia hitam. Tidak tunggu lama, John Wick pun kembali mengincar para berandalan tersebut dengan amunisi penuh.

John WickPercaya atau tidak, film ini disutradarai oleh David Leitch dan Chad Stahelski yang asalnya seorang artis stuntman, maka tidak heran koreografi pertarungan senjata api di film John Wick ini cukup sedap dipandang mata. Sebagai film debutan, David Leitch dan Chad Stahelski mengerjakan tugasnya dengan sangat baik mentransformasi seorang Keanu Reeves yang sudah berumur 50 tahun menjadi lebih badass dari Liam Neeson sekalipun. Lewat film berdurasi 90 menitan ini juga, sang scriptwriter, Derek Kolstad mengeskplor lebih dalam latar belakang dan dunia hitam para kriminal yang mempunyai profesi seperti John Wick.

John WickSaya takjub dengan detail-detail seperti koin emas yang menjadi alat transaksi John Wick dalam melakukan tugasnya membantai orang, kemudian jasa cleaning service mayat, hotel The Continental dan klub dibawahnya tempat bernaung para contract killer dan juga The Code yang menjadi kode etik para pembunuh bayaran serta teman-teman seprofesi John Wick yang tidak kalah menarik. Intinya, paruh pertama film ini seperti memperlihatkan dunia yang normal bagi para penonton tapi dari tengah sampai akhir kita dibawa masuk ke dunia yang sangat berbeda dari yang namanya normal, dunia penuh kekerasan dengan aturan mainnya sendiri, brilian!

John WickSelain itu jangan lupakan tone warna film ini yang diawalai dengan sangat hangat, dingin sampai akhirnya kelam. Transisi tone warna tiap scenenya mulus, menyatu cukup sempurna dengan aksi-aksi berdarah dan ratusan shootout yang dilakukan oleh John Wick. Sekali lagi saya katakan, bayangkan The Raid tapi kali ini bukan dengan tangan kosong ataupun senjata tajam, tapi senjata api dari yang kecil sampai besar. Keanu Reeves melakukan tindakan tepat untuk bermain di film yang juga dibintangi oleh Willem Dafoe ini, mengukuhkan bahwa masa keemasannya belum berakhir dan ia masih layak braksi layaknya Neo di The Matrix tapi kali ini dengan rambut gondrong dan janggut semi tebalnya itu. Sudah mulai penasaran? Tunggu apalagi? Kalau anda pecinta film aksi, haram hukumnya melewatkan film ini, because John Wick is wicked sick!

Rating: 5/5

7 thoughts on “John Wick (2014/US)

  1. Pingback: Blue Ruin (2013/US) | zerosumo

  2. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

  3. Pingback: Wild Card (2015/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s