Fury (2014/US)


FuryZerosumo.net – Sebenarnya yang membuat Fury menarik bagi saya adalah perang dari dalam tank-nya itu. Fury memang film yang menceritakan tentang getirnya Perang Dunia II. Sudah banyak film serupa yang tidak kalah seru dengan Fury, dan tentunya dengan template storyline dan karakter yang mirip-mirip, tapi yang membuat Fury menarik adalah “ternyata begini lho perang dengan tank itu, ribet dan tidak semudah yang orang kira”. Setidaknya mungkin itu yang dirasakan para pasukan tank jaman Perang Dunia II dulu.

Fury memperkenalkan kita pada Wardaddy (Brad Pitt), Bible (Shia LaBeouf), Gordo (Michael Peña) dan Coon-Ass (Jon Bernthal) yang sudah di puncak ‘kegilaan’ Perang Dunia II ketika mereka adalah satu-satunya pasukan tank yang berhasil selamat dari misi terakhir di Jerman. Misi baru pun menanti, Wardaddy harus terus masuk ke jantung pertahanan musuh dengan sisa pasukan tank Sherman milik Amerika lainnya, tapi kali ini Wardaddy kedatangan kru tank baru bernama Norman (Logan Lerman) yang masih muda dan tidak tahu menahu pahitnya perang diluar sana. bersama Wardaddy dkk, Norman belajar banyak bahwa perang bukanlah hanya sekedar membunuh lawan tapi bagaimana caranya ‘selamat’ dari diri sendiri.

FuryDengan porsi berimbang antara drama dan aksi perangnya yang dibangun dengan cukup oke dari awal, Fury bagi saya pribadi merupakan film Perang Dunia II yang cukup menghibur dan cukup ‘menyiksa’. Bukan hanya adu kehebatan teknologi tank Amerika dan Jerman saja yang diperlihatkan, tapi juga perkembangan psikologis dari tiap karakternya, khususnya Norman yang diperankan dengan sangat apik oleh Logan Lerman. Sebagai seorang juru ketik yang tiba-tiba jadi kru pasukan tank, aktor yang pernah beraksi jadi anak Nabi Nuh di Noah itu cukup memperlihatkan kapasitas aktingnya yang semakin dewasa.

FuryJajaran castnya yang terdiri dari aktor-aktor ternama di Hollywood tidak membuat porsi mereka semua jadi timpang, walau memang perhatian utama ada di Brad Pitt, tapi semua karakter utama kebagian momennya sendiri dengan cukup merata di tiap scenenya. Apalagi Logan Lerman yang mungkin jadi pusat perhatian kedua setelah suami Angelina Jolie itu, aksinya dari pria alim sampai tak mengenal ampun untuk membantai para pasukan SS diperlihatkan dengan cukup mulus dari awal.

FurySelain itu, production value dari film berdurasi dua jam lebih ini sangat oke sekali. David Ayer selaku sutradara tidak sungkan-sungkan memakai satu-satunya tank Tiger di dunia yang masih berfungsi untuk beraksi di film ini. Bukan hanya tank Tiger saja, tapi juga tank Sherman sampai baju para tentaranya pun merupakan baju asli yang dikumpulkan dari semua museum Perang Dunia II yang ada di permukaan bumi ini, salut!

Kemudian kalau bicara aksi, tidak usah ditanya lagi, mungkin bagian aksi paling keren menurut saya pribadi yaitu ketika pasukan tank Wardaddy harus berhadapan dengan tank Tiger Jerman yang memiliki peluru anti-tank. Aksi empat tank Amerika lawan satu tank Jerman itu cukup breathtaking dan cukup brutal. Terlihat sulitnya kalau ada lima orang yang bekerja sama di satu tank untuk membungkan lawan, tak heran katanya David Ayer mempersilakan para aktornya untuk ‘bertarung’ satu sama lain sebelum syuting demi meningkatkan chemistry antar karakter nanti di filmnya. Terlihat cukup berhasil bagi saya, he-he.

Setting yang pas, jajaran cast yang saling mengisi, adegan aksi yang cukup menawan, interior eksterior tank yang diperlihatkan dengan cukup detail sampai final battle pasukan tank Wardaddy melawan lusinan pasukan SS cukup membuat saya puas menonton Fury. Walau tidak sampai membuat amarah saya memuncak, Fury memberikan perspektif segar untuk genre film Perang Dunia II dari para pasukan tank yang memang jarang sekali disorot. Well done and well made, enjoy!

Rating: 4/5

2 thoughts on “Fury (2014/US)

  1. Pingback: Inilah Jajaran Cast Resmi untuk Film Suicide Squad | zerosumo

  2. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s