Four Lions (2010/UK)


Four LionsZerosumo.net – Sebetulnya imej umat muslim sebagai teroris di negara-negara bule itu masih kental lho, tak terkecuali negara yang menjunjung tinggi kebudayaan multikultur seperti di Inggris. Makanya film berjudul Four Lions ini cukup menggambarkan bagaimana rasanya menjadi kaum minoritas yang dianggap teroris, tapi dengan cara yang luar biasa kocak. Four Lions adalah film garapan Chris Morris, seorang aktor/komedian yang aktingnya di serial komedi The IT Crowd cukup membuat saya ketawa bego sekaligus geleng-geleng kepala. Dengan berani, Chris mengangkat tema paling sensitif, yaitu terorisme dari mata empat anak muda muslim Inggris yang ceritanya mau jadi pasukan bom bunuh diri.

Masalahnya adalah, Four Lions ini mengenalkan kita pada empat anak muda slebor dan satu orang stres yang berlaga ingin berjihad. Mereka adalah Omar (Riz Ahmed), Hassan (Arsher Ali), Waj (Kayvan Novak), Faisal (Adeel Akhtar) dan Barry (Nigel Lindsay) yang sebenarnya orang asli Inggris tapi entah kenapa termakan doktrin-doktrin ekstrimis untuk menjadi seorang teroris salah kaprah dan bergabung dengan Omar dkk. Setelah Omar dan Waj tidak lulus pelatihan teroris di Pakistan, mereka kembali ke Inggris dan berencana untuk melakukan jihadnya sendiri, yaitu dengan cara meledakan bom di tempat keramaian, tapi proses menuju peledakan tersebutlah yang akan membuat anda geleng-geleng kepala sekaligus mempertanyakan kembali apakah ini imej umat muslim yang selalu dilihat oleh orang non muslim di luar sana?

Four LionsFour Lions membeberkan banyak fakta menarik bahwa sejatinya terorisme itu bukanlah suatu tindakan karena agama, tapi murni tindakan bodoh yang di-inisiasi orang yang salah kaprah menyaring doktrin-doktrin agama tersebut. Jadi sebagai umat muslim, saya sendiri tidak tersinggung, justru saya terhibur ketika menonton film berdurasi 90 menitan ini. Chris Morris memperlihatkan bahwa “act of stupidity” dalam dunia terorisme itu bisa terjadi pada siapa saja. Lewat Four Lions ia menunjukan bahwa Omar mungkin satu-satunya orang yang paling reasonable jika ditanya soal aksi jihadnya, tapi Hassan, Waj, Faisal dan Barry hanya ingin menjadi seorang martir karena menganggap tindakan yang mereka lakukan adalah jalan pintas menuju surga dan terlihat keren.

Four LionsAksi kelima orang ‘clueless’ ini disajikan dengan banyak ragam style komedi dari mulai slapstick sampai situational comedy yang dijamin bisa membuat anda tertawa kalau benar-benar menonton film ini dengan serius. Lelucon-leluconnya sangat satir dan tidak sedikit diantaranya menyentil logika kita sebagai penonton untuk menanyakan kembali apakah semua teroris yang mengatasnamakan agama sebodoh yang Omar, Hassan, Waj, Faisal dan Barry lakukan? Satu scene yang paling memorable dan luar biasa tololnya adalah ketika Omar dkk berdiskusi ingin meledakan bomnya dimana, seketika itu juga Barry menjawab bom harus diledakan di mesjid agar para umat muslim lainnya murka dan bangkit melawan, tapi dengan epiknya Omar menganalogikan statement Barry bahwa meledakan bom di mesjid sama saja dengan memukul wajah sendiri. Intinya, banyak sekali ‘pemikiran-pemikiran’ umum tentang terorisme yang orang pikir itu benar, tapi lewat Four Lions, semua pemikiran tersebut dikemas dengan gaya komikal yang dapat membuat penonton berpikir lagi bahwa terorisme itu simply an act from a stupid person.

Banyak sekali scene yang berhasil membuat saya tertawa sampai meneteskan air mata. Sampai akhir film ini pun, Chris Morris menunjukan bahwa pandangan masyarakat internasional akan terorisme itu masih salah kaprah, umat muslim yang benar-benar menjunjung tinggi ajarannya masih dianggap buruk, sedangkan umat muslim lain yang tindakannya urakan tidak dianggap berbahaya. Yang jelas, semua agama, semua ajaran, semua keyakinan selalu memiliki dua sisi yang tidak bisa dianggap dan diperlakukan sama. Sebuah pengalaman unik dalam memahami tindak tanduk terorisme dari segelintir orang yang sebenarnya tak tahu apa yang sedang mereka lakukan. Oiya, bahkan Benedict Cumberbatch pun tampil menjadi cameo di film ini. Four Lions wajib menjadi tontonan bagi anda yang open minded dan sedang mencari film komedi yang pintar dan menohok. Enjoy!

Rating: 3.5/5

One thought on “Four Lions (2010/UK)

  1. Pingback: Nightcrawler (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s