Blue Ruin (2013/US)


Blue RuinZerosumo.net – Kalau bicara soal film bertema balas dendam pasti anda punya banyak sekali film pilihan, bahkan John Wick dan The Equalizer yang cukup menghibur saya kemarinan pun termasuk ke dalam ranah film bertema balas dendam. Tapi kalau bicara film tentang balas dendam yang dikemas dengan sangat dingin dan kelam, tidak begitu banyak pilihan. Beruntung saya menonton film yang berjudul Blue Ruin, film ini salah satu bukti bahwa sineas indie di ‘Murica sana mulai menunjukan taringnya, tidak mau terjebak pakem film balas dendam yang mainstream dan repetitif, Jeremy Saulnier selaku sutradara mengemas Blue Ruin dengan gaya indie ‘slow-burn’-nya yang mungkin bukan selera mayoritas, tapi kalau anda mau mencoba menonton film ini dengan khusyuk, saya jamin anda akan tepuk tangan sambil berdiri ketika film yang sudah malang melintang di berbagai festival film dunia ini berakhir.

Blue Ruin mengenalkan kita pada seorang pria bernama Dwight (Macon Blair) yang terlihat sudah lama berada di jalanan dan entah sedang menunggu atau mencari siapa selama ‘pelariannya’ tersebut. Lambat laun saya sebagai penonton mulai sadar bahwa Dwight sebenarnya sedang berusaha untuk membalas dendam kematian kedua orang tuanya yang disebabkan oleh Keluarga Wade. Tapi bagaikan lingkaran setan, yang namanya balas dendam tidak akan ada habisnya, berawal dari tindakan nekat Dwight untuk membunuh salah satu anggota Keluarga Wade, sampai akhirnya berujung pada kemalangan yang sebenarnya tidak dipersiapkan Dwight sama sekali.

Blue RuinDengan alurnya yang mengalir sangat lambat tapi mulai digas di tengah-tengah sampai akhirnya meledak-ledak di akhir, Blue Ruin adalah salah satu contoh bahwa yang namanya film bertema balas dendam tidak selamanya harus disajikan dengan gaya yang keren ataupun brutal. Lebih memperlihatkan efek trauma yang menimpa Dwight, selama 90 menit perjalanannya, kita akan menyaksikan kenyataan bahwa yang namanya balas dendam itu tidaklah selalu mudah dan tidak selalu berujung dengan kepuasan. Balas dendam selalu berakhir dengan kemalangan, film yang aktor aktrisnya tidak begitu terkenal ini menggambarkan situasi tersebut dengan sangat gamblang, mungkin dapat dikatakan tone-nya mirip-mirip film Coen bersaudara tapi minus lelucon satir atau dialog-dialog ngehe-nya.

Blue RuinFilm yang menang kategori FIPRESCI Prize di ajang Cannes Film Festival tahun 2013 itu mungkin memang selera para juri festival-festival film. Pace-nya yang lambat, lebih mengeksplor sisi humanis seseorang yang lebih real dan juga kekerasannya yang artistik (scene headshot-nya membuat saya menganga tak karuan) membuat Blue Ruin masuk ke kategori “film festival yang enak ditonton”. Bahkan dengan tidak adanya aktor dan aktris ternama membuat saya lebih menikmati filmnya karena tidak terlalu berkespektasi pada kekuatan akting seseorang tapi lebih fokus pada alur ceritanya yang justru makin mengalir karena akting sang protagonisnya yang menurut saya sudah cukup meyakinkan sepanjang film ini berjalan.

Akhir kata, Blue Ruin adalah sesuatu yang sangat langka untuk generasi film indie bertemakan balas dendam di ‘Murica sana. Sebuah effort yang luar biasa almost perfect dari seorang Jeremy Saulnier yang berhasil menangkap kengerian dan dinginnya balas dendam lewat karakter protagonisnya yang diperankan sangat apik oleh Macon Blair. Salah satu film terbaik tahun ini yang mungkin tidak boleh dilewatkan kalau anda merupakan penggemar film-film crime thriller yang bertemakan balas dendam apik seperti Blue Ruin. Must see, enjoy the revenge!

Rating: 4/5

3 thoughts on “Blue Ruin (2013/US)

  1. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s