Nightcrawler (2014/US)


NightcrawlerZerosumo.netNightcrawler merupakan salah satu istilah bagi para pekerja lepas yang mencari berita ‘menarik’ yang mungkin bisa dijual dan menjadi headline untuk berita pagi di stasiun-stasiun televisi tertentu. Kira-kira itulah gambaran umum dari film Nightcrawler yang saya tonton kemarin. Menariknya adalah, bagaimana jika seorang Nightcrawler itu merupakan seorang sosiopath yang lumayan sinting seperti Louis Bloom?

Cerita film Nightcrawler pun dimulai ketika kita berkenalan dengan seorang pria bernama Louis Bloom (Jake Gyllenhaal) yang berprofesi sebagai penipu, pencuri dan segudang pekerjaan ilegal kelas teri yang dilakukannya. Sampai akhirnya Lou merambah dunia kerja baru yaitu menjadi seorang Nightcrawler. Berkat pekerjaan debutnya sebagai Nightcrawler, rekaman kecelakaan yang direkam Lou dibeli dengan harga lumayan oleh Nina (Rene Russo), seorang news director di stasiun televisi lokal.

Beban pekerjaan pun bertambah ketika Lou harus bersaing dengan Nightcrawler lainnya (Bill Paxton) dalam mencari berita. Hal tersebut membuat Lou berpikir keras untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan brutal, tidak terkecuali merekayasa tempat kejadian perkara agar bisa terlihat ‘cantik’ di kamera Lou sampai menahan informasi penting atas kejadian-kejadian kriminal yang berhasil direkam Lou. Klimaks pun terjadi ketika Lou secara ‘sengaja’ merekam kejadian baku tembak antar polisi dan para kriminal di tengah kota, dan anda akan takjub melihat usahanya untuk mendapatkan rekaman cantik tersebut.

NightcrawlerFilm debutan arahan sutradara Dan Gilroy ini terbilang sebagai film drama thriller yang cukup menarik. Kakak tertua dari Tony Gilroy itu menulis sekaligus mengarahkan bagaimana jika seorang reporter freelance mengerahkan segala cara untuk mendapatkan kesuksesan di bidang pekerjaannya, apalagi jika reporter itu adalah seorang sosiopath yang lumayan ‘sakit jiwa’ layaknya Louis Bloom. Kehadiran Jake Gyllenhaal sebagai Lou di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini merupakan pilihan yang sangat brillian. Aktor muda yang berhasil memikat saya lewat Prisoners dan Enemy itu kembali membuktikan kapasitas aktingnya untuk menjadi seorang sosiopath sejati.

NightcrawlerTatapan dingin dan segudang argumen yang mengalir deras dari mulutnya menjadikan karakter Lou makin menakutkan, menakutkan dalam artian saya tidak ingin mempunyai teman/atasan seperti dia kalau saya bekerja dengan dirinya, ha-ha. Bayangkan saja karakter Walter White di Breaking Bad tapi dengan kondisi mental yang lebih kacau dan lebih amoral, itulah Louis Bloom, obsesif dan tidak mengenal batasan untuk mencapai apa yang ia inginkan.

NightcrawlerJujur saja, tanpa Jake Gyllenhaal yang mengeluarkan performa totalnya, saya pikir Nightcrawler akan menjadi film medioker pada umumnya. Berterimakasihlah pada aktor ganteng yang akan bermain di film terbaru David O. Russell dan Antoine Fuqua nanti, tanpa dirinya apa jadinya skrip kelam Dan Gilroy tentang pencari berita super gila ini. Selain Jake, Riz Ahmed yang memerankan Rick juga sukses menjadi karakter pendukung yang sangat meyakinkan, apalagi menuju ending filmnya, makin kelihatan manipulasi dan kegilaan Lou sangat berpengaruh pada kondisi Rick yang labil. Tidak heran aktor berdarah British itu mengatakan bahwa karakternya di Nightcrawler adalah karakter favoritnya setelah karakter yang ia perankan di film Four Lions. Bahkan untuk mempersiapkan karakter Rick ini, Riz Ahmed sengaja mencoba berkendara semalam suntuk dengan seorang Nightcrawler betulan. Well, it’s worth it, bro.

NightcrawlerPertanyaannya apakah Nightcrawler akan bersaing di ajang Oscar tahun depan? Mengingat film ini sangat Academy Award-ish sekali, ada plot tentang profesi yang ‘tidak umum’ dan diperankan oleh aktor yang sedang serius-seriusnya mencoba peran ‘tidak umum’ juga. Kita lihat saja tahun depan, yang jelas Nightcrawler adalah santapan menarik bagi anda yang penasaran dengan lika liku seorang pencari nafkah di gelapnya malam, sekaligus pembelajaran bahwa karir itu, walau dimulai dari nol, kadang bisa diraih dengan cara belajar otodidak sampai menghalalkan segala cara, ha-ha. Enjoy the craziness of Louis Bloom!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “Nightcrawler (2014/US)

  1. Pingback: Metamorfosis Jake Gyllenhaal dalam ‘Southpaw’ | zerosumo

  2. Pingback: My 15 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Seen in Movie Theater) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s