Sin City: A Dame to Kill For (2014/US)


sin city a dame to kill forZerosumo.netSin City: A Dame to Kill For ini benar-benar sekuel yang sangat lama dinanti yah? Saya menonton Sin City yang pertama saja ketika masih kuliah, dan sekarang ketika kumis dan jenggot sudah lebat di wajah saya, tiba-tiba mereka hadir kembali dan untungnya masih ditangani Robert Rodriguez sekaligus Frank Miller-nya langsung. Sekilas info, film tentang kekerasan yang terjadi di kota Basin ini merupakan film termahal Robert Rodriguez, modalnya 60 juta dollar! Bagi sutradara yang biasa berpartner dengan Quentin Tarantino, 60 juta dollar itu sangat mahal lho mengingat film adaptasi graphic novel Frank Miller ini dibuat dengan banyak spesial efek sederhana dan bertumpu pada layar-layar hijau. Tapi itulah Robert Rodriguez, selalu bisa menghadirkan film gila dengan ensemble cast tanpa mengeluarkan kocek yang spketakuler.

Cerita Sin City: A Dame to Kill For ini masih menceritakan tiga segmen kisah protagonis tercinta kita yang masing-masing mengalami problematika di Basin City yang super kelam itu. Ada empat segmen sebenarnya, tapi segmen Marv (Mickey Rourke) itu sebenarnya segmen ecek-ecek, segmen yang paling menarik adalah segmen Dwight (Josh Brolin) dimana ia harus berhadapan dengan Ava Lord (Eva Green), si cantik manipulatif. Setelah itu baru segmen Johnny (Joseph Gordon-Levitt) yang pintar berjudi tapi harus menanggung derita ketika ia mengalahkan Senator Roark (Powers Boothe) di meja poker dan terakhir tidak lain dan tidak bukan adalah segmen Nancy (Jessica Alba), si stripper nanggung yang masih menyimpan balas dendam pada Senator Roark atas kematian Hartigan (Bruce Willis) di film pertama.

sin city a dame to kill forTiga dari empat segmen di Sin City: A Dame to Kill For malahan sebuah prekuel untuk film Sin City pertama, tapi tentu saja segmen yang paling menarik perhatian adalah segmen “A Dame to Kill For” yang luar biasa membius mata saya gara-gara hampir satu segmen full Eva Green selalu telanjang! Ini segmen paling bangsat memang, walau saya menyayangkan Clive Owen tidak kembali menjadi Dwight, alih-alih digantikan oleh Josh Brolin yang berpartner dengan Mickey Rourke untuk membantai Ava Lord yang luar biasa seksi dan licik itu.

sin city a dame to kill forSelain Clive Owen, pemeran Miho yang asalnya diperankan oleh Devon Aoki sekarang jadi beralih ke Jamie Chung, sama halnya dengan Manute yang dulu diperankan dengan sangat sangar oleh almarhum Michael Clarke Duncan sekarang perannya diambil alih oleh Dennis Haysbert. Memang sih tidak terlalu kentara pergantian aktor dan aktris di Sin City: A Dame to Kill For, tapi mungkin bagi para penggemar fanatik film pertamanya akan merasa kurang sempurna kalau tidak melihat jagoan mereka hadir lagi di film keduanya yang berdurasi sekitar 100 menitan ini. Saya sendiri tidak masalah, yang penting filmnya harus menghibur dan tetap brutal.

sin city a dame to kill forTapi bicara soal brutal, saya rasa Sin City: A Dame to Kill For kadar kekerasannya tidak seasyik film pertamanya yang kurang ajar gila. Atau mungkin saya sudah terbiasa menyaksikan kekerasan di dalam sebuah film? Ha-ha, entahlah, yang jelas kalau dinilai dari keseluruhan, saya masih lebih suka Sin City yang rilis tahun 2005 itu, tapi bukan berarti Sin City: A Dame to Kill For ini bukan tontonan bagus, masih asyik untuk diikuti, dan segmen Dwight versus Ava Lord tetap merupakan segmen paling ‘eye-gasm’ dari keseluruhan segmen. Hell, Robert Rodriguez knew how to satisfy his male audience, ha-ha. Tapi kalau bicara segmen paling lembek tentu saja segmen Nancy yang menurut saya Jessica Alba itu cocoknya menari saja di atas panggung dan tidak usah keluar untuk membunuh orang, untuk hal bunuh membunuh tolong serahkan saja pada Marv tercinta. He-he. Well, don’t mind that, just enjoy the sin!

Rating: 3/5

NB: Those plenty green screen…

4 thoughts on “Sin City: A Dame to Kill For (2014/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s