Boyhood (2014/US)


BoyhoodZerosumo.net – Tidak butuh film sci-fi keren penuh dengan spesial efek canggih untuk bisa membawa penontonnya mengarungi waktu dengan mesin waktu. Bagi saya, menonton Boyhood sudah lebih dari cukup, film terbaru dan mungkin terbaik dari Richard Linklater ini layaknya sebuah mesin waktu yang akan membawa penontonnya ke tahun 2002 sampai tahun 2013 lewat perspektif seorang bocah yang tumbuh besar seiring waktu berjalan.

Boyhood merupakan film yang sudah banyak dipuji kritikus-kritikus diluaran sana saat ini. Ke-otentikan Linklater dalam mendirect sebuah film drama mungkin sudah berada di puncaknya ketika Boyhood ini rilis. Bayangkan saja, butuh waktu 12 tahun bagi sutradara yang terkenal dengan film Before trilogy-nya itu untuk membuat Boyhood, membawa semua castnya selama 12 tahun tak terkecuali sang protagonis yang tumbuh besar di depan lensa kamera Linklater, yaitu Ellar Coltrane.

BoyhoodCerita film Boyhood sendiri sangat sederhana, mungkin film yang paling sederhana dari semua film yang pernah Linklater buat. Tidak ada klimaks dan tidak ada konflik utama yang menjadi sajian utama film berdurasi 165 menit ini, semua berjalan natural, layaknya hidup, life goes on. Boyhood mengenalkan kita pada Mason (Ellar Coltrane), seorang bocah berumur 7 tahun yang hidup bersama sang ibu (Patricia Arquette) dan sang kakak, Samantha (Lorelei Linklater). Mereka hidup nomaden, dikarenakan sang ibu adalah seorang single parent yang terus bekerja demi menafkahi anak-anaknya.

BoyhoodTapi sang ayah (Ethan Hawke) pun selalu datang di waktu-waktu tertentu untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Mason maupun Samantha, dibalik semua cerita perceraian putus nyambung yang dialami sang ibu dan juga lika liku kehidupan sang ayah, Mason tumbuh besar menyaksikan banyak hal sekaligus pelajaran berharga di sekelilingnya. Bagaimana rasanya menjadi remaja, hidup mandiri, jatuh cinta, mabuk-mabukan, merokok, sampai harus menetukan sikap ketika sudah menginjak usia 18 tahun.

BoyhoodSpektakuler! Hanya itu yang bisa saya sampaikan pada anda soal film yang disyuting selama 12 tahun lamanya ini. Sebenarnya waktu syuting Boyhood hanya 45 hari totalnya jika dirangkum dari 12 tahun itu, berarti ada sekitar 4000 hari jeda diantara masa-masa syutingnya. Salut untuk para cast and crew yang berkomitmen total dari mulai film ini dibuat sampai rampung. Bahkan Linklater bilang kalau suatu waktu dirinya meninggal di jangka waktu 12 tahun itu, Ethan Hawke lah yang akan meneruskan film ini sebagai sutradara, benar-benar komitmen yang luar biasa.

BoyhoodItulah yang membuat Boyhood menjadi sebuah sajian yang luar biasa menarik dan tetap engaging bagi saya dari awal sampai akhir film. Durasinya yang panjang tidak membuat saya lelah menontonnya, saya tetap setia menyaksikan bagaimana Mason tumbuh besar perlahan-lahan melihat kelakuan orang-orang disekitarnya yang lucu sampai yang menyebalkan. Bagaimana lucunya dan jailnya Samantha ketika Mason masih kecil membuat saya tertawa cekikikan sampai momen mengharu biru ketika Mason sudah duduk di bangku kuliah dan meninggalkan ibunya sendirian di apartemen yang tidak sebesar rumah-rumah yang pernah mereka tinggali selama 12 tahun lamanya.

BoyhoodSemua perjalanan tersebut tidak melupakan kondisi sosial, politik dan ekonomi yang terjadi selama jangka waktu 12 tahun. Linklater berhasil membawa musik-musik ikonik pada jamannya dari mulai Coldplay sampai Arcade Fire, dari mulai anti George Bush sampai voting Obama, dari mulai Mustang GTO sampai mobil SUV keluarga, dari mulai model rambut cepak sampai poni lempar emo, dari mulai anti sosial media sampai kembali ber-Facebook ria. Intinya, Boyhood ini merupakan paket komplit bagi anda yang ingin merasakan pengalaman naik mesin waktu sebenarnya, apalagi kalau anda tumbuh besar di rentang waktu yang sama, saya jamin film ini akan sangat relate.

BoyhoodSo, tunggu apalagi? Sudah siapkah Piala Oscar untuk kategori Best Picture diberikan kepada Boyhood? Ha-ha. We’ll see, meanwhile you must frikkin watch this movie immediately! Enjoy.

Rating: 4.5/5

9 thoughts on “Boyhood (2014/US)

  1. Film dengan durasi terlama yang pernah saya tonton, tapi baguuuuusss dan gak bikin bosennn. . dan masuk 5 nominasi di golden globe. .

    Like

    • Haha, banyak kok film dengan durasi terlama, tapi untuk film drama emang jarang banget. Setelah Golden Globe semoga dapet Oscar juga deh buat film 12 taunan ini, hehe.

      Like

  2. Pingback: Inilah Para Pemenang Golden Globe Awards Tahun 2015 | zerosumo

  3. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

  4. Pingback: Inilah Film-Film yang Masuk Nominasi Academy Award Tahun 2015 | zerosumo

  5. Pingback: Birdman (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s