Predestination (2014/Australia)


PredestinationZerosumo.net – Bicara film time travel tidaklah selalu mudah, ada yang bagus, ada yang lucu, ada yang ribet, sampai ada yang tidak bisa dinikmati sekalipun. Mudahnya film time travel itu kalau dikategorikan seperti ini, ada yang super menghibur seperti Back to the Future trilogy, Hot Tub Time Machine, Frequently Asked Questions About Time Travel dll, ada yang menegangkan dan penuh aksi seperti Terminator, ada yang standar-standar saja tapi tetap oke untuk ditonton seperti Looper, Time Traveler’s Wife dll dan ada yang super ribet sampai mungkin orang lain bingung sedang menonton film apa seperti Primer. Nah, film time travel yang baru saya tonton satu ini masuk diantara kategori menegangkan dan oke tapi unik, yaitu Predestination.

Film Predestination sendiri benar-benar film sci-fi dibawah radar tahun ini, garapan The Spierig Brothers yang sukses menghibur saya lewat Daybreakers-nya yang tidak kalah unik itu, kali ini mereka kembali lagi dengan aktor langganannya, Ethan Hawke untuk menghibur penontonnya dengan sebuah cerita film time travel yang lumayan berkonsep unik. Ceritanya sendiri merupakan adaptasi dari cerita berjudul All You Zombies karangan Robert A Heinlein tapi dikembangkan menjadi sebuah film panjang dengan sedikit bumbu aksi yang diakhiri dengan ending yang cukup mind blowing!

PredestinationCeritanya ada seorang polisi mesin waktu (Ethan Hawke) yang sedang memburu seorang kriminal yang berhasil meluluhlantahkan New York di tahun 1975 yang dikenal dengan nama Fizzle Bomber. Untuk mencapai tujuannya tersebut, sang polisi itu mampir dulu ke tahun 1970 dan tanpa sengaja bertemu dengan seorang pria yang dulunya pernah menjadi wanita karena kelainan kelamin (Sarah Snook). Entah kenapa obrolan mereka pun berlanjut alot karena ternyata cerita sang pria di bar itu menyimpan kunci pada keseluruhan misi si polisi.

PredestinationMenariknya menonton film ini adalah anda lebih baik tidak tahu apa-apa tentang filmnya, saya sendiri ketika menonton filmnya akan berpikir kalau Predestination adalah film-film time travel ringan dan renyah ala Looper tapi ternyata The Spierig Brothers menampilkan sesuatu yang berbeda dan cukup unik untuk membuat Predestination menjadi sebuah film time travel yang engaging. Bagaimana tidak? Di paruh pertama film kita akan disuguhi cerita si pria yang dulunya wanita tersebut tanpa ada sangkut pautnya dengan misi si polisi mesin waktu tersebut, tapi bagaikan sebuah benang kusut yang akhirnya terangkai rapih, di paruh akhir dijamin anda bakal cukup kaget dengan keseluruhan cerita film berdurasi 90 menitan ini.

PredestinationUnik, hanya kata itu yang bisa merepresentasikan film Predestination. Walau memang terlihat film ini dibuat dengan bujet yang tidak terlalu spektakuler, tapi jalan ceritanya berhasil menghipnotis para penontonnya tidak terkecuali saya. Walau memang hasil akhirnya adalah ending mind blown film-film time travel pada umumnya, tapi proses menuju ending mind blown itu sukses membuat saya menebak-nebak siapa sebenarnya sang Fizzle Bomber dan apa kaitan cerita si pria yang sama sekali jauh dari yang namanya terorisme dan pemboman itu.

PredestinationSemoga The Spierig Brothers bisa terus membuat film-film unik yang walaupun terlihat tidak spektakuler ataupun mencengangkan dari segi visual, setidaknya storyline yang mereka sampaikan beda dari yang lain dan cukup solid layaknya Daybreakers dan Predestination ini. Oiya, mungkin departemen make up artistnya harus diacungi jempol, Sarah Snook bagaikan Leonardo DiCaprio versi ABG di sini, ha-ha, salut! Tunggu apalagi, anda pecinta film sci-fi dan time travel? Predestination wajib tonton!

Rating: 3/5

15 thoughts on “Predestination (2014/Australia)

    • Yep, sayangnya film seperti ini udah jarang muncul beberapa tahun belakangan, jadi kehadiran Predestination terbilang cukup segar lah untuk meramaikan genre film time travel, hehe😀

      Like

  1. Pingback: These Final Hours (2014/Australia) | zerosumo

  2. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

  3. Pingback: Project Almanac (2014/US) | zerosumo

  4. 1 jam pertama masih bisa mengikuti alurnya, oh ternyata dia dulunya cewek dan blablabla. tapi abis si jean ini diajak travelling, ini otak rasanya mulai panas haha. masih belum paham sama ending ceritanya. tolong jelaskan😥

    kenapa si ethan hawke punya bekas luka yg sama kaya si jean yg abis di operasi gender? trus apa hubungannya si ethan hawke itu dengan si jean? aaak mindfck banget hahhaa

    Like

    • coba ikutan jawab yah..
      jadi si laki (yang dulunya cewek itu) sebenarnya adalah si ethan hawk itu sendiri (yg diajak ngobrol di bar).
      ada kata2 di film itu kalau kita bermain-main dgn waktu kita akan terkena akibatnya sendiri. nah si polisi itu kan ngajak orang lain menjelajahi waktu, dia udah melanggar aturan mengenai perjalanan waktu itu.akibatnya dia harus rela keluar dari organisasi, tapi boleh ngasih jabatannya itu ke orang lain. nah orang lain itu adalah si polisi itu sendiri sebelum berganti wajah krn kena bom yg dipasang si pembom.
      singkat cerita sebenarnya si polisi penjelajah waktu itu sedang mengatur takdirnya sendiri (sesuai sama judul filmya /Pre-destination).

      jadi kalau gampangnya nih..
      + orang yang ngasih bayi cewek ke rumah yatim piatu diawal cerita di bar itu adalah si polisi penjelajah waktu itu (ethan hawks) –>> bayi yg dia titipin itu si cewek yg nanti bakal jadi laki-laki krn kelainan hormonal –>> laki-laki yg cerita di bar itu adalah si cewek yg udah berubah kelamin –>> orang yg dia ajak ngobrol di bar itu adalah dirinya sendiri di masa depan yg bakal jadi polisi penjelajah waktu –>> orang yg jadi teroris (fizzle bomber) adalah si polisi yg udah pensiun krn ngasih jabatannya ke si cewek –>>

      nih film cuma nyeritain satu orang yg sama
      orang yg nitipin bayi ke rumah yatim piatu -> si bayi -> si cewek sebelum berubah kelamin -> laki2 yg menghamili si cewek -> bayi yg di lahirkan si cewek -> orang yg menculik si bayi di rumah sakit -> cewek yg jadi lelaki krn kelainan hormon -> si polisi penjelajah waktu -> si pembom kota -> semua adalah orang yg sama ^^

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s