Gone Girl (2014/US)


Gone GirlZerosumo.net – Sudah lama saya menantikan film terbaru David Fincher yang berjudul Gone Girl ini. Apalagi setelah film ini gagal tayang di bioskop karena masalah klise ala Indonesia yang masih saja menyibukkan diri dengan masalah sensor-sensor-an. Tapi ya sudahlah, akhirnya setelah Gone Girl rilis dalam bentuk BRRip, saya tidak tunggu lama lagi untuk segera menyaksikan mahakarya terbaru David Fincher yang dipuja-puji semua cinephile di seluruh dunia. Sutradara yang saya kenal pertama kali lewat film Se7en-nya itu kembali lagi men-direct film yang diadaptasi dari novel karya Gillian Flynn setelah sebelumnya membesut The Girl with the Dragon Tattoo yang kelam dan The Social Network yang membuat saya makin jatuh cinta pada sutradara berusia 53 tahun itu.

Gone Girl ini bukanlah sebuah konspirasi hak cipta ala The Social Network atau misteri lama ala The Girl with the Dragon Tattoo, melainkan sebuah drama kelam tentang hubungan romansa sepasang kekasih yang berubah menjadi hubungan kebencian yang bisa menghilangkan nyawa. Makanya tidak aneh banyak yang bilang Gone Girl adalah potret kelam dari hubungan rumah tangga yang sebenarnya, dimana cinta yang polos akan berubah menjadi cinta yang “itung-itungan” ketika kita sudah berstatus suami istri. Hal itulah yang dialami oleh Nick Dunne (Ben Affleck) ketika tahu bahwa istrinya, Amy (Rosamund Pike) menghilang begitu saja dari rumahnya.

Gone GirlPaska hilangnya Amy yang diduga hilang karena diculik dan dibunuh, Nick terus dibabat oleh duo detektif jeli, yaitu detektif Rhonda (Kim Dickens) dan Gilpin (Patrick Fugit) yang curiga bahwa hilangnya Amy ada kaitannya dengan Nick. Sementara itu, Nick yang sebenarnya sudah muak menjalani masa lima tahun pernikahannya dengan Amy hanya bisa diam dan sabar melihat media mengekspos dirinya yang serba salah menanggapi kasus hilangnya The Amazing Amy, sang penulis buku anak-anak best seller yang dikenal hampir seantero ‘Murica itu. Tapi bukan detektif Rhonda dan Gilpin saja yang curiga dengan hilangnya Amy, Nick dan saudara perempuannya, Margo (Carrie Coon) pun turut curiga dengan hilangnya Amy yang sangat ‘mendadak’ itu.

Gone GirlUntuk mengetahui Amy ada dimana, anda sebagai penonton akan disuguhi adegan flashback dari sisi Amy yang selalu menuliskan pengalaman romansanya dengan Nick lewat sebuah diary. Disini anda hanya bisa melihat dan mengikuti dua versi cerita tentang Nick dan Amy. Apakah selama ini Nick yang salah atau Amy yang kurang puas sehingga menyebabkan hubungan rumah tangga mereka kian hari kian tak harmonis. Lewat gaya penuturan Nick dan Amy kita akan dijejali sebuah cerita manis sekaligus mengerikan dibalik pernikahan yang tampak harmonis di luar tapi sebaliknya di dalam. Hingga perlahan-lahan kita akan dikejutkan dengan twist yang mungkin sudah terbayang dari awal, tapi setelah twist tersebut plot cerita makin menjadi gila dengan kejutan penuh warna merah di dalamnya.

Gone GirlDengan iringan scoring manis, misterius dan mengerikan secara bersamaan ala Trent Reznor dan Atticus Ross, Gone Girl tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu film misteri thriller terbaik tahun 2014 menurut saya pribadi. Dari menit awal saya diajak untuk bersimpati pada karakter Nick, tapi di paruh kedua iman saya mulai goyah melihat betapa messed up-nya pernikahan Nick dan Amy, tapi kegilaan di paruh akhir membuat saya jadi berpikir keras, kadang yang dirasakan Nick dan Amy ada benarnya juga, dimana masing-masing pihak dalam sebuah rumah tangga selalu mengidam-idamkan kesempurnaan, tapi seiring waktu berjalan, ekspektasi pada masing-masing pasangan kadang berubah dan jika tidak, mungkin ada salah satu pihak yang akan bertindak, dan tindakannya tersebut bisa saja melampaui batas kewajaran.

Gone GirlGone Girl memang mempunyai alur cerita yang solid, apalagi ketika script film ini ditulis oleh si empunya novel Gone Girl itu sendiri, yaitu Gillian Flynn. Saya merasakan ‘keharmonisan’ penyutradaraan David Fincher berjalan selaras dengan alur cerita script Gillian Flynn yang rapih. Misteri yang disajikan sengaja dikupas pelan-pelan dengan kehadiran duo detektif Rhonda dan Gilpin yang cukup menjadi scene stealer ketika menonton film berdurasi dua setengah jam ini. Belum lagi dengan adanya Neil Patrick Harris yang cukup mengagetkan, debutnya di film seserius ini tentu menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan oleh saya pribadi yang telah menyaksikan karir suksesnya selama berkecimpung di serial How I Met Your Mother. Boleh dikatakan, walau tidak terlalu spesial, karakter Neil Patrick Harris justru menjadi pelengkap yang cukup manis untuk Gone Girl yang sudah di dukung oleh dua karakter utamanya yang dominan. Tapi mungkin standing ovation harus diberikan kepada Rosamund Pike yang berhasil menjadi ‘motor’ film ini. Karakternya yang sangat elegan sekaligus gila adalah sesuatu yang sangat jarang saya saksikan di film-film David Fincher. Sebagai karakter wanita yang serba sempurna, saya pun makin menjadi seperti Nick ketika melihat scene akhir di film ini, rasanya ingin membedah isi kepalanya dan mencari tahu apa yang sedang dipikirkannya, ha-ha.

Love hate relationship memang perasaan yang paling tidak enak dalam hidup dan mungkin terjadi pada banyak orang. Sekarang cinta, tapi nanti bisa jadi biasa saja, sayangnya tidak bisa lepas karena sudah terikat dengan yang namanya pernikahan. Lalu apakah dengan menonton Gone Girl anda akan kembali bertanya pada diri sendiri (khususnya yang sudah menikah) apakah pernikahan itu semanis yang anda bayangkan ketika pertama kali menatap mata pasangan anda di pelaminan? Ha-ha. Well, salah satu yang terbaik di tahun 2014. Gone Girl wajib hukumnya untuk ditonton apalagi kalau anda penggemar berat David Fincher dan film misteri thriller. Enjoy!

Rating: 4/5

7 thoughts on “Gone Girl (2014/US)

  1. Btw ini kenapa gak tayang ya di Indo? memang terlalu vulgar kah? saya sendiri sengaja gak menonton filmnya karena lagi nunggu kedatangan bukunya dari bookdepository.com

    Saya mau menikmati bukunya dulu. He3..

    Like

    • Gak tayang di indonesia karena disensor sih seperti biasa adegan syurnya, dan masalahnya David Fincher gak suka kalo filmnya disensor jadi dia cabut lagi itu si Gone Girl dari Indo. Begitulah.

      Segera tonton aja kalo sudah gak sabar, tapi mau baca bukunya dulu juga gak masalah sih, tapi kalo nonton filmnya lebih dulu kayaknya lebih asyik deh soalnya big revealnya keren kalo misal kita gak tau apa2 pas nonton film ini, hehe.

      Like

  2. Yup dua jempol buat kolaborasi Gillian Flynn dan David Fincher. Kirain sekedar memindahkan Plot 9 pembabakan film aksi yang biasanya diakhir ada fight back, ternyata twist jalan terus dan membiarkan penonton menilai sendiri, mana yang benar

    Menurut Mas Aria, GG bisa menang Oscar 2015 mengalahkan film Ida?

    Like

    • GG ini emang solid sih dari segi teknis sama cerita, semoga aja dapet berkah di Oscar bulan depan, hehe. Tapi kalo Ida sih kan masuknya kategori foreign movie, jadi gak bisa dibandingin sama GG juga sih kalo nanti di Oscar. Tapi ada kans menang sih kayaknya GG sama Ida, padahal Ida aja saya belom nonton, tapi dari komen temen2 yg udah nonton bagus katanya. Ntar deh nonton pas mau Oscar, hehe.

      Like

  3. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

  4. Pingback: Inilah Film-Film yang Masuk Nominasi Academy Award Tahun 2015 | zerosumo

  5. Pingback: The Imitation Game (2014/UK) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s